Eksplorasi Kualitas Produk dan Kualitas Layanan dalam Membentuk Minat Beli Ulang Pelanggan: Studi pada Bisnis Kuliner Dendeng Uda Sya Cabang Sukarame
Kata Kunci:
Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Minat Pembelian Berulang, Bisnis KulinerAbstrak
AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kualitas produk dan kualitas layanan pada niat pembelian ulang konsumen tetap atau pelanggan pada bisnis kuliner Dendeng Uda Sya Cabang Sukarame. Dalam industri restoran yang semakin kompetitif, pemahaman mendalam tentang bagaimana faktor-faktor ini memengaruhi perilaku pelanggan adalah kunci untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Studi penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metodologi studi kasus untuk memberikan gambaran komprehensif terkait pengalaman dan persepsi pelanggan. Data didapatkan melewati proses wawancara mendalam dengan pelanggan umum dan pengamatan langsung di lokasi perusahaan. Survei menunjukkan bahwa kualitas produk yang konsisten, seperti tekstur, rasa kering yang autentik, dan penggunaan bahan-bahan berkualitas tinggi, merupakan bahan-bahan berkualitas tinggi, merupakan pendorong utama kepuasan pelanggan. Selain itu, kualitas layanan yang ramah dan cepat berkontribusi besar dalam menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kolaborasi yang baik pada kualitas produk dan layanan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan berpengaruh langsung terhadap minat pembelian ulang. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pengelola kuliner untuk lebih meningkatkan kualitas produk dan layanannya guna mempertahankan dan memperluas basis pelanggannya.
Kata kunci: Kualitas produk, kualitas layanan, minat pembelian berulang, bisnis kuliner
Unduhan
Referensi
Septiani, Yuni, Edo Arribe, and Risnal Diansyah. “MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL ( Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru ).” Teknologi dan Open Source 3, no. 1 (2020): 131–143.
Sriyanto, Agus, and Desty Albaity Utami. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone Di Jakarta.” Ekonomika dan Manajemen 5, no. 2 (2016): 163–175.
Atika, D., Zulkarnian, I. ., & Bin Ismail, M. A. K. (2024). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Tentang Minat Mahasiswa Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderasi. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 19-25. https://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/53 Yusman, Nasution, R. H., Puspita, D., Fauzi, A. M. F., & Sari, D. R. (2024). SWOT Analysis Of Deposito Marketing Strategies At PT. Bank Muamalat Indonesia. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 41-48. https://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/202
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Windy Erie Febianti, Dia Ayu Agustina, Novila Nurhalisa, Vicky F Sanjaya (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.