Transformasi Strategi Pemasaran Umkm Melalui Literasi Digital Dan Inovasi Bisnis

Penulis

  • Olivia Regita Putri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis
  • Wulan Nurhayati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis
  • Yayang Aisyah Nurhidayah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis
  • Surohit Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis
  • Vicky F Sanjaya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis

Kata Kunci:

Literasi Digitas, Inovasi Bisnis, Strategi Pemasaran UMKM

Abstrak

Beberapa kesimpulan penting dapat ditarik dari hasil diskusi sebelumnya, termasuk: Pertama, kapasitas UMKM untuk menerima materi bisnis dan menghasilkan informasi bisnis secara luas menggunakan teknologi digital dan indera komunikasi melalui internet disebut sebagai literasi digital. Selain menjadi komponen upaya pertama untuk terus berjuang, teknologi digital dianggap mampu meningkatkan produktivitas, omzet, dan pendapatan UMKM itu sendiri. Kedua, perusahaan yang dapat berinovasi dapat memimpin dan mengurangi kemungkinan pesaing akan berinovasi terlebih dahulu. Oleh karena itu, untuk mendapatkan keunggulan atas pesaing, pebisnis perlu mengembangkan rencana inovasi untuk perusahaan mereka. Oleh karena itu, kemampuan perusahaan untuk berinovasi secara berkelanjutan sangat penting untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Agung, A. A. P., & Yuesti, A. (2019). BUKU METODE PENELITIAN BISNIS KUANTITATIF DAN KUALITATIF.

Amiruddin, A. (2018). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Binaan Dinas Perdagangan Kota Surabaya Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan. Repositori Universitas Airlangga. Universitas Airlangga. Retrieved from http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74542.

Arfan, N., & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2), 212–224.

Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610

Calvin, Kurnaedi, J., Lim, J., Ardiansyah, R., & Sentoso, A. (2023). Analisis Pemasaran Digital Pada UMKM Lims Nasi Lemak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(2), 1192–1197. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1042%0Ahttp://ejournal.s isfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/1042/765

Christoper, S. W. H., & Kristianti, I. (2020). Hubungan E-Commerce Dan Literasi Keuangan Terhadap Kelangsungan Usaha Di Boyolali. Jurnal Akuntansi, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.10.1.1-12

Diana, L., Surya, A., Alam, N., Reynaldi, E., Cantika, S., Dicky, D., & Nadhief, N. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Pada UMKM KWT Pinang Lestari Masyarakat di Kelurahan Sukorejo Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 46–55. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index

Edi Irawan. (2023). Literature Review: Literasi Digital, Literasi Ekonomi, Dan Inovasi Bisnis Mempengaruhi Manajemen Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah. EBISMAN : eBisnis Manajemen Vol. 1 No. 4 Desember 2023 e-ISSN: 3025-437X; p-ISSN: 3025-4388, Hal 30-41.

Hartanti, M. F. P., Mardita, C. N., Tirta, M., Putra, A. R. A., & Setyaningrum, I. (2023). Literasi Pemasaran Digital dan Teknologi Keuangan Sebagai Sarana Peningkatan Omset UMKM di Probolinggo. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 113. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.922

Herdiana, O., Maesaroh, S. S., & Nazya, A. F. (2022). Perencanaan Business Intelligence untuk Strategi Pengembangan Produk Unggulan UMKM. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 8(2), 101–109. https://doi.org/10.37012/jtik.v8i2.1142

Haryanti, M. D., & Hidayah, I. (2018). Potret UMKM Indonesia: Si Kecil yang Berperan Besar. UKMIndonesia.Id, 1. https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/62

Huda, N., Pratiwi, A., & Munandar, A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Literasi Digital Terhadap Kinerja Umkm Kota Bima. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 216–224. https://doi.org/10.46576/bn.v6i1.3324

K, S. L., Dery, A., & I, Y. P. (2022). iti SLabiba K., Dery A., Yogi Prana I. Pelatihan Digital marketing. 3(2), 1–12.

Khoiriyah, R., Sudarno, S., & Setyowibowo, F. (2022). Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri dan Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha E-Business Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(3), 181– 193. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n3.p181-193

Kurniawati, F. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Teknologi, Dan Inovasi Terhadap Keberlangsungan Usaha Kuliner.

Laras, R., & Mutiah, A. (2022). Pengaruh Digital Literacy Dan Penggunaan E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Digital ( Digital Entrepreneurship ) Pada Mahasiswa Tadris Ips Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.

Mubarok, M. H. (2018). Kompleksitas Model Bisnis Adaptif Berbasis Teknologi Digital Dan Jaringan Bisnis Internasional. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 57–70. https://doi.org/10.21043/malia.v1i1.3984

Mustika, A., Bisnis, E., Buana, U., & Karawang, P. (2022). BISNIS ONLINE MELALUI MARKETPLACE DI DESA MEKARBUANA. 2(1), 2165–2170. Ngatno. (2018). Buku Manajemen Pemasaran Baru.pdf. In EF Press Digimedia (pp. 1–292).

Nurhadi, D., Sri Wulandari, S., Negeri Surabaya, U., & Ketintang No, J. (2023). Pengaruh Literasi Digital, Karakter Kewirausahaan, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Keberhasilan Wirausaha Pada Anggota AWBE Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 16(1), 43–43.

Sucipto, H., & Lailani, L. (2021). Memajukan Produk BUMDes Di Era Pemasaran Digital BUMDes Loh Jinawi. SNEB : Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis Dewantara, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.26533/sneb.v1i1.791

Sudarmaji E. (2022). DIGITAL BUSINESS Eka sudarmaji PENERBIT CV.EUREKA MEDIA AKSARA. 1–30. http://mpe.fe.unp.ac.id/sites/default/files/OK 409036-digitalbusiness-a9124a24.pdf

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sunismi et al. (2022). International Journal of Social Science Research and Review. International Journal of Social Science Research and Review, 5(1), 159–165.

Tyasari, H. S., & Patrikha, F. D. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Digital Dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(1), 9–17. https://doi.org/10.26740/jptn.v11n1.p9-17

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-14

Cara Mengutip

Regita Putri, O., Nurhayati, W., Nurhidayah, Y. A., Surohit, & Sanjaya, V. F. (2024). Transformasi Strategi Pemasaran Umkm Melalui Literasi Digital Dan Inovasi Bisnis. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 49-55. http://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/203

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 29

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.