Analisis SWOT Sebagai Strategi Pengembangan Bisnis Miniso Di Antasari, Kecamatan Kedamaian, Bandar Lampung

Penulis

  • Ardelia Nurul Khasanah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis
  • Yuke Addria Futri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis
  • Muhammad Fahmi Nazari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis
  • Vicky F Sanjaya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis

Kata Kunci:

Analisis SWOT; Matriks IFE; Matriks EFE

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengelompokan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang sedang dihadapi oleh Miniso, serta merumuskan strategi pengembangan bisnis yang dapat diterapkan untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan perusahaan. Pengembangan bisnis merupakan aspek krusial, terutama dalam konteks ritel modern. Dalam kajian ini, fokus utamanya adalah pada strategi pengembangan bisnis yang relevan. Untuk mencapai tujuan tersebut, kami menggunakan analisis SWOT, di mana data diperoleh melalui wawancara yang kemudian diolah menggunakan Matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan Matriks EFE (External Factor Evaluation). Matriks IFE digunakan untuk menggali faktor-faktor kekuatan dan kelemahan, sedangkan EFE digunakan untuk menganalisis peluang dan ancaman. Hasil analisis menunjukkan bahwa Strength dan Opportunities (SO) memiliki nilai 3,89, Strength dan Threats (ST) sebesar 3,09, Weaknesses dan Opportunities (WO) sebesar 3,19, serta Weaknesses dan Threats sebesar 2,39. Dari kalkulasi tersebut, kombinasi strategi yang paling menonjol terletak pada kuadran I, yaitu SO, yang menunjukkan bahwa memanfaatkan kekuatan yang ada juga bisa menerapkan peluang yang tersedia, strategi dapat ditingkatkan secara signifikan. Hal ini diharapkan dapat memaksimalkan potensi Miniso dalam strategi pemasarannya.

 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Akbar, A., & Arisman. (2021). Analisis SWOT: Strategi Pelayanan Kesehatan DI Rutan Kelas 1 Cipinang. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8, 699–704.

Fadilata, V., & Astuti, R. T. (2022). Pengaruh Price Discount, Sales Promotion, Dan Service Quality Terhadap Impulse Buying Behavior Saat Pandemi Covid-19 Pada Konsumen Indomaret Kelurahan Tembalang Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 11(1), 1–9. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Handayani, R. (2020). Metode Penelitian Sosial. In Bandung (Issue September).

Haninda, R. N., Indriyani, N. D., & Qurratu’ain, I. M. (2022). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Kedai Warung Kopi 777 Surabaya. Yos Soedarso Economic …, 4(1), 1–11.

Hasanah, N. H., Sobry, M., & Anggraini, E. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Dalam Perspektif Strengt, Weakness, Opportunities, Threats (Swot): Studi Di Sd Negeri 42 Ampenan. El Midad, 13(1), 15–27. https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i1.3368

Indrajaya, S. (2024). Manajemen Pemasaran.

Iskandar, A., & Rangkuti, A. H. (2008). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tunai Pada Pt. Klaten Bercahaya. Jurnal Basis Data, ICT Research Center UNAS, 3(2), 124–131.

Jordan Christianto, T., Gilroy Jacobus, T., Yemima Eliana, E., & Wulanata Chrismastianto, I. A. (2021). Analisis Strategi Bisnis Pada Perusahaan Layanan Internet Fixed Broadband Menggunakan Matriks IFE-EFE-IE. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 4(2), 92–99. https://doi.org/10.23960/e3j/v5i2.92-99

Juwairiazizah Rasta, Tia Deja Pohan, & Nurbaiti Nurbaiti. (2023). Analisis SWOT Dalam Strategi Pemasaran Pada Mcdonald’s. Jurnal Rimba : Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 32–36. https://doi.org/10.61132/rimba.v2i1.524

Kolamban, D. V, Murni, S., & Baramuli, D. N. (2020). Analysis of The Effect of Leveragem Profitability and Company Size on Firm Value in The Banking Industry Registered on The IDX. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(3), 174–183.

Latifah, E., Auliyah, L., Al-Busthomi, Y., & Azizah, L. (2022). Analisis Swot Dalam Mengembangkan Unit Usaha Pada Koperasi Syariah. JISEF : Journal Of International Sharia Economics And Financial, 1(02), 75–91. https://doi.org/10.62668/jisef.v1i02.340

Mahfud, M. H. (2020). Metode Penentuan Faktor-faktor Keberhasilan Penting dalam Analisis SWOT. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 3(2), 113. https://doi.org/10.32585/ags.v3i2.546

Marginingsih, R. (2019). Analisis SWOT Technology Financial (FinTech) Terhadap Industri Perbankan. Cakrawala. Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 19(1), 55–60.

Mashuri, M., & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.205

Misyaida Ayunda Putri, Agus Rahayu, uspo D. D. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT, MATRIKS IFE, MATRIKS EFE, DAN MATRIKS IE (STUDI KASUS PADA BISNIS BANJJAGIM.ID). JURNAL MANAJEMEN BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN, Vol. 7/ No(Januari), : 224-234.

Ningsih, K. & H. (2013). Matriks Internal Factor Evaluation(IFE) dan External Factor Evaluation (EFE) Buah Naga Organik (Hylocereus Undatus). Jurnal Ilmiah Fakultas Pertanian, 12–21.

Nisak, Z. (2019). Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Jurnal Ekonomi Bisnis, 1–8.

Novita, S. (2023). Analisis Swot, Ife, Efe Dan Matriks Qspm Dalam Strategi Pengembangan Bisnis Rs Xyz. Jurnal EK&BI, 6(1), 2620–7443. https://doi.org/10.37600/ekbi.v6i2.997

Putri, M. A., Rahayu, A., & Dirgantari, P. D. (2023). Analisis StrateginPemasaran Menggunakan Matriks SWOT, Matriks IFE, Matriks EFE, dan Matriks IE (Studi Kasus pada Bisnis Banjjagim. ID). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7, 224–234. https://doi.org/10.1016/j.sciaf.2019.e00146

Rahmawati, A. (2018). Aplikasi SWOT Di Kawasan Permukiman Kumuh (Kelurahan Biring Romang). A042–A050. https://doi.org/10.32315/sem.3.a042

Setyorini, H., Effendi, ud, & Santoso, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang) Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53.

Syah, R. F., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2021). Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(1), 62–72. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.364

Wekke Suardi, I. dkk. (2019). Metode Penelitan Sosial. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Wicaksono, A. H., & Fauzi, A. (2017). Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 46(2), 46–53.

Zainuri, R., & Budi Setiadi, P. (2023). Tinjauan Literatur Sistematis: Analisis Swot Dalam Manajemen Keuangan Perusahaan. Jurnal Maneksi, 12(1), 22–28. https://doi.org/10.31959/jm.v12i1.1364

Atika, D., Zulkarnian, I. ., & Bin Ismail, M. A. K. (2024). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Tentang Minat Mahasiswa Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderasi. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 19-25. https://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/53

Yusman, Nasution, R. H., Puspita, D., Fauzi, A. M. F., & Sari, D. R. (2024). SWOT Analysis Of Deposito Marketing Strategies At PT. Bank Muamalat Indonesia. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 41-48. https://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/202

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-13

Cara Mengutip

Nurul Khasanah, A., Futri, Y. A., Nazari, M. F., & Sanjaya, V. F. . (2024). Analisis SWOT Sebagai Strategi Pengembangan Bisnis Miniso Di Antasari, Kecamatan Kedamaian, Bandar Lampung. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 76-87. http://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/215

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 23

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.