Memaksimalkan Potensi AI untuk Meningkatkan Pertumbuhan Penjualan E-commerce
Kata Kunci:
E-commerce, Kecerdasan Buatan (AI), Strategi Adopsi AI.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi kecerdasan buatan (AI) dalam mendukung peningkatan penjualan e-commerce, dengan fokus pada penerapan di berbagai skala usaha, termasuk UMKM. Metodologi yang digunakan meliputi studi literatur dan analisis studi kasus untuk menganalisis penerapan AI di platform e-commerce utama. Data sekunder diperoleh dari laporan industri, jurnal akademik, dan artikel berita, yang memberikan informasi tentang tren, dampak, dan tantangan implementasi AI.Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI berkontribusi signifikan dalam meningkatkan efisiensi operasional, menciptakan pengalaman belanja yang lebih personal, dan mendorong pertumbuhan penjualan. Namun, terdapat tantangan yang harus diatasi, seperti keterbatasan infrastruktur, regulasi yang belum optimal, dan rendahnya tingkat adopsi AI di kalangan UMKM.Penelitian ini merekomendasikan penerapan strategi adopsi AI yang lebih inklusif, didukung oleh pengembangan infrastruktur teknologi, kebijakan yang responsif, dan pelatihan untuk pelaku usaha. Temuan ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan e-commerce yang lebih berkelanjutan dan memberikan pedoman strategis bagi industri dan pemangku kepentingan terkait.
Unduhan
Referensi
Asari, A. (2023). Konsep E-Commerce ( E-Commerce Concept ) (Issue March 2024).
Cahyati, I., Fauzi, A., Hasanuddin, H., Zuhri, I., Hibatullah, H., Dwi, N., Handayani, N., & Felisyana, R. (2024). Penerapan Business Intelligence Dengan Artificial Intelligence Pada E-Commerce. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(6), 27412756. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2904
Eriana, E. S., & Zein, D. A. (2023). Artificial Intelligence. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 1.
History, A., Attribution-, C., & License, I. (2024). 10.8734/Kohesi.v1i2.365. 4(11), 116.
Islands, R., Achmad, Z. A., Ilham, A., Kalis, R., Vanessa, D. S., Pembangunan, U., Veteran, N., & Timur, J. (2024). Pelatihan Digital Marketing Berbasis AI sebagai Bentuk Pemerataan Teknologi di Pulau Batam , Kepulauan Riau Article History : 3(4).
Khansa, A., Sutabri, T., & Darma, B. (2024). Pengembangan Customer Experience Berbasis Artificial Intelligence pada Startup Marketplace Shopee. 4.
Kusumawati, R. (2018). Kecerdasan Buatan Manusia (Artificial Intelligence); Teknologi Impian Masa Depan. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 9(2), 257274. https://doi.org/10.18860/ua.v9i2.6218
Medan, U. N. (2024). Pengaruh Strategi Pemasaran Berbasis Inovasi Tknologi Kecerdasan Buatan ( Ai ) Terhadap Daya. 8(6), 223229.
Muniyanayaka, K. (2024). Machine Learning-based Pricing Optimization for Dynamic Pricing in Online Retail. 4(3), 21452151.
Padmanaaban, P., & Jamal, A. (2024). E-commerce Management and AI-Based Dynamic Pricing Revenue Optimization Strategies. Journal of Informatics Education and Research, 4(2), 18191828. https://doi.org/10.52783/jier.v4i2.998
Singgih, R. P., & Sari, M. P. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Pengembangan E-Commerce. Prosiding Seminar STIAMI, 3546.
Suparman, A., Subang, U., History, A., & Experience, U. (2024). Penerapan Kecerdasan Buatan dalam Sistem Informasi untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi E-Commerce. 6(1), 402409.
Zein, A. (2021). Kecerdasan Buatan Dalam Hal Otomatisasi Layanan. Jurnal Ilmu Komputer JIK, 4(2), 18.
Zelda, C., Prabowo, B. A., Satato, Y. R., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Indonesia, P. (2024). Kebangkitan E-commerce Bertenaga AI : Mengubah Lanskap Bisnis di Tahun 2024. 1.
Zikry, A., Muhammad Bitrayoga, Siska Yulia Defitri, Akhmad Dahlan, & Nina Dwi Putriani. (2024). Analisis Penggunaan AI dalam Keberhasilan Customer Experience Pengguna Aplikasi E-Commerce Shopee. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 4(3), 766781. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v4i3.1387
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Marcho Maulana Haikal, Amri Luthfiansyah, Tedi Saputra, Vicky F. Sanjaya (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.