Etika Bisnis dalam Islam : Panduan dari Hadist Tentang Jual Beli

Penulis

  • Alya Latifah Authari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Penulis
  • Dadah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Penulis
  • Muhammad Fakhrul Fikri Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Penulis
  • Salma Aulia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Penulis

Kata Kunci:

Business, Ethics, Islam

Abstrak

Pentingnya etika bisnis dalam Islam semakin menonjol di tengah era globalisasi ekonomi saat ini. Artikel ini mengkaji pedoman etika bisnis Islam dengan memfokuskan pada prinsip-prinsip yang terdapat dalam hadis terkait jual beli. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi hadis-hadis yang relevan mengenai transaksi bisnis dalam Islam dan mengidentifikasi prinsip-prinsip etis yang dapat dipetik dari mereka. Studi ini menekankan signifikansi integritas, kejujuran, dan keadilan dalam setiap aspek transaksi bisnis menurut prinsip-prinsip Islam. Dengan merujuk pada hadis-hadis yang mengatur proses jual beli, tulisan ini menyoroti nilai-nilai moral seperti kejujuran dalam deskripsi produk atau layanan, keadilan dalam penetapan harga, dan tanggung jawab sosial terhadap pelanggan serta masyarakat secara keseluruhan. Pengkajian menyeluruh terhadap hadis-hadis yang terpilih menghasilkan pemahaman yang lebih mendalamtentang pandangan Islam terhadap praktik bisnis. Artikel ini juga mengulas konsekuensi praktis dari prinsip-prinsip etistersebut dalam konteks bisnis masa kini. Oleh karena itu, artikel ini tidak hanya memberikan wawasan teoretis mengenai etika bisnis dalam Islam, tetapi juga menyajikan pedoman praktis bagi para pengusaha Muslim dalam menerapkan nilai-nilai moral dalam aktivitas ekonomi mereka. Dalam persektif hadist tentang etika bisnis islam dijelaskan dalam Hadist Shahih Bukhari No. 2776 dan Hadist Shahih Muslim No. 89 serta dalam Hadist Sunan AbuDaud No. 3476. Menjelaskan tentang etika bisnis dalam islam dan larangan dalam berbisnis atau jual beli.

 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Ahmad Wardi Muslich, Fikih Muamalah. Amzah, Jakarta, 2010, Cet Ke-1.

Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani, Bulughul Maram Dan Penjelasanya,

H. M. Daud Ali, Asas-Asas Hukum Islam, Rajawali Press, Jakarta, 1991.

Hasbi Ash-Shiddieqy, Pengantar Fiqih Muamalah, Bulan Bintang, Jakarta, 1987.

M. Ali Hasan, Berbagai macam Transaksi Dalam Islam, edisi 1, cet. 1(Jakarta : Pt. Raja Grafindo Persada 2003).

Mu’ammal Hamidy, Terjemah Nailul Authar, Surabaya, PT. Bina Ilmu, Jilid Iv, 1993.

Sayyid Sabiq, Alih Bahasa Oleh, Kamaluddin A. Marzuki, Fikih Sunnah,Alma’rif, Bandung, 1997.

Suhrawardi K. Lubis, Farid Wajadi, Hukum Ekonomi Islam, Jakarta, Sinar Grafika, 2012.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Latifah Authari, A. ., Dadah, Fakhrul Fikri, M., & Aulia, S. . (2024). Etika Bisnis dalam Islam : Panduan dari Hadist Tentang Jual Beli. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 43-48. http://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/71

Artikel Serupa

1-10 dari 31

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.