Pengaruh Media Audio Visual Dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMA Negeri 1 Bandar Khalifah
Kata Kunci:
Media audio visual,Kompetensi Pedagogik,Aktivitas BelajarAbstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang “Pengaruh media audio visual dan kpmpetensi pedagogik guru terhadap aktivitas belajar siswa SMA Negeri 1 Bandar Khalifah”.Media pembelajaran audio visual merupakan media pembelajaran yang dapat menciptakan suasana menyenagkan karena siswa seperti mengamati video pembelajaran.Kompetensi Pedagogik Menguasai karakteristik peserta didik Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik Pengembangan kurikulum Kegiatan pembelajaran yang mendidik pengembangan potensi peserta didik komunikasi dengan peserta didik Penilaian dan evaluasi.Aktivitas belajar adalah proses pembelajaran yang dilaksanakan guru dengan sedemikian rupa agar menciptakan peserta didik aktif bertanya, mempertanyakan dan mengemukakan gagasan. Martimis Yamin menjelaskan bahwa aktivitas belajar adalah suatu usaha siswa dalam proses pembelajaran untuk membangun pengetahuan dalam dirinya. Dalam proses pembelajaran terjadilah perubahan dan peningkatan mutu kemampuannya seperti berani bertanya, mengeluarkan pendapat, mendengarkan penjelasan guru dengan baik, dan mengerjakan tugas tepat waktu.Aktivitas belajar merupakan prinsip atau asas yang sangat penting dalam interaksi belajar mengajar. Dengan kata lain, tidak ada belajar kalau tidak ada aktivitas, karena pada perinsipnya belajar adalah berbuat.
Unduhan
Referensi
Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif.
Apriana, A. (2023). Analisis Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS di Sma Negeri 1 Jongkong Kabupaten Kapuas Hulu. IKIP PGRI PONTIANAK.
Fatrur Rozi, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas Iv Sd Negeri 23 Bengkulu Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. IAIN BENGKULU.
Hidayat, M. T. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Dan Minat Belajar Siswa Kelas X TKJ Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di SMK Mahyal Ulum Al-Aziziyah. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Laila, F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri Tahun Ajaran 2021/2022. IAIN Kediri.
Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2019). Pengaruh kompetensi pedagogik guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 53–60.
Serviana, D. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VI di MI Muhammadiyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. IAIN KUDUS.
SINAGA, R. (2021). pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas xii iis di sekolah menengah atas negeri 7 pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Sulistyarini, W., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Digital dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 42–72.
Supriyadi, S., Kusen, K., & Anshori, S. (2024). “Pengaruh Literasi Digital dan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI MTs Se-Kabupaten Kepahiang. Pendidikan Agama Islam.
Wulandari, W., Zikra, & Yusri. (2016). Peran Orangtua dalam Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(1).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mauliza, Herry Syahbannuddin Nasution, Sari Atika Parinduri (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.