Transformasi Strategi Pemasaran Umkm Melalui Literasi Digital Dan Inovasi Bisnis
Kata Kunci:
Literasi Digitas, Inovasi Bisnis, Strategi Pemasaran UMKMAbstrak
Beberapa kesimpulan penting dapat ditarik dari hasil diskusi sebelumnya, termasuk: Pertama, kapasitas UMKM untuk menerima materi bisnis dan menghasilkan informasi bisnis secara luas menggunakan teknologi digital dan indera komunikasi melalui internet disebut sebagai literasi digital. Selain menjadi komponen upaya pertama untuk terus berjuang, teknologi digital dianggap mampu meningkatkan produktivitas, omzet, dan pendapatan UMKM itu sendiri. Kedua, perusahaan yang dapat berinovasi dapat memimpin dan mengurangi kemungkinan pesaing akan berinovasi terlebih dahulu. Oleh karena itu, untuk mendapatkan keunggulan atas pesaing, pebisnis perlu mengembangkan rencana inovasi untuk perusahaan mereka. Oleh karena itu, kemampuan perusahaan untuk berinovasi secara berkelanjutan sangat penting untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.
Unduhan
Referensi
Agung, A. A. P., & Yuesti, A. (2019). BUKU METODE PENELITIAN BISNIS KUANTITATIF DAN KUALITATIF.
Amiruddin, A. (2018). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Binaan Dinas Perdagangan Kota Surabaya Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan. Repositori Universitas Airlangga. Universitas Airlangga. Retrieved from http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74542.
Arfan, N., & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2), 212–224.
Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610
Calvin, Kurnaedi, J., Lim, J., Ardiansyah, R., & Sentoso, A. (2023). Analisis Pemasaran Digital Pada UMKM Lims Nasi Lemak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(2), 1192–1197. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1042%0Ahttp://ejournal.s isfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/1042/765
Christoper, S. W. H., & Kristianti, I. (2020). Hubungan E-Commerce Dan Literasi Keuangan Terhadap Kelangsungan Usaha Di Boyolali. Jurnal Akuntansi, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.10.1.1-12
Diana, L., Surya, A., Alam, N., Reynaldi, E., Cantika, S., Dicky, D., & Nadhief, N. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Pada UMKM KWT Pinang Lestari Masyarakat di Kelurahan Sukorejo Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 46–55. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index
Edi Irawan. (2023). Literature Review: Literasi Digital, Literasi Ekonomi, Dan Inovasi Bisnis Mempengaruhi Manajemen Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah. EBISMAN : eBisnis Manajemen Vol. 1 No. 4 Desember 2023 e-ISSN: 3025-437X; p-ISSN: 3025-4388, Hal 30-41.
Hartanti, M. F. P., Mardita, C. N., Tirta, M., Putra, A. R. A., & Setyaningrum, I. (2023). Literasi Pemasaran Digital dan Teknologi Keuangan Sebagai Sarana Peningkatan Omset UMKM di Probolinggo. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 113. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.922
Herdiana, O., Maesaroh, S. S., & Nazya, A. F. (2022). Perencanaan Business Intelligence untuk Strategi Pengembangan Produk Unggulan UMKM. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 8(2), 101–109. https://doi.org/10.37012/jtik.v8i2.1142
Haryanti, M. D., & Hidayah, I. (2018). Potret UMKM Indonesia: Si Kecil yang Berperan Besar. UKMIndonesia.Id, 1. https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/62
Huda, N., Pratiwi, A., & Munandar, A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Literasi Digital Terhadap Kinerja Umkm Kota Bima. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 216–224. https://doi.org/10.46576/bn.v6i1.3324
K, S. L., Dery, A., & I, Y. P. (2022). iti SLabiba K., Dery A., Yogi Prana I. Pelatihan Digital marketing. 3(2), 1–12.
Khoiriyah, R., Sudarno, S., & Setyowibowo, F. (2022). Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri dan Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha E-Business Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(3), 181– 193. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n3.p181-193
Kurniawati, F. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Teknologi, Dan Inovasi Terhadap Keberlangsungan Usaha Kuliner.
Laras, R., & Mutiah, A. (2022). Pengaruh Digital Literacy Dan Penggunaan E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Digital ( Digital Entrepreneurship ) Pada Mahasiswa Tadris Ips Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.
Mubarok, M. H. (2018). Kompleksitas Model Bisnis Adaptif Berbasis Teknologi Digital Dan Jaringan Bisnis Internasional. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 57–70. https://doi.org/10.21043/malia.v1i1.3984
Mustika, A., Bisnis, E., Buana, U., & Karawang, P. (2022). BISNIS ONLINE MELALUI MARKETPLACE DI DESA MEKARBUANA. 2(1), 2165–2170. Ngatno. (2018). Buku Manajemen Pemasaran Baru.pdf. In EF Press Digimedia (pp. 1–292).
Nurhadi, D., Sri Wulandari, S., Negeri Surabaya, U., & Ketintang No, J. (2023). Pengaruh Literasi Digital, Karakter Kewirausahaan, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Keberhasilan Wirausaha Pada Anggota AWBE Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 16(1), 43–43.
Sucipto, H., & Lailani, L. (2021). Memajukan Produk BUMDes Di Era Pemasaran Digital BUMDes Loh Jinawi. SNEB : Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis Dewantara, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.26533/sneb.v1i1.791
Sudarmaji E. (2022). DIGITAL BUSINESS Eka sudarmaji PENERBIT CV.EUREKA MEDIA AKSARA. 1–30. http://mpe.fe.unp.ac.id/sites/default/files/OK 409036-digitalbusiness-a9124a24.pdf
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sunismi et al. (2022). International Journal of Social Science Research and Review. International Journal of Social Science Research and Review, 5(1), 159–165.
Tyasari, H. S., & Patrikha, F. D. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Digital Dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(1), 9–17. https://doi.org/10.26740/jptn.v11n1.p9-17
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Olivia Regita Putri, Wulan Nurhayati, Yayang Aisyah Nurhidayah, Surohit, Vicky F Sanjaya (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.