Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Hyperlink Pada Materi Akhlak Terpuji Pada Diri Sendiri Kelas IX Di MTs Darul Ulum Palangka Raya
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Canva Hyperlink, Akhlak Terpuji, Pengembangan ADDIE, Pembelajaran InteraktifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva Hyperlink pada materi akhlak terpuji kelas IX di MTs Darul Ulum Palangka Raya. Media pembelajaran ini dirancang untuk memadukan elemen visual, audio, dan interaksi, sehingga dapat menarik minat siswa dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi akhlak terpuji. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Canva Hyperlink efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi. Validasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa media ini layak digunakan dalam proses pembelajaran. Secara keseluruhan, media ini menawarkan solusi inovatif untuk menyajikan materi yang lebih menarik dan interaktif, sejalan dengan perkembangan teknologi dalam pendidikan.
Unduhan
Referensi
Fransisca, S., & Putri, R. N. (2019). Pemanfaatan Teknologi RFID Untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah Dengan Metode (R&D). Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, 1(1), 72–75.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Safrida Napitupulu, F. H. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berrbasis Powtoon Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 102019 Firdaus. Education Achievement: Journal of Science and Research, 2(3), 10–20. https://doi.org/10.51178/jsr.v2i1.332
Rahmawati, D. (2022). Pemanfaatan Teknologi dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Modern, 15(3), 45-56. https://jurnalpendidikanmodern.com.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ahmad, Ahmad Pauzi, Adinda Naura Zahra Fitriani (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.