Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Menanamkan Nilai- Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al Wasliyah 68 Pematang Guntung Kabupaten Serdang Bedagai

Penulis

  • Dedi Kurniawan STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Jusua Barus STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Yusman STAI Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Kurikulum 2013, Nilai-Nilai Karakter, Akidah Akhlak

Abstrak

Pembelajaran akidah akhlak sangat penting untuk diperhatikan karena pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 yang berlaku akan menunjang peserta didik dalam proses pembelajaran. Karena kurikulum 2013 membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan aturan-aturan yang ada. Peneliti bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah 68 Pematang Guntung Kabupaten Serdang Bedagai. Peneliti menaruh perhatian pada pembelajaran aqidah akhlak, karena di dalam pelajaran aqidah akhlak terdapat materi-materi yang mengajarkan siswa untuk membentuk karakter mulia. Madrasah Aliyah Swasta Al Wasiliyah 68 Pematang Guntung Kabupaten Serdang Bedagai sekolah yang memiliki nilai-nilai ke-Islaman, sehingga di Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al Wasiliyah 68 Pematang Guntung Kabupaten Serdang Bedagai. Hasil penelitian bahwa  Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah 68 Pematang Guntung Kabupaten Serdang Bedagai. Peserta didik dengan karakter 1. religius menggambarkan ketaqwaan siswa kepada tuhan yang maha esa yang mana peserta didik dapat melaksanakan sholat, peserta didik juga memiliki 2. karakter nasionalis 3. Mandiri 4. Gotong royong, 5. karakter integritas roses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan kegiatan inti yaitu: literasi, Kolaborasi, Komunikasih, Kreatif menjadi Madrasah yang menjadi panutan sekolah atau madrasah lain.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abdul Majid Khon (Jakarta: Prenada Media Group, 2012), Hadis Tarbawi,

A.W. Munawwir (Surabaya: Pustaka Progresif,2000), Kamus Al-Munwwir

Achmad Gholib(Ciputat: Diaz Pratama Mulia, 2016), Akidah dan Akhlak dalam Perspektif Islam,

Ahmad Afan Zaini Jurnal Ulumul Qura, Vol 5, No. 1, 2015, “Urgensi Manajemen Pendidikan Islam”,

Basrowi dan Suwandi (Jakarta: PT RinekaCipta, 2008), Memahami Penelitian Kualitatif,

Daryanto dan Suryatri Damiatun (Yogyakarta: Gava Media, 2018), Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah

Depdiknas(Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008), Kamus Besar Bahasa Indonesia,

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, MA, METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN,Ponorogo:CV.Nata Karya

Edwin (Surabaya: Alumni, t.th),, Kamus Pelajar Bahasa Indonesia,

Depag RI (Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2015), Al-Qur‟an dan Terjemahnya,

Eka Darmaputera (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018), Pancasila: Identitas dan Modernitas Tinjauan Etis dan Budaya

Kunandar (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2013), (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013), Penilaian Autentik

Mida Latifatul Muzamiroh (Kota Pena, 2013), Kupas Tuntas Kurikulum 2013 Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2013,

M. Fadillah (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014) Permendikbud No. 104 Tahun 2014,, “Impelmentasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA”, Cet-1,

Mulyasa (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012, Manajemen Berbasis Sekolah

Hendyat Soetopo dan Wasty Soemanto (Jakarta: Bina Aksara, 1986), Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum,

H. Syaiful Sagala Vol.5, No.1 Juni 2008, hal.13, “Silabus Sebagai Landasan Pelaksanaan Dan Pengembangan Pembelajaran Bagi Guru Yang Profesional”, Jurnal Tabularasa PPS UNIMED,

I. Wayan AS (Jakarta: CV. Az-Zahra, 2013), Perangkat Pembelajaran Prakarya,

Ridwan Abdullah Sani (Jakarta: Bumi Aksara, 2016), “Penilaian Autentik”, Cet-1,

Sirajuddin Abbas, I‟tiqad Ahlussunah Wal Jamaah, (Jakarta: Pustaka Tarbiyah

Baru, 2010)

S. Nasution (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), Asas-Asas Kurikulum

S. Nasution (Jakarta: Bina Aksara, 2017), Kurikulum dan Pengajaran

Yuda Setiadi (Jakarta: UIN, 2015), Skripsi: “Implmentasi Kurikulum 2013 dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik SMPIT Nurul Hikmah Matraman Jakarta Timur”

Yanti Herlianti (Jakarta: UIN PRESS, 2015), “Pembelajaran Tematik (Menggunakan Pendekatan Saintifik dan Penilaian Otentik untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013), Cet-1,

Syafruddin Nurdin (Jakarta: Ciputat Pers, 2002), “Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum”,

Zainal Arifin (Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2011), “Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum”, Cet-1,

Zaki Mubarok., (Yogyakarta: UII Press, 2020), et.al., Akidah Islam

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Kurniawan, D., Barus, J., & Yusman. (2024). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Menanamkan Nilai- Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al Wasliyah 68 Pematang Guntung Kabupaten Serdang Bedagai. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 185-189. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/107

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 53

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.