Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Moral Keislaman Di Era Digitalisasi Pada Lingkungan SMP Swasta Plus An-Nur Mulia Kota Tebing Tinggi
Kata Kunci:
Pendidikan Agama Islam, Nilai Moral Keislaman, Digitalisasi, Teknologi, KarakterAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan nilai-nilai moral keislaman di era digitalisasi pada lingkungan SMP Swasta Plus An-Nur Mulia Kota Tebing Tinggi. Teknologi digital yang berkembang pesat telah memberikan tantangan baru bagi para pendidik, termasuk guru PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi membawa dampak positif dalam pembelajaran PAI melalui akses informasi yang luas, namun juga menimbulkan tantangan berupa penyebaran konten negatif. PAI berperan penting dalam membimbing siswa menggunakan teknologi secara bijak dan menanamkan nilai-nilai moral yang kuat.
Unduhan
Referensi
Abidin, M. (2021). Pendidikan Moral Dan Relevansinya Dengan Pendidikanislam.2(1).e-journal.upr.ac.id/index.php/parislangkis
Alfinnas, S., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Stita, (, & Sumenep, ). (2018). Arah Baru Pendidikan Islam Di Era Digital. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Volume 7, Nomor 1
Amirudin, N. (2019). Prosiding Seminar Nasional Prodi Pai Ump Tahun 2019 Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital.
Ariska, Winda. (2021). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Siswa Perspektif Pendidikan Islam. Skripsi: IAIN, Bengkulu
Dwi Tsoraya, N., Khasanah, I. A., Asbari, M., & Purwanto, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital.
Fikri, A. (2019). Pengaruh Globalisasi dan Era Disrupsi terhadap Pendidikan dan Nilai-Nilai Keislaman. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 117–136. https://doi.org/10.32533/03106.2019
Firmansyah, Mokh Iman. (2019). Pendidikan Agama Islam : Pengertian, Tujuan, Dasar dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim. 17-2
Harahap, Nursapia. (2020) Buku Metode Penelitian Kualitatif, Wal ashri Publishing: Medan
M., Kurniawan, A., Daeli, S. I., Asbari, M., & Santoso, G. (2023). Krisis Moral Remaja di Era Digital. Jurnal, L. :, Pendidikan,
Khotimah, H. (2022). Pendidikan Anak dalam Perspektif Al-Qur’an dan Aktualisasinya di Era Digitalisasi. Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 3(1), 14–35. https://doi.org/10.55380/tarbawi.v3i1.152
Lelu Ngongo, V., Hidayat, T., Wiyanto, dan, Xaverius, S., Alam, P., & Sugihan, M. (t.t.). PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL.
Maharani, D., & Meynawati, L. (2024). Sisi Terang dan Gelap: Digitalisasi pada Perkembangan Pendidikan Indonesia. e-ISSN: 2963-542X. 3(1), 89–98. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i1.1771
Mansir, F. (2022). Problems of Islamic Religious Education in the Digital Era. At-Ta’dib, 17(2), 284. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v17i2.8405
Nasution, Zulkipli. (2019). Dasar dan Tujuan Pendidikan Islam dalam Konsep Al Quran. Tarbiyah Islamiyah. 9-2
Rahmawati, F. (2018). Kecenderungan Pergeseran Pendidikan Agama Islam di Indonesia Pada Era Disrupsi (Vol. 13, Nomor 2).
Ridwan, M. (2018). Konsep Tarbiyah, Ta’lim dan Ta’dib dalam Al Quran. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam. 1-1
Ristianah, N., & Agama, S. T. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Perspektif Sosial Kemasyarakatan.
Ruslan, & Musbaing. (2023). Eksplorasi Peran Pendidikan Islam dalam Pengembangan Moral: Kajian Pustaka. Dalam Jurnal Sinestesia (Vol. 13, Nomor 1). https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/344
Sofyana, N. L., Haryanto, B., Pendidikan, P., & Islam, A. (2023). MENYOAL DEGRADASI MORAL SEBAGAI DAMPAK DARI ERA DIGITAL. Dalam Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam (Vol. 3, Nomor 4).
Sosial, A.-F. ;, & Budaya ; Al-Furqan, D. (2023). PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN MORAL DALAM MEMBINA KARAKTER ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 2(5). https://publisherqu.com/index.php/Al-Furqan
Yasmansyah, A., Zakir, S. (2022). A New Direction Of Islamic Education In The Digitalization Age. Dalam JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (Vol. 3). http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ridzki Aidila Safitri, Herry Syahbannuddin Nasution, Ali Syahlan (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.