Strategi Pembelajaran Guru PAI Dalam Meningkatkan Sikap Kedisiplinan Dan Kecerdasan Spiritual Siswa Di Madrasah Aliyah Swasta Al –Washliyah Indrapura Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara

Penulis

  • Dina Juliana Khofifah Hasibuan STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Yusman STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Abdul Rosip Siregar STAI Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Strategi Pembelajaran, Kedisiplinan dan Kecerdasan Spritual

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Strategi Pembelajaran Guru PAI Dalam Meningkatkan Sikap Kedisiplinan Dan Kecerdasan Spiritual Siswa Di Sekolah Madrasah Aliyah Swasta Al – Washliyah Indrapura Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu Objek, fenomena atau Pemasalahan Sosial yang tuangkan dalam tulisan yang penulisannya data dan fakta yang berbentuk kata atau gambar bukan angka atau survei, kuesioner dll. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan domunetasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pembelajaran Guru Pai Dalam Meningkatkan Sikap Kedisiplinan Dan Kecerdasan Spiritual Siswa Di Sekolah Madrasah Aliyah Swasta Al – Washliyah Indrapura Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara yaitu dengan cara Memberikan contoh terlebih dahulu kepada peserta didik tentang sikap kedisipinan,  Mengarahkan kepada siswa bagaimana seharusnya bersikap disiplin disekolah, Memberikan nasehat-nasehat kepada siswa agar mereka berbuat disiplin dan  Memberikan mereka hukuman jika melanggar peraturan yang sudah dibuat di sekolah.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Fitria, Y., & Indra, W. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Pbl Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Dan Literasi Sains. Deepublish.

Indria, A. (2020). Multiple Intelligence. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umato, 3(1), 26.

Latifah, E. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Siswa. Jurnal Tahsinia, 4(1), 40–48.

M.Ruane, J. (2021). Essentials Of Research Methods:A Guide To Social Science Research”,Terj.M Shodiq Mustika. Nusamedia.

Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4(I), 20.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage Publications.

Nurhadi, & Fitria. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Akhlak Siswa di sekolah menengah pertama se-kecamatan bangkinang kota. Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 8(1).

Pangestu, D., & Djuhan, M. W. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas Viii D (Studi Mata Pelajaran Ips Terpadu) Di Smp 1 Ma’arif Ponorogo. Jiipsi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 2(1), 1–11.

Sanjani, M. A. (2021). Pentingnya Strategi Pembelajaran yang Tepat bagi Siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2).

Sukatin, Nuri, L., Naddir, M. Y., Sari, S. N. I., & Y, W. I. (2022). Teori Belajar Dan Strategi Pembelajaran. Josr: Journal Of Social Research, 1(8), 916–921.

Sumarji, & Rahmatullah. (2018). Inovasi Pembelajaran Al-Qur’ an. Ta’ Limuna, 7(1).

Tasdiq, & Rezza Yuli Anjani. (2019). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran pada Anak TPQ Al-Hidayah 1 Dusun Tugasari. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1).

Tihul, I. (2020). Eksistensi Guru sebagai Pribadi yang Profesional dan Inspiratif. Jurnal Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah, 2(2).

Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Jurnal Nuansa Informatika, 16(1).

Wahdi, N. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam : Geneologi Pai, 9(01).

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Hasibuan, D. J. K. ., Yusman, & Siregar, A. R. (2024). Strategi Pembelajaran Guru PAI Dalam Meningkatkan Sikap Kedisiplinan Dan Kecerdasan Spiritual Siswa Di Madrasah Aliyah Swasta Al –Washliyah Indrapura Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 198-207. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/109

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 103

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.