Kapabilitas Dinamik Usaha Fashion D&D.Needed Dalam Merespon Perubahan Trend Bisnis
Kata Kunci:
Kapabilitas Dinamik,Kapabilitas Adaptif, Kapabilitas Absorptif, Kapabilitas InovatifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan D&D.Needed dalam bersaing di tengah perubahan trend pasar di bidang fashion yang sangat cepat. isu utama yang di hadapi meliputi kapabilitas adaptif,kapabilitas absorptif dan kapabilitas inovatif. pendekatan penelitian yang digunakan adalah menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskrtiptif, dengan data diperoleh secara langsung melalui observasi, wawancara dengan pemilik usaha D&D.Nedeed. Hasil penelitian Menunjukan bahwa usaha D&D.Nedeed mampu untuk beradaptasi dengan perubahan trend pasar yang cepat dalam industri fashion dan menerapkan strategi untuk menciptakan loyalitas pelanggan, menghasilkan berbagai ide inovasi yang menarik sehingga mampu mempertahankan pelanggan dan serta menciptakan produk yang unik dan berbeda dari brand lain, memiliki kemampuan menyesuaikan strategi promosi yang berkembang tetapi kurang efektiv dalam melakukan penyerapan informasi. penelitian ini merekomendasikan untuk melakukan kegiatan khusus dalam penyarapan informasi seperti melakukan kerja sama dengan lembaga riset serta mengoptimalkan teknologi digital sebagai alat analisis untuk mengidentifikasi informasi eksternal. Dengan implementasi rekomendasi tersebut, diharapkan usaha D&D.Nedeed dapat berkembang secara berkelanjutan dengan tetap menjaga kualitas dan memperluas jangkauan pasar.
Unduhan
Referensi
Bell, M. (2009). Capabilities Innovation Capabilities and Directions of Development. www.steps-centre.org
Hofer, K. M., Niehoff, L. M., & Wuehrer, G. A. (2015). The effects of dynamic capabilities on value-based pricing and export performance. Advances in International Marketing, 25, 109–127. https://doi.org/10.1108/S1474-797920140000025005
Khouroh, U., Windhyastiti, I., & Ratnaningsih, C. S. (2020). Kapabilitas Dinamik dan Keunggulan Bersaing: Dinamisme Lingkungan Moderator ataukah Driver? Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 18–34. https://doi.org/10.33059/jseb.v12i1.2322
Saunila, M. (2016). Performance measurement approach for innovation capability in SMEs. International Journal of Productivity and Performance Management, 65(2), 162–176. https://doi.org/10.1108/IJPPM-08-2014-0123
Shinta Dewi, R., Alhabsji, T., Arifin, Z., & Abdillah, Y. (n.d.). Adaptive Capability: Capability to Create Innovation and Competitive Advantages of SME’S in the Industry 4.0 Era. In International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net (Vol. 11, Issue 2). www.ijicc.net
Situmorang, J. R. (n.d.). MENGENAL LEBIH DALAM APA ITU KAPABILITAS DINAMIK.
Soeparto, W. H., Faktor, A., & Soeparto, W. H. (n.d.). ANALISIS FAKTOR KAPABILITAS DINAMIS TERHADAP FIRM SURVIVE.
Sudrajat, D. (2013). KAPABILITAS DINAMIK, KINERJA INOVASI, DAN KINERJA PERUSAHAAN JASA LOGISTIK DI INDONESIA (Suatu Kerangka Penelitian). In BINUS BUSINESS REVIEW (Vol. 4, Issue 2).
Teece, D. J., Pisano, G., & Shuen, A. (1997). Dynamic capabilities and strategic management. Strategic Management Journal, 18(7), 509–533. https://doi.org/10.1002/(SICI)1097-0266(199708)18:7<509::AID-SMJ882>3.0.CO;2-Z
Vu, H. M. (2020). A review of dynamic capabilities, innovation capabilities, entrepreneurial capabilities and their consequences. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(8), 485–494. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO8.485
Wang, C. L., & Ahmed, P. K. (2007). Dynamic capabilities: A review and research agenda. In International Journal of Management Reviews (Vol. 9, Issue 1, pp. 31–51). https://doi.org/10.1111/j.1468-2370.2007.00201.x
Wiliana, J. (n.d.). Kapabilitas Dinamis UMKM dalam Merespons Perubahan Lingkungan Bisnis.
Zahra, S. A., & George, G. (2002). The net-enabled business innovation cycle and the evolution of dynamic capabilities. Information Systems Research, 13(2), 147–150. https://doi.org/10.1287/isre.13.2.147.90
Zatia Zatia, Fitri Kumalasari, & Almansyah Rundu Wonua. (2023). Pengaruh Kapabilitas Dinamis Dan Kapabilitas Inovasi Terhadap Keunggulan Kompetitif. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(4), 176–188. https://doi.org/10.55606/makreju.v1i4.2168
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cantika Rahma Aulia, Nahdatul Karimah, Novita Kurnia Sari, Vicky F Sanjaya (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.