Implikasi Program Literasi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Disekolah SMANegeri 1 Medang Deras Kabupaten Batu Bara
Kata Kunci:
Program Literasi, Minat Baca, Peserta DidikAbstrak
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terkait Implikasi program literasi perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SMA Negeri 1 Medang Deras Kabupaten Batu Bara. Penelitian ini memperoleh informasi dengan pengumpulan datanya yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari sumber data primer maupun sekunder. Data Primer bersumber dari beberapa informan sebagai narasumber kegiatan wawancara, yaitu Kepala sekolah, guru kelas, bagian perpustakaan dan beberapa siswa/i di SMA Negeri 1 Medang Deras Kabupaten Batu Bara. Data di analisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan/ verifikasi. Data penelitian diperiksa keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan program literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di SMA Negeri 1 Medang Deras yaitu: perencanaan terkait dengan jadwal, program kerja/ kegiatan, metode, dan sarana prasarana yang mendukung dalam program literasi. 2) Strategi program literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di SMA Negeri 1 Medang Deras yaitu: Menyediakan jam khusus kepada siswa untuk membaca diperpustakaan sekolah, memotivasi siswa tentang pentingnya membaca, mengatur tata letak buku di perpustakaan untuk menarik minat siswa dalam membaca, melakukan pembiasaan membaca sebelum pembelajaran dimulai 3) Evaluasi: Evaluasi program literasi dapat diketahui berdasarkan hasil belajar siswa dan nilai raport.
Unduhan
Referensi
Afriatama, R., & Sapri, S. (2023). Menggali potensi gemar membaca melalui program literasi: studi implementasi karakter gemar membaca di masyarakat. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 374–381.
Aisyah, T. F. (2022). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring. IQRA: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 19–31.
Askhari, S. (2019). Nilai-nilai Pendidikan dalam Surat Al-Alaq Ayat 1-5 dan Relevansinya terhadap Pembelajaran. IAIN Curup.
Budiharto, B., Triyono, T., & Suparman, S. (2018). Literasi sekolah sebagai upaya penciptaan masyarakat pebelajar yang berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(2), 153–166.
Data, A. A. (n.d.). Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Sorong tugas resume Ujian Akhir Semester (UAS)
Lilik, R. (2018). Upaya Peningkatan Program Literasi Di Perpustakaan SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. IAIN PONOROGO.
Marlia, M. (2024). Peta Jalan Merdeka Belajar: Korelasi Kebijakan dengan Linguistik dan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 5(1), 71–81.
Moleong, L. J., & Edisi, P. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya, 3(01).
Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.
Sabira, J. (2024). Implikasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar. UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.
Saputro, Z. A. (2020). Implikasi program literasi sekolah terhadap pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
Subu, R. (2023). Rendahnya Kemampuan Literasi Di Kalangan Mahasiswa.
Vidiawati, V. (2019). Implementasi Program Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Pondok Pinang Jakarta Selatan. Institut PTIQ Jakarta.
Wulandari, T., & Haryadi, H. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Keterampilan Membaca Siswa SMA N 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 92–97.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ikhwaniyah Lubis, Yusman, Sari Atika Parinduri (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.