Implementasi Metode Mengajar Menurut Perspektif Q.S An Nahl: 125 Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di SMA Swasta Islam Terpadual Izzah

Penulis

  • Ismi Asrida Br Sinaga STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Muhammad Idris STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Muhklis STAI Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Al-Qur'an Surah An Nahl 125, Pendidikan Agama Islam, Hikmah, Mau'idzah Hasanah, Jidal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran yang terkandung dalam Al-Qur’an surah An-Nahl/16 ayat 125 terhadap prestasi siswa. Mengetahui metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan prestasi siswa di sekolah Sma Swasta Islam Terpadu Al Izzah Kabupaten Batu Bara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dimana di dalam penelitian ini, data ditampilkan dengan apa adanya tanpa manipulasi atau perlakuan lainnya. Penelitian ini dilakukan bertujuan mengkaji, menganalisis dan mendeskripsikan data dan fakta. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan metode pembelajaran menurut perspektif Al Qur'an Surah An Nahl 125 yang diterapkan di SMA Swasta Islam Terpadu Al Izzah. Dalam penelitian peneliti bahwasanya metode pembelajaran yang terkandung di dalam Qur'an surah An Nahl 125 yaitu hikmah yang dapat di terapkan melalui metode pembelajaran metode eksperimen, metode ceramah dengan memberikan motivasi dan ketauladanan. Mau'idzatul hasanah, nasihat yang baik yang dapat diterapkan dalam metode ceramah, metode diskusi dengan memberikan nasihat yang baik dan motivasi. Adapun jidal diterapkan dalam metode pembelajaran diskusi dengan menerapkan perbedaan pendapat dengan tujuan menyadarkan dan menyampaikan kebenaran.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Achmad, Munib. 2011. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKU UNNES.

Ali, Muhammad. (2010). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.

Arief, Armai. 2010. Pengantar dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers.

Arifin, Moch. Bahak Udin By, and Nurdyansyah. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA Press, 2018.

Abdul Majid. (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf.

Fauzi Adhim. 2015. Postive Parenting. Yogyakarta. Pro-U Media.

Hamka, Rusyi. 2018. Pribadi dan Martabat Buya Hamka. Jakarta: PT Mizan Publika, 2018.

Hamka, Tafsir Al-Azhar, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1983, juz XII-XIV, cet. II

Jumanta Hamdayana. 2019. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara).

Lefudin. 2017. Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Miles, M. B., Huberman, A. M. and Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis. (Fourth Edi). SAGE Publication. Ltd.

Mardiah Kalsum Nasution, ‘Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11.1 (2017).

Mas'ud Hasan Abdul. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Mulyono (2024). Analisis Uji Asumsi Klasik. Diakses pada Agustus 2024 Retrieved fromhttp://bbs.binus.ac.id/management/2024/12/analisis-uji-asumsiklasik/.

Nursalim. (2018). Layanan Konseling Kelompok Strategi SelfManagement untuk Meningkatkan Kontrol Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya. Jurnal Bimbingan dan Konseling UNESA, Vol. 1,

no 1.

Qardhawi, Yusuf. Kembali Dalam Dekapan Tarbiyah, Cet. VI; Surakarta: Era Adicitra Intermedia, 2018.

Sayyid Quthb, Tafsir Fi Zhilalil Qur’an, Jilid 6, Jakarta: Gema Insani, 2002.

Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Misbah, Jakarta: Lentera Hati, 2012, vol. VII

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________ (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________ (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________ (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke- 24. Bandung: Alfabeta.

________ 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung.

________ 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung.

Syah Muhibbin.2017, Psikologi Belajar.bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2017. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Br Sinaga , I. A., Idris, M., & Muhklis. (2024). Implementasi Metode Mengajar Menurut Perspektif Q.S An Nahl: 125 Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di SMA Swasta Islam Terpadual Izzah. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 255-262. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/126

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 112

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.