Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Toko Perlengkapan Ratmiku Lampung
Kata Kunci:
SWOT Analysis, Marketing Strategy, MSMEAbstrak
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran Toko Perlengkapan Ratmiku Lampung dengan pendekatan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berfokus pada pengumpulan data melalui kuesioner observasi langsung. Data yang terkumpul kemudian dikelompokkan berdasarkan faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) untuk menentukan posisi strategis toko dalam diagram kuadran SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa Toko Perlengkapan Ratmiku Lampung berada pada posisi kuadran 1, yang berarti toko memiliki kekuatan dan peluang yang signifikan, tetapi masih menghadapi beberapa kelemahan dan ancaman eksternal. Kekuatan utama toko meliputi keberagaman produk berkualitas, lokasi strategis, layanan pelanggan yang responsif. Peluang yang dapat dimanfaatkan mencakup pertumbuhan e-commerce, tren perlengkapan rumah tangga inovatif, dan dukungan pemerintah daerah untuk pengembangan UMKM. Di sisi lain, kelemahan seperti manajemen stok yang belum optimal dan ketergantungan pada supplier tertentu perlu segera diatasi. Ancaman dari persaingan ketat dan ketidakstabilan ekonomi juga menjadi tantangan yang harus diantisipasi. Dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang secara optimal, serta mengurangi dampak kelemahan dan ancaman melalui strategi yang terintegrasi, Toko Perlengkapan Ratmiku Lampung memiliki potensi untuk mempertahankan daya saingnya dan berkembang lebih jauh di pasar yang semakin kompetitif.
Unduhan
Referensi
Andriani, F., Tasa, N. N., Nurhasanah, S., Oktaviani, S., & Putri, A. M. (2021). Penerapan Analisis Swot Terhadap Penentuan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Seblak dan Baso Aci Wak Acan Pekanbaru). Issn: 2614-3097, 5(2), 2904–2910.
Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70.
Efendy, L. A. surya, Lapian, J., & Soepeno, D. (2022). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Nomad Coffee Shop. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 135. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.39537
Atika, D., Zulkarnian, I. ., & Bin Ismail, M. A. K. (2024). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Tentang Minat Mahasiswa Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderasi. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 19-25. https://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/53
Yusman, Nasution, R. H., Puspita, D., Fauzi, A. M. F., & Sari, D. R. (2024). SWOT Analysis Of Deposito Marketing Strategies At PT. Bank Muamalat Indonesia. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 41-48. https://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/202
Haninda, R. N., Indriyani, N. D., & Qurratu’ain, I. M. (2022). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Kedai Warung Kopi 777 Surabaya. Yos Soedarso Economic …, 4(1), 1–11. https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/ysej-server/article/view/261%0Ahttps://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/ysej-server/article/download/261/244
Munandar, J. N., Tumbel, A. L., & Soegoto, A. S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Bisnis Kopi Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Black Cup Coffee And Roastery Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4), 1191–1202.
Nafi’ah, E. U., & Suryaningsih, R. (2017). Analisis Swot Sebagai Upaya Menentukan Strategi Pemasaran Pada Usaha Depot Air Minum Isi Ulang Tirto Utomo Siwalan Mlarak Ponorogo. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(1), 43–62.
Sundari, S., Eko Riadi, Alexandro, R., Fendy Hariatama, & Merisa Oktaria. (2022). Analisis SWOT Dan Strategi Pemasaran Usaha Waralaba. Edunomics Journal, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.37304/ej.v3i1.3871
Suryatman, T. H., Kosim, M. E., & Samudra, G. E. (2021). Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Analisis Swot Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Sepatu Adidas Di Pt. Panarub Industry. Journal Industrial Manufacturing, 6(1), 43. https://doi.org/10.31000/jim.v6i1.4117
Syafa’at, A., & Wahid, A. (2020). Strategi Pemasaran Produk Sepatu Menggunakan Metode Analisis Swot dengan Matrik Ifas dan Efas di PT. Bagoes Tjipta Karya. Journal Knowledge Industrial Engineering (JKIE), 7(3), 108–117. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/jkie
Syah, R. F., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2021). Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(1), 62–72. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.364
Utsalina, D. S., & Primandari, L. A. (2020). Analisis Swot Dalam Penentuan Bobot Kriteria Pada Pemilihan Strategi Pemasaran Menggunakan Analytic Network Process. Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 14(1), 51–60. https://doi.org/10.35457/antivirus.v14i1.889
Yatminiwati, M., & Ermawati, E. (2021). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi, 14(2), 105–114.
Yohansyah, K. R., & Mananeke, L. (2020). Determination of Marketing Strategy Based on Swot Analysis on Amanah Products At Pt. Pegadaian (Persero) Cp. Manado Utara. N Tawas 885 Jurnal EMBA, 8(4), 885–894.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Meivtha Aulia Ananta, Mitha Zulia Febriyanti, Wilda Shofia, Vicky F Sanjaya (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.