Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Bullying Di SMA Negeri 1 Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Bedagai

Penulis

  • Lisa Amelia Harahap STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Masrina Rambe STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Abdul Rosib Siregar STAI Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Guru PAI, BULLYING

Abstrak

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi penelitian lapangan (fenomologi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terkait Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Bullying di SMA Negeri 1 Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Bedagai, Pada penelitian ini data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data dari sumber data primer maupun sekunder. Data Primer bersumber dari beragam informan sebagai narasumber kegiatan wawancara, yaitu guru kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru PAI, guru Bimbingan Konseling (BK) dan perwakilan beberapa siswa/i yang terlibat dalam kasus bullying. Data di analisis dengan menggunakan teknik menyusun data, reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan/verifikasi. Data penelitian di periksa keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian/temuan penelitian ini menunjukkan bahwa 1) bentuk Bullying yang terdapat di SMA Negeri 1 Kecamatan Tebing Tinggi kabupaten Serdang ialah diantaranya : a).Bullying Verbal yaitu mengejek dengan nama orang tua atau panggilan yang unik. b). Bullying Fisik yaitu mendorong dan memukul teman, mengganggu menlis. 2) peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mencengah dan mengatasi Aksi Bullying yang terjadi di SMA Negeri 1 Kecamatan Tebing Tinggi kabupaten Serdang bedagai ialah: a). Mencari faktor yang menyebabkan Tindakan bullying, b). Memberi nasehat Kejujuran c. mengarahkan siswa-siswi mengkutin kegiatan Rohis 3) Solusi pihak sekolah dalam mengatasi Tindakan Bullying di SMA Negeri 1 Kecamatan Tebing Tinggi kabupaten Serdang bedagai ialah diantaranya: a). program pencegahan perundungan (ROOTS) b). penegakan Tata Tertib c). Kerjasama antar Sekolah d). Penanganan prilaku bullying.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abdul Azis Alfalah, Z., & Saring Marsudi, S. H. (2017). Peran Guru Dalam Mengatasi Bullying Di Mi Negeri Trobayan Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Amini, T. Y. S. J. (2018). Bullying: Mengatasi Kekerasan Di Sekolah Dan Lingkungan Sekitar Anak. Grasindo.

Astuti, P. R. (N.D.). Meredam Bullying (3 Cr Efektif Mngl...). Grasindo.

Daradjat, Z. (2017). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bumi Aksara: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam ….

Daulay, H. P., Dahlan, Z., Priono, A., & Lubis, A. P. (2021). Kolonialisme Dan Dikotomi Pendidikan Di Indonesia. Islamic Education, 1(1), 1–10.

Dr, P. (2018). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Cv. Alfabeta, Bandung, 25.

Faizah, Z. (2017). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Kasus Bullying Di Mts Negeri 3 Sleman. Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Febrianti, N., & Dewi, D. A. (2021). Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 476–482.

Hawwa, S. (2018). Kajian Penyucian Jiwa Tazkiyatun Nafs Intisari Ihya Ulumuddin. Pena Pundi Aksara.

Herawati, D. (2019). 751strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 89 Tanjung Agung Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur. Iain Bengkulu.

Khalis, A. (2017). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengantisipasi Bullying Verbal Di Smpn 1 Darussalam Aceh Besar. Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

Kuantitatif, P. P. (2017). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Maranting, H. S. (2020). Peranan Pengawas Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Guru (Studi Kasus Di Mts Al-Khairaat Kota Gorontalo). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 76–87.

Pemerintah, P. (2005). Pp Nomor 19 Tahun 2005 “Standar Pendidikan Nasional.” Lembaran Negara.

Priyatna, A. (2017). Lets End Bullying. Elex Media Komputindo.

Ratih, F. N. (2023). Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah (Study Pemikiran Prof. Dr. Muhaimin., Ma). Uin Raden Intan Lampung.

Roqib, M., & Nurfuadi, N. (2020). Kepribadian Guru.

Sapitri, W. A. (2020). Cegah Dan Stop Bullying Sejak Dini. Spasi Media.

Saputra, T. W. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Tindakan Bullying Pada Siswa Mts Attaraqqie Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sufriani, S., & Sari, E. P. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Bullying Pada Anak Usia Sekolah Di Sekolah Dasar Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 8(3).

Sugiyono, P. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 28(1), 12.

Suharsimi, A. (2020). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful, B. (2017). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta.

Syarifuddin, K. (2018). Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Deepublish.

Tafsir, A., Suhartini, A., & Rahmadi, A. (2020). Desain Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga. Atthulab: Islamic Religion Teaching And Learning Journal, 5(2), 152–162.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Harahap, L. A. ., Rambe, M., & Siregar, A. R. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Bullying Di SMA Negeri 1 Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Bedagai. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 158-165. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/100

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 54

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.