Analisis SWOT Pada Usaha Kuliner (Studi Pada Bakso Sony Di Bandar Lampung)

Penulis

  • Nopi Nur Wahidah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis
  • Andini Pratiwi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis
  • Melia Lukluatul Mila Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis
  • Vicky F Sanjaya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis

Kata Kunci:

Analisis SWOT, Kuliner, Strategi Bisnis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis Bakso Sony di Bandar Lampung dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, di mana data diperoleh melalui telaah literatur, dokumentasi, dan sumber sekunder terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama Bakso Sony terletak pada kualitas produk, harga yang kompetitif, serta branding yang kuat di pasar lokal. Kelemahan yang diidentifikasi adalah ketergantungan pada bahan baku tertentu dan manajemen distribusi. Peluang yang tersedia meliputi peningkatan permintaan pasar kuliner lokal dan digitalisasi layanan. Namun, ancaman yang dihadapi mencakup persaingan yang semakin ketat dan fluktuasi harga bahan baku. Kesimpulannya, dengan memaksimalkan kekuatan dan peluang yang ada, serta mengatasi kelemahan dan ancaman melalui inovasi dan efisiensi operasional, Bakso Sony dapat mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar di industri kuliner lokal.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Adha, L. A. (2020). Digitalisasi Industri Dan Pengaruhnya Terhadap Ketenagakerjaan Dan Hubungan Kerja Di Indonesia. Journal Kompilasi Hukum, 5(2), 267–298. https://doi.org/10.29303/jkh.v5i2.49

Andani, A., Novianta, E., Friam Budhi, A., Arya, A., Sabina, Z., & Indah Sari, W. (2024). Pengaruh Perkembangan Ekonomi Digital Terhadap Perusahaan Start-Up di Indonesia. Kajian Dan Penelitian Umum, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.797

Ardiansyah, W. M. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Ekonomi dan Bisnis di Era Digital. Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis, 1(1), 1–10.

Bakhri, S., Aziz, A., & Khulsum, U. (2019). Analisis SWOT Untuk Strategi Pengembangan Home Industry Kue Gapit Sampurna Jaya Kabupaten Cirebon. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 64–81. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v1i1.5407

Bangsawan, A., & Wulan, S. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Master Fried Chicken Di Bandar Lampung Pada Masa Pandemi Covid-19. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(9), 1693–1706. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i9.226

Berliani, M. P. (2024). The Influence of Company Characteristics and Ownership Structure on Human Resource Accounting Disclosures with Company Size as an Intervening Variable (Empirical Study on Manufacturing Companies Listed on The Indonesian Stock Exchange). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 13(1), 235–242.

Fachriyyah, R. M., & Kartika, M. (2023). Analis SWOT dalam Strategi Pemasaran Produk Bakso Frozen di Era Digital Marketing. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM STUDI EKONOMI ISLAM, 1(1), 1–11.

Fostin Hokianto, H., & Jurnal, A. : (2023). Analisis SWOT Pada Usaha Kuliner (Studi Pada Warung Mas Damar Di Kota Pontianak). Jurnal Manajemen, 2(2), 101–107.

Haerunnisa, H., Sugitanata, A., & Karimullah, S. S. (2023). Analisis Strukturalisme Terhadap Peran Katalisator Instrumen Keuangan Syariah dalam Mendorong Pembangunan Berkelanjutan dan Tanggung Jawab Sosial. Al-’Aqdu: Journal of Islamic Economics Law, 3(2), 124. https://doi.org/10.30984/ajiel.v3i2.2853

Hasibuan, A. Z. S., & Aslami, N. (2022). Strategi Pemasaran Global di Pasar Indonesia. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 194–201. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i2.851

Hidayah, N. L., Andini, P. A., Putera, A. W., & ... (2024). Peran Revolusi Teknologi Terhadap Budaya Organisasi Dan Interaksi Antar Karyawan Dalam Lingkungan Kerja. Nian Tana Sikka …, 2(1), 1–10. https://ejournal-nipamof.id/index.php/NianTanaSikka/article/view/236%0Ahttps://ejournal-nipamof.id/index.php/NianTanaSikka/article/download/236/256

Lotmidayanti Berutu, Risda Oktavia Siahaan, & Muhammad Farras Nasrida. (2023). Analisis SWOT Upaya Pengembangan Bisnis Kuliner Pasar Ramadan (Study kasus pada UMKM Pasar Ramadan Food kota Palangka Raya). CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(2), 160–175. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i2.1139

Munawati, M., Wahyuddin, W., & Marsuki, N. R. (2024). Transformasi Pekerjaan di Era Digital: Analisis Dampak Teknologi Pada Pasar Kerja Modern. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 3(1), 28–37. https://journal-stiayappimakassar.ac.id/index.php/Concept/article/view/950

Pramaswara, M. A., & Athoillah, M. (2023). Pengaruh Inklusi Keuangan Di Era Ekonomi Digital Dalam Meningkatkan PertumbuhanEkonomi. Journal of Development Economic and Social Studies, 2(1), 205–221.

Prikurnia, A. K., & Adriani, W. Y. (2024). TRATEGI BISNIS RITEL DALAM MEMPERTAHANKAN PERSAINGAN YANG KOMPETITIF KEPADA PEMILIK TOKO RITEL DI DESA NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Journal Of Economic and Bussiness Retail, 2(1), 1–6.

Rajagukguk, R. M. (2023). Hukum dan Teknologi: Menghadapi Tantangan Hukum di Era Digital. Tugas Mahasiswa Hukum, 1(1), 1–10. https://coursework.uma.ac.id/index.php/hukum/article/view/353

Sudiantini, D., Ayu, M. P., Aswan, M. C. A. S., Prastuti, M. A., & Apriliya Melani. (2023). Transformasi Digital : Dampak, Tantangan, Dan Peluang Untuk Pertumbuhan Ekonomi Digital. Trending: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 1(3), 21–30.

Sulistiyo, H., Martua, A., Sayuti, S., Mulyana, M., & Ginting, I. T. (2023). Government Performance Pada Kebijakan Transformasi Digital: Bagaimana Transformation Capability Mempengaruhinya? (Studi Empiris Di Provinsi Maluku Utara). Jurnal Kebijakan Pemerintahan, 6(2), 95–113. https://doi.org/10.33701/jkp.v6i2.3679

Suprianto, Komariah, A., & Sari, M. P. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kuliner di Masa Pandemi Dengan Metode SWOT (Studi Kasus Rumah Makan di Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo). Seminar Nasional UNIBA Surakarta, 2(1), 344–351.

Tania, L. (2024). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan ( Green Accounting ) Menurut Perspektif Islam Dalam Pengelolaan Limbah Pada PT. Sumber Graha Sejahtera. JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN BISNIS, 17(2), 175–183.

Widowati, M., & Andrianto, F. (2022). Analisis Swot Untuk Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologika (Jurnal Teknik-Logika-Matematika), 2(1), 21.

Zianah Safitri, Wendi El, Viona Paskreyanti Sitorus, & Indah Noviyanti. (2024). Analisis SWOT terhadap Pengembangan Strategi Bisnis Pada Warung Makan Asyik Desa Balunijuk. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 140–153. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i3.967

Atika, D., Zulkarnian, I. ., & Bin Ismail, M. A. K. (2024). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Tentang Minat Mahasiswa Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderasi. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 19-25. https://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/53

Yusman, Nasution, R. H., Puspita, D., Fauzi, A. M. F., & Sari, D. R. (2024). SWOT Analysis Of Deposito Marketing Strategies At PT. Bank Muamalat Indonesia. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 41-48. https://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/202

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-13

Cara Mengutip

Wahidah, N. N., Pratiwi, A., Mila, M. L., & Sanjaya , V. F. . (2024). Analisis SWOT Pada Usaha Kuliner (Studi Pada Bakso Sony Di Bandar Lampung). Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 70-75. http://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/212

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 31

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.