Strategic Agility Sebagai Strategi Kompetitif Di Era Disrupsi Digital
Kata Kunci:
Strategic Agility, Strategi Kompetitif, Disrupsi Digital, Inovasi, Daya SaingAbstrak
Strategic agility merupakan kemampuan organisasi untuk beradaptasi, merespons, dan memanfaatkan peluang di tengah perubahan lingkungan bisnis yang cepat, khususnya di era disrupsi digital. Era ini ditandai dengan transformasi teknologi yang memengaruhi semua aspek bisnis, mulai dari operasional hingga interaksi dengan pelanggan. Artikel ini membahas peran strategic agility sebagai strategi kompetitif untuk menghadapi tantangan dan peluang di era digital. Pendekatan studi literatur digunakan untuk menganalisis bagaimana fleksibilitas organisasi, pengambilan keputusan cepat, dan inovasi menjadi kunci keberhasilan. Hasil kajian menunjukkan bahwa perusahaan dengan tingkat strategic agility yang tinggi cenderung lebih mampu menghadapi disrupsi digital, meningkatkan daya saing, dan menciptakan nilai bagi pelanggan. Kesimpulan menekankan pentingnya budaya organisasi yang mendukung, kepemimpinan yang visioner, dan pengelolaan sumber daya yang efisien untuk mengoptimalkan penerapan strategic agility.
Unduhan
Referensi
Andriani, Rini Dewi. “Strategi Pemimpin Dalam Digital Leadership Di Era Disrupsi DigitAL.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 11, no. 1 (2021): 58–72. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad.
“Anggraini, Fifin, and Anindhyta Budiarti. ‘Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek.’ Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 8.3 (2020): 86-94.,” n.d.
Arizqi, Diah Ayu Kusumawati. “The Role of Agile Leadership and Strategic Agility Planning in Improving Sme’S Performance in West Papua Indonesia Province.” Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan 8, no. 1 (2023): 105–23.
Aswan, Aswan. “Moderation Role of Strategic Agility in the Relationship between Entrepreneurial Orientation and Competitive Advantage in SMEs.” Jurnal Manajemen Bisnis 14, no. 1 (2023): 125–42. https://doi.org/10.18196/mb.v14i1.16242.
Choliq, Abdul. “Disrupsi Digital Sebagai Ancaman Eksistensi Media Cetak.” Jurnal Ilmu Komunikasi 13, no. 2 (2023): 1–11.
Chrisnathaniel, Hendy Carol, Sri Hartini, and Sari Puji Rahayu. “Kapabilitas Dinamis Sebagai Penentu Dalam Mengadopsi Penerapan Bisnis Berbasis Teknologi Digita.” Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis 5, no. 2 (2020): 256–64.
Darwin, Muhamad, and Akhmad Sefudin. “Perbandingan Teori Disrupsi Pada Marketing Di Era.” Jurnal Ilmiah Manajemen 1, no. 2 (2020): 25–39.
Farah, Farah Luthfia, Rahmat Mulyana, and Luthfi Ramadhani. “Studi Kasus Pengaruh Tata Kelola Ti Terhadap Transformasi Digital Dan Kinerja Bank B.” ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi 4, no. 2 (2022): 100–116. https://doi.org/10.31849/zn.v4i2.11085.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nisa Amelia Juninda , Rahmalia, Yohan Oktavia, Vicky F Sanjaya (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.