Strategi Bimbingan Guru PAI Dalam Mengatasi Rendahnya Minat Belajar Siswa Dalam Pelajaran SKI Kelas XI Di MA Rohani Ikhwanul Muslimin Desa Penggalangan Kec. Tebing Syahbandar Kab. Serdang Bedagai
Kata Kunci:
Strategi, Rendah, Minat Belajar SiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bimbingan yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas XI di MA Rohani Ikhwanul Muslimin, Desa Penggalangan, Kecamatan Tebing Syahbandar, Kabupaten Serdang Bedagai. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bimbingan guru PAI meliputi pendekatan motivasional, penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, dan peningkatan keterlibatan siswa dalam aktivitas belajar. Pendekatan motivasional dilakukan dengan memberikan dorongan positif, seperti penghargaan dan umpan balik yang konstruktif. Metode pembelajaran yang digunakan termasuk diskusi, tanya jawab, dan pemanfaatan media pembelajaran untuk membuat materi lebih menarik. Selain itu, guru juga berupaya meningkatkan keterlibatan siswa melalui kegiatan tambahan seperti seminar dan workshop. Strategi-strategi ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap pelajaran SKI dengan menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan menyenangkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bimbingan yang efektif memerlukan kombinasi dari motivasi, metode yang bervariasi, dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Agusti, Y. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MIN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 1–110.
Ahmad Tafsir. (2014). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Remaja Rosda Karya.
Buku Panduan Skripsi Sekolah Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli 2024
Djamarah, S. B. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Eko Sugiarto. (2015). Menyusun Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Suaka Media.
Gulo, W. (2010). Strategi Belajar Mengajar. PT. Grasindo.
J.R Raco. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis Karakteristik dan Keunggulan. PT. Gramedia Indonesia.
Kunandar. (2009). , Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (ktsp) dan Sukses dalam Sertifikasi Gur. PT Raja Grafindo Persada.
lda Arafa Supriyanto. (2021). trategi Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9, 808–816.
Majid, A. (2018). Strategi Pembelajaran. PT. Remaja Rosda Karya.
Okdian Suprizal. (2023). strategi guru Pai dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep agama islam di SMA 8 Kaur. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, Vol. 3, No.
P., A. A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012
Prayitno. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.
Riyanto, Y. (2021). Paradigms Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Gru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Kencana.
Spradley James. (2000). Metode Etnografi. Tiara Wacana.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Umar, S. (2018). Bimbingan dan Penyuluhan Pustaka Setia. Pustaka Setia.
Wawancara dengan Ibu Khairunnisa, S.Pd selaku Guru SKI, pada tanggal 11 Juni 2024.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Siti Nurzeda Ritonga, Masrina Rambe, Chairuddin Siregar (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.