Pengembangan media wordwall pada mata pelajaran PAI materi beriman kepada hari akhir di SMPIT Al-Ghazali
Kata Kunci:
Wordwall, Media Pembelajaran, PengembanganAbstrak
Media merupakan alat bantu yang dapat menjadi perantara terjadinya interaksi antara guru dengan peserta didik dalam proses pembelajaran. Wordwall merupakan salah satu web yang menyediakan berbagai jenis permainan yang dapat dijadikan sebagai media asesmenn dalam proses pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis wordwall pada materi “Beriman kepada hari akhir”. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri tahap analyze (analisis), design (perencanaan), development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di kelas XI-B SMPIT Al-Ghazali Palangka Raya dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Hasil evaluasi dari ahli materi mendapat skor dengan rata-rata 84%, menunjukan bahwa materi dalam media “sangat layak”. Sedangkan, hasil evaluasi dari ahli media mendapat skor dengan rata-rata 73%, menunjukan media “Layak” dan mendapatkan skor dengan rata-rata 82, 44% pada angket respon siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan wordwall sebagai media asesmen pada pembelajaran PAI materi beriman kepada hari akhir layak untuk digunakan.
Unduhan
Referensi
Achmad Jalilul Chakam, Qosim, S., Asep Saepul Hamdani, & Irma Soraya. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Video Pada Kelas IX SMP Al-Furqan Madrasatul Quran. Tadbir Muwahhid, 7(2), 205–255. https://doi.org/10.30997/jtm.v7i2.9532
Ainishifa, H., Bunari, & Suroyo. (2023). Pengaruh Media Interaktif Berbasis Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS SMA Negeri I Kabun. 8(September), 321–331.
Andini, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur.
Fitri, A., Saleh, M., Rahman, A., Hamdanah, & Usman. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran PAI Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 8(1), 32–41.
Hasanah, K. U., Ngali, M., Makmun, Z., & Aisyah, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(1), 69–78.
Mahmud, S., Farida Isro ani, Putri Hana Pebriana, Andi Rahmatia Karim, Muchamad Subali Noto, Neneng Aminah, Wendi Kusriandi, Aminah, Andi Muhammad Fara Kessi, Anggita Maharani, Ani Rosidah, Uza Sukmana, Sudarsono, & Rebecca Evelyn Lalya. (2023). Media Pembelajaran (1 ed.). Lovrinz Publishing.
Novyanti, Dewi, H. I., & Winata, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Kreativitas Kognitif Anak Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Instruksional, 4(1), 27–33.
Olisna, O., Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4133–4143. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2737
Parisa, M., Arcana, I. N., Susetyo, A. E., & Kuncoro, K. S. (2023). Pengembangan Kuis dan Game Edukasi Menggunakan Wordwall pada Pembelajaran Daring Pertidaksamaan Nilai Mutlak Bentuk Linier. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 7(2), 167. https://doi.org/10.31949/th.v7i2.4351
Pinta, A. R., Karim, H. A., & Trisna, L. (2024). Implementasi Penggunaan Media Wordwall Pada Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa di SMPN 3 Kecamatan Guguak. Ta’rim : Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, Vol. 5(No. 1), 126–134.
Rusmayana, T. (2021). Model Pembelajaran ADDIE Integrasi Pedati Di SMK PGRI Karisma Bangsa. Widinnan Bhakti Persada Bandung.
Syaripah, A., & Erwin Rahayu Saputra. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran ICT Berbasis Game Edukatif Wordwall Sajak Bahasa Sunda Di Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar dan Keguruan, 9, 55–62.
Syawaluddin, F. A., Siregar, J. S., Megawati, B., & Samsir, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Melakukan Sholat Siswa Sekolah Dasar. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 39. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.495
Tarigan, M. S., Ananda, L. J., Nurmayani, N., Rozi, F., & ... (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbantuan Wordwall pada Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas V SDN 106813 Amplas. Jurnal Pendidikan …, 8, 10045–10056. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13903%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/13903/10716
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hasnah Kusumawardani, Muhamad Galih Riskiawan, Meilanie, Abdul Azis (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.