Pengaruh Pengelolaan Kelas Dan Pedagogik Guru Terhadap Kualitas Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMA Negeri 1 Sei Rampah
Kata Kunci:
Pengelolaan Kelas, Pedagogik Guru, Kualitas BelajarAbstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang “pengaruh pengelolaan kelas dan pedagogik guru terhadap kualitas belajar Pendidikan agama islam kelas X di SMA Negeri 1 Sei Rampah”. Pengelolaan kelas merupakan salah satu aspek dari pengelolaan proses pembelajaran yang paling rumit, tetapi menarik perhatian, baik oleh guru yang sudah berpengalaman maupun guru muda yang baru bertugas. Dikatakan rumit karena pengelolaan kelas merupakan hal yang memerlukan berbagai kriteria keterampilan, pengalaman, dan juga sikap serta kepribadian guru memiliki pengaruh terhadap pengelolaan kelas yang dilaksanakan. Pedagogik yaitu kemampuan seorang guru dalam memahami peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, pengembangan peserta didik, dan evaluasi hasil belajar peserta didik untuk mengaktualisasi potensi yang mereka miliki. Kualitas belajar adalah tingkatan pengembangan tingkah laku dalam belajar yang didapat melalui pengalaman sendiri. Aspek siswa dikatakan mempunyai kualitas belajar jika fokus dalam proses belajar mengajar (memperhatikan guru mengajar), aktif dalam kelas (selalu hadir dan berani bertanya jawab serta mampu bekerja sama dengan kelompok), dan menentukan tujuan belajar. Metode yang saya gunakan adalah kuantitatif dengan menyebarkan angket, observasi dan dokumentasi.
Unduhan
Referensi
Abdulah, M. K., Fauzi, I. K. A., & Sudrajat, A. (2022). Manajemen Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan. Jurnal Simki Pedagogia, 5(2), 200–208. https://doi.org/10.29407/jsp.v5i2.149
Ali, A. (2021). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal EksperimentaL: Media Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2).
Arikunto, S. (1996). Pengelolaan kelas dan siswa. Rajawali Pers.
Fitri, Z., Akbar, M. Z., & Ula, M. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Smkn 3 Lhokseumawe. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 5(1).
Jaya, M. K., Mulyadi, D., & Sulaeman, E. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan pada kantor kementerian agama Kabupaten Karawang. Jurnal Manajemen, 10(1), 1038–1046.
Karnia, N., Lestari, J. R. D., Agung, L., Riani, M. A., & Pratama, M. G. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Melalui Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa Di Kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(2), 121–136.
Kuncoro, B., Punggeti, R. N., Nove, A. H., Amahoru, A., Setyaningsih, R., Handayani, F., & Hita, I. P. A. D. (2023). Efektivitas Media Kartu Bergambar Dalam Meningkatkan Keterampilan Dan Motivasi Bermain Bola Basket Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2505–2515.
Marlina, M., Fitria, H., & Puspita, Y. (2020). Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Profesionalisme Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 238–246.
MTaran, E., Sum, T. A., & Edfra, A. V. (2023). Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran di PAUD. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 68–76.
Sari, E. B. A., Junarti, J., & Zuhriah, F. (2023). Studi Literasi Model Pembelajaran Word Square dan Kualitas Belajar serta Kemandirian Belajar PPKn Sekolah Menengah Atas (SMA). Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 3(1), 151–164.
Umi, Z., & Mujiyatun, M. (2021). Manajemen Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Siswa Di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(02), 131–141.
Wulandari, I., & Nurfadhillah, S. (2021). Analisis Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di Sdn Sudimara 11 Ciledug. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(1), 53. https://doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3874
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Indri Febriyanti, Ismail, Muliatno (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.