Penerapan Teori Pembelajaran Behavior Guru Bimbingan Konseling Dalam Mencegah Terjadinya Bullying Terhadap Teman Di SMA Negeri 1 Sei Rampah
Kata Kunci:
Behavior, Guru BK, BullyingAbstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dimana jenis penelitian ini difokuskan untuk menjawab pertanyaan penelitian yang terkait dengan pertanyaan siapa, apa, dimana dan bagaimana suatu peristiwa atau pengalaman terjadi hingga dikaji secara mendalam untuk menemukan pola pola yang muncul pada peristiwa tersebut. Secara ringkas dapat dijelaskan bahwa deskriptif kualitatif adalah suatu metode penelitian yang bergerak pada pendekatan kualitatif sederhana dengan alur induktif. Alur induktif ini maksudnya penelitian deskriptif kualitatif diawali dengan proses atau peristiwa penjelas yang akhirnya dapat ditarik suatu generalisasi yang merupakan sebuah kesimpulan dari proses atau peristiwa. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana strategi, perencanaan, pelaksanaan dan juga evaluasi terkait strategi guru bimbingan konseling (BK) dalam mencegah terjadinya Bullying di SMA Negeri 1 Sei Rampah.Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta data lainnya yang mendukung penelitian ini seperti data primer dan data sekunder.Kegiatan wawancara kepada guru, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah merupakan suber data berupa data primer.
Hasil dari temuan penelitian ini menunjukkan bahwa adanya bentuk tindakan Bullying yang terdapat di SMA Negeri 1 Sei Rampah Kab. Serdang Bedagai seperti menjuluki nama teman dengan sebutan lain yang tidak pantas, hal ini disebut dengan bullying verbal. Selain itu ditemukan juga bentuk tindakan bullying lainnya seperti memukul, menendang ataupun mendorong teman dengan sengaja, bentuk tindakan ini disebut dengan bullying fisik.Dari kasus tersebut strategi maupun peran guru sangat diperlukan. Strategi yang dilakukan yaitu memberikan konsekuensi yang sesuai, menasehati, dan mengevaluasi dengan cara mencari apa yang menjadi faktor penyebab kasus bullying itu bisa terjadi.
Unduhan
Referensi
Aditya, M. F. (2023). Peran Guru Dalam Mencegah Aksi Bullying di SMA NEGERI 1 Jetis Ponorogo. IAIN Ponorogo.
Amalia, E., Nurbaiti, L., Affarah, W. S., & Kadriyan, H. (2019). Skrining dan edukasi pencegahan bullying pada siswa SMA Negeri di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1).
Andini, L. S., & Kurniasari, K. (2021). Bullying berhubungan dengan kejadian gangguan cemas pada pelajar SMA. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 4(3), 99–105. https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2021.v4.99-105
Asfar, A., Asfar, A., & Halamury, M. F. (2019). Teori behaviorisme. Makasar: Program Doktoral Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.
Asrori, M. (2013). Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26.
Deswalantri, D. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 11-13: Kajian Tafsir Al-Azhar Karya Hamka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13525–13534.
Elyati, E., Idi, A., & Samiha, Y. T. (2022). Sekolah/Madrasah Sebagai Organisasi. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(001), 173–190.
Hasan, M., Harahap, T. K., Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Rakhman, C. U., Ratnaningsih, P. W., Mattunruang, A. A., Silalahi, D. E., & Hasyim, S. H. (2023). Metode penelitian kualitatif. Penerbit Tahta Media.
Irmayanti, N., & Agustin, A. (2023). Bullying dalam prespektif psikologi (teori Perilaku).
Global Eksekutif Teknologi.
Jelita, M., Ramadhan, L., Pratama, A. R., Yusri, F., & Yarni, L. (2023). Teori Belajar Behavioristik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 404–411.
Maisah, S. (2020). Bullying dalam Prespektif Pendidikan Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).
Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran.
NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).
Nata, D. R. H. A. (2014). Perspektif Islam tentang strategi pembelajaran. Kencana. Sari, D. J., Ides, S. A., & Anggraeini, L. D. (2017). Latar Belakang Remaja Melakukan Bullying di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). JNKI (Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia)(Indonesian Journal of Nursing and Midwifery), 5(2), 149–156.
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83–91.
Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Eka Aguswinarti, Rusli Halil Nasution, Muhammad Idris (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.