Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Administrasi Pendidikan Berbasis Kebutuhan Dan Strategi Era Society 5.0

Penulis

  • Gyannina Mecca Zafira Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis
  • Fatahilla Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis
  • Raman Khomis Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis
  • Rully Hidayatullah Institut Agama Islam Sumatera Barat Pariaman Penulis
  • Harmonedi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis

Kata Kunci:

Profesiaonal, Administrasi Pendidikan, Society 5.0, Teknologi, Strategi

Abstrak

 The development of professionalism in educational administration is key to addressing the challenges of the Society 5.0 era, where technology and digitalization dominate various sectors, including education. This article discusses the importance of a needs-based approach and relevant strategies for enhancing professionalism in educational administration. By analyzing the demands of the Society 5.0 era, educational administration is required not only to master managerial skills but also to adapt to technological advancements and understand the more complex educational needs. The main strategies proposed include continuous training, the use of digital technology, and collaboration among stakeholders. The ultimate goal is to ensure that educational administration can support the improvement of educational quality and respond to global challenges through a flexible, innovative, and adaptive approach. Thus, professionalism in educational administration will remain relevant and effective in achieving higher educational standards in the Society 5.0 era.

 

 

 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Anam, M. (2022). Analisis Sistem Pendidikan, Manajemen Dan Administrasi Isti’dadiyah Dalam Menyiapkan Santri Baru Masuk Lembaga Reguler. Ihtirom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 119-137.

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan MTs Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147-173.

Ardiansyah, M. (2024). Pengelolaan Layanan Akademik Di Sma Negeri 10 Makassar. Jurnal Manajemen Bisnis Modern, 6(3).

Aziz, M., Namira, A. N., & Siregar, D. C. (2024). Administrasi Manajemen Kurikulum Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler Dalam Menanamkan Karakter Siswa di SD Al- Ittihadiyah Laut Dendang. Administraus, 8(2), 1-18.

Banun, S., & Usman, N. (2016). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Smp Negeri 2 Unggul Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(1).

Basri, M. (2024). Perkembangan Ilmu Administrasi dan Manajemen. Benchmarking, 8(1), 50- 57.

Brutu, D., Annur, S., & Ibrahim, I. (2024). Transformasi Administrasi Pendidikan Menuju Pendidikan Berkualitas. Jambura Journal of Educational Management, 295-305.

Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra', 12(2), 106-124.

Cahyadi, N., S ST, M. M., Fachrurazi, H., MM, S. A., Palupi, F. H., Mamengko, R. P., ... & SE, M. (2022). Pengantar Manajemen. CV Rey Media Grafika.

Chadijah, S. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 161-174.

Darmansah, T., Humaira, A., Syahirah, F., Damanik, S. N., & Verhan, S. P. (2024). Penerapan Manajemen Perkantoran Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Pendidikan Di Mts Yp. Ummul Quraa Tembung, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara, Medan. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 3(2), 84-91.

Denico, A. (2024). Optimalisasi Administrasi Pendidikan Islam untuk Pengelolaan PIAUD yang Berkualitas. Jurnal Adzkiya, 8(1), 73-85.

Fitriyadi, H. (2013). Integrasi teknologi informasi komunikasi dalam pendidikan: potensi manfaat, masyarakat berbasis pengetahuan, pendidikan nilai, strategi implementasi dan pengembangan profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(3).

Hendrik Dewantara, S. E. (2024). Membangun Masa Depan Pendidikan: Inovasi dan Tantangan dalam Sertifikasi Guru di Indonesia. PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa.

Huda, N. (2022). Sistem Administrasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 16-31.

Iskandar, J., Sakti, F. T., Azzahra, N., & Nabila, N. (2021). Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 19(2), 1-11.

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan

Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25-37

Khana, M. A., Zainudin, A., Fanani, A. I., & Mirochina, C. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja dan Kedisiplinan Guru di SD Juara Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(25), 595-612.

Kurniawati, W. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu- Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 7(01), 1-10.

Marayasa, I. N., Sugiarti, E., & Septiowati, R. (2017). Pengembangan sumber daya manusia. Malau, T. F., Harianja, K. N., Simarmata, Y., & Turnip, H. (2022). Pentingnya Administrasi Sarana dan Prasarana Pendidikan. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 186-195.

Mesiono, M., Wasiyem, W., Zakiyah, N., Fahrezi, M., Nursakinah, I., & Azhari, M. T. (2024). Dinamika Kepemimpinan Perguruan Tinggi: Tantangan dan Strategi Manajemen untuk Menanggapi Perubahan Cepat di Era Globalisasi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3146-3153.

Muktamar, A., Iswahyudi, M. S., Salong, A., Wote, A. Y. V., Rahmatiyah, R., Riyadi, & Leuwol, F. S. (2023). MANAJEMEN PENDIDIKAN: Konsep, Tantangan, dan Strategi di Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Munir, M., & Su’ada, I. Z. (2024). Manajemen Pendidikan Islam di Era Digital: Transformasi dan Tantangan Implementasi Teknologi Pendidikan. JIEM: Journal Of Islamic Education and Management, 5(1), 1-13.

Mustari, M. (2022). Administrasi dan manajemen pendidikan sekolah. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Napitupulu, M. B., Sibagariang, S., Sihombing, Z. A. N., & Turnip, H. (2022). Pentingnya Administrasi Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 1(4), 214-222.

Nuraini, N. (2016). Konsep Sistem Pembiayaan dan Administrasi Keuangan Dalam Lingkup Pendidikan. Madinah: Jurnal Studi Islam, 3(1), 31-40.

Nurhayati, A., Riyanto, R., & Rif’an, M. (2022). Memaksimalkan peran perpustakaan sebagai sumber belajar di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Ponorogo. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 18(1), 113-127.

Parida, P., Hasibuan, L., Anwar, K., & Rizki, A. F. (2021). Administrasi Sekolah (Administrasi Keuangan, Perlengkapan, Hubungan Sekolah dengan Masyarakat). Bedelau: Journal of Education and Learning, 2(1), 19-33.

Patodingan, L., Meilani, F., & Purnamasari, I. (2024). Kepemimpinan Berkelanjutan dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital. Educational journal: General and Specific Research, 4(3), 447-462.

Rahmah, S. (2016). Modernisasi Dayah (studi kasus di Dayah Modern Yayasan Pendidikan Arun Lhokseumawe) (Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN Sumatera Utara).

Rahman, Y. A. (2020). Manajemen sumber daya manusia. Tsaqofah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 1-23.

Rahmatulloh, R., & Sidik, W. P. (2023). Manajemen konplik strategi Penyelesaian dan Teknik bernegosiasi terhadap konplik Melanjutkan kuliah siswa kelas IX di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pangandaran. Belalek, 1(1), 21-27.

Salimodo, D., & Lestari, A. (2023). Inovasi Dalam Manajemen Kurikulum: Pemanfatan Teknologi Dalam Meningkatkan Pembelajaran. Al-Rabwah, 17(02), 87-97.

Simanjuntak, R., Hutagalung, S., & Karmilasari, V. (2021). Kapasitas Organisasi dalam Penyelenggaraan Kearsipan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandar Lampung. Administrativa: Jurnal Birokrasi, Kebijakan dan Pelayanan Publik, 3(2).

Singerin, S. (2022). Administrasi dan Manajemen Sekolah. Cv. Azka Pustaka.

Umran, D. H. L. M., Halika, L. H. (2024). Strategi Manajemen Humas Dalam Konsep Teoritis.

CV. Azka pustaka. Uriptiningsih, A. L. (2021). Mengenal Administrasi pendidikan (Pak dan Gereja). Penerbit NEM.

Windasari, W., Vrachmadhani, V. V., & Risky, B. A. (2024). Analisis Kinerja Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan di SDN Lontar II Surabaya. Masaliq, 4(3), 600- 620.

Yani, J., & Srimulat, F. E. (2023). Administrasi pendidikan. CV. Tatakata Grafika.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Zafira, G. M., Fatahilla, Khomis, R., Hidayatullah, R., & Harmonedi. (2024). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Administrasi Pendidikan Berbasis Kebutuhan Dan Strategi Era Society 5.0. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 166-173. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/101

Artikel Serupa

1-10 dari 86

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.