Upaya Guru Tahfidz Dan Siswa Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al Qur’an Siswa Kelas XI Di SMA Islam Terpadu Permata Hati Kota Tebing Tinggi

Penulis

  • Ike Widari STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Indah Dina Pratiwi STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Kasran STAI Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Upaya, Guru Tahfidz, Siswa, Hafalan Al-Qur’an

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kasus penghafal al-Qur’an yang memiliki kualitas hafalan lemah, seperti lupa pada ayat yang sudah pernah dihafalkan dan kemampuan membaca al-Qur’an yang belum sesuai kaidah ilmu tajwid. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran tahfidz di SMA Islam Terpadu Permata Hati Kota Tebing Tinggi, (2) untuk mengetahui kendala apa saja yang dialami guru tahfidz  dan siswa dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa kelas XI di SMA Islam Terpadu Kota Tebing Tinggi, (3) untuk mengetahui upaya guru dan siswa dalam  meningkatkan kualitas hafalan siswa kelas XI di SMA Islam Terpadu Permata Hati Kota Tebing Tinggi. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil akhir yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: Upaya yang dilakukan  guru tahfidz  dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa kelas XI di SMA Islam Terpadu Permata Hari yaitu memotivasi siswa, memperbaiki tahsin siswa, memberitahu siswa metode yang mudah dalam ziyadah dan muraja’ah, memberi pemahaman kepada siswa tentang adab dan keberkahan al-Qur’an, mendoakan siswa, bekerja sama dengan orang tua/wali siswa, meminta siswa muraja’ah mandiri sampai hafalan benar-benar lancar, Meminta siswa untuk mendengarkan murattal, menyelaraskan bacaan siswa dengan metode Wafa atau nada hijaz. Sedangkan upaya siswa dalam meningkatkan kualitas  hafalan yaitu istiqomah, tidak menunda-nunda waktu dalam ziyadah dan muraja’ah, meluangkan waktu untuk muraja’ah, melakukan muraja’ah hafalan lama sebelum menambah hafalan baru, menjaga adab, menjauhi maksiat, fokus ketika  ziyadah dan muraja’ah, menghafal dengan satu mushaf  al-Qur’an saja, mengatur waktu antara ziyadah dan muraja’ah

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abdullah, A., Iqbal, M., Taufik H, A., & Firdaus, H. (2022). Metode Pembelajaran Tahsin dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Al-Qur’an pada Siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri I Probolinggo. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 3(3), 191–197. https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i3.4874

Ansori, M. A., Ekowati, E., Zahro, F. M., & Andi, W. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Juz 30 Mata Pelajaran Tahfidz Melalui Metode Tahfidz Talaqqi Siswa Kelas X Di Ma Maarif Bumirestu. TARBIYAH JURNAL: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–8.

Bahruddin. (2022). Al-Qur’an Dan Cara Menghafalnya. Cv. Eureka Media Aksara, 25.

BidingeMaitir. (2020). Upaya pembinaan dan pelatihan yang efektif di kota pekan baru. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 12.

Chandra, M., Maya, R., & Priyatna, M. (2020). Upaya Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al- Quran Peserta Didik Kelas XI SMAIT Raudhatul Ulum Cigudeg. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 104.

Fanani, I. (2016). Problematika Menghafal Al- Qur’an (Studi Komparasi di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Hasan Patihan Wetan dan Pondok Pesantren Nurul Qur’an Pakunden Ponorogo). Skripsi, 1–96.

Fatimah, & Sri Tuti Rahmawati. (2020). Implementasi Kurikulum Muatan Lokal dalam Mencapai Target Hafalan Al-Qur’an 4 Juz di SD Islam Annajah Jakarta Barat. Jurnal Qiroah, 10(2), 15–36. https://doi.org/10.33511/qiroah.v10n2.15-36

Febriansyah, H. (2022). Upaya Guru Tahfiz dalam Menjaga Hafalan Al-Quran Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Rabbi Radhiyya Rejang Lebong. Skripsi, 63–65.

Istiqomah, S., & Maulidiyah, M. (2022). Upaya Guru Tahfiz dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa di Madrasah Aliyah. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 58–76.

Khaiza, R. (2022). Peran Guru Taḥfīẓ Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Dan Menjaga Hafalan Peserta Didik Siswa Kelas 6 Sdit Al Ihsan Kebagusan Jakarta Selatan. 1.

Mainuddin. (2017). Mainuddin Abstrak. Kompetensi Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam, 9(September 2017), 1–25.

Ningsih, R. S. U. (2018). Hubungan Antara Konformitas Kelompok Dengan Perilaku Agresif Pada Siswa di SMP Negeri 39 Medan. Pemutusan Hubungan Kerja, 1, 1–12.

Ramadhani, W., & Aprison, W. (2022). Urgensi Pembelajaran Tahfidz Al- Qur ’an d i Era 4.0. JURNAL Pendidikan Tambusai, 6(2), 13163–13171. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4538/3827

Ridwan, J., Supraha, W., & Alim, A. (2021). Kompetensi Guru Tahfizh Perspektif Imam An-Nawawi dan Implementasinya di Pondok Pesantren Mahasiswa Dan Sarjana Ulil Albaab Universitas Ibn Khaldun Bogor. Rayah Al-Islam, 5(02), 264–282. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.452

Rumsa, J., Novianti, W., & Pratiwi, I. D. (2023). Strategi Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghapal Al-Qur’an Juz 30 Siswa Kelas VI SD IT Permata Hati Kota Tebing Tinggi. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 15(2), 118–123.

Sari, M. A., Suryana, Y., & Faqih, U. (2023). Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Juz 30 Pada Siswa Kelas VII Di SMP IT An-NuurCikadu Palabuhanratu. Al-Murid: Jurnal Pemikiran MahasiswaAgama Islam, 1(1), 31–48.

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Ulfa, L. M. (2018). Upaya guru Tahfidz dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Metro. Skripsi Iain Metro, 4, 76.

Wijaya. (2019). Upaya Guru Tahfizh Dalam Meningkatkan Hafalan Alquran Siswa Kelas Xi Sma Al Minhaj Bogor Tahun Ajaran 2018/2019. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 135–149.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Widari, I., Pratiwi, I. D., & Kasran. (2024). Upaya Guru Tahfidz Dan Siswa Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al Qur’an Siswa Kelas XI Di SMA Islam Terpadu Permata Hati Kota Tebing Tinggi. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 280-284. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/130

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 110

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.