Penerapan Strategi Pembelajaran Tilawah Tartil Qur'an (TPQ) Dalam Membentuk Generasi Yang Berprestasi Di Madrasah Insanul Kamil Desa Melati II Kec. Perbaungan Kab. Serdang Bedagai

Penulis

  • Ahmad Mufrih STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Maryadi STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Yusman STAI Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Strategi, Tilawah Tartil Qur’an (TTQ), Generasi Berprestasi, Madrasah Insanul Kamil

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang penerapan strategi Tilawah Tartil Qur’an (TTQ) dalam membentuk generasi berprestasi di Madrasah Insanul Kamil desa Melati II Kec. Perbaungan Kab. Serdang Bedagai. Penelitian ini berfokus pada metode Madrasah membina peserta didik dan sejauh mana keberhasilannya dalam meraih prestasi. Dengan observasi dan wawancara langsung dengan guru terkait, ditemukan bahwa ada tiga tahap yang dilakukan yaitu: persiapan pelaksanaan dan evaluasi. Sedangkan dalam pembagiannya, para peserta didik dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu: global, takhassus, dan lanjutan. Sejak 2014 metode ini diterapkan, Madrasah Insanul Kamil telah berhasil mencetak dua puluh peserta didik yang berhasil menjuarai bidang Tilawah Tartil Qur’an dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, hingga Provinsi.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

An, P. T. A., Santri, P., Tadzkiratul, T. P. Q., Di, U., Wangkelang, D., Patrista, T. I., Sholikhah, S. P., Adinugraha, H. H., Ushuluddin, F., Abdurrahman, U. I. N. K. H., & Pekalongan, W. (2023). Mufti Lathif * , Lailatul Chikmah , Ma ’ Rifatun Fauzah , Via Rizquna ,. 3(2), 124–127.

Apriyanti, Y., Lorita, E., & Yusuarsono, Y. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(1). Https://Doi.Org/10.37676/Professional.V6i1.839

Ashari, S. (2023). Makna Tartil Dalam Al-Qur’an Surah Al- Muzammil Ayat 4 Dan Implementasinya. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 116–128. Https://Doi.Org/10.34005/Tahdzib.V6i1.2652

Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Akuntansi Sektor Pemerintah. Madrasah, 6(2), 26. Https://Www.Researchgate.Net

Choirul Amri, & Dimas Kurniawan. (2023). Strategi Belajar & Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Journal Of Student Research, 1(1), 202–214. Https://Doi.Org/10.55606/Jsr.V1i1.980

Dr. Yowelna Tarumasely, Mp. (2024). Buku Ajar Strategi Pembelajaran (Cetakan Pe). Academia Publication.

Dr.Akrim ,S.Pd.I, M. P. (2022). Buku Ajar Strategi Pembelajaran (Edisi Pert). Umsu Press.

Gumati, R. W. (2020). Pengaruh Pembiasaan Tilawah Al-Qur’an Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 2(2), 38–57.

Guru, S., Dalam, P. A. I., Pembelajaran, M., Kecamatan, L., Kabupaten, G., Tarbiyah, F., Keguruan, I., Pendidikan, J., & Islam, A. (2016). Adapun Yang Menjadi Tujuan Penelitian Ini Adalah Menjelaskan Bagaimana Strategi Guru Pai Dalam Meningkatkan Pembelajaran Tilawah Al- Qur’an .

Hadi, I. A. (2020). Strategi Pembelajaran Inovatif Kooperative Di Masa Pandemi. Jurnal Inspirasi, 4(2), 190–191.

Hasbullah, M. U. (2023). Pengembangan Seni Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Tartil. Al-Ijtima’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 318–327.

Ishak, M., Syafaruddin., & Sit, M. (2018). Pelaksanaan Program Tilawah Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di Mas Al Ma’sum Stabat. Jurnal Edu Religia, 1(4), 610–612.

Muhammad Hanafi, Diwawancarai Oleh Ahmad Mufrih, Juli 2024, Madrasah Al-Washliyah Inanul Kamil, Melati Ii

Muhammad Nur Fadli, Diwawancarai Oleh Ahmad Mufrih, Juli 2024, Madrasah Al-Washliyah Inanul Kamil, Melati Ii

Nas Wahyudi Nur. (2017). Strategi Pembelajaran. In G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (Vol. 3, Issue 1).

Nurdewi, N. (2022). Implementasi Personal Branding Smart Asn Perwujudan Bangga Melayani Di Provinsi Maluku Utara. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 297–303. Https://Doi.Org/10.55681/Sentri.V1i2.235

Nursahid, R., Abdussalam, A., & Fakhruddin, A. (2015). Program Pembelajaran Tilawah Al-Quran Pada Pondok Pesantren Al-Quran Al-Falah Cicalengka Bandung (Studi Deskriptif Tentang Program Pembelajaran Tilawah Al-Quran Tahun 2015). Tarbawy : Indonesian Journal Of Islamic Education, 2(2), 92. Https://Doi.Org/10.17509/T.V2i2.3447

Parnawi, A., Mujrimin, B., Sari, Y. F. W., & Ramadhan, B. W. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Praktek Salat Siswa Kelas Iv Di Sd Al-Azhar 1 Kota Batam. Journal On Education, 5(2), 4603–4611.

Ra, M. F., Sarifudin, S., & Kohar, A. (2023). Strategiikepala Madrasah Tsanawiyah Ummul Quro Al-Islamiidalam Mencetak Generasi Yang Unggul Dan Berprestasi. Cendikia Muda …, 2, 369–384.Http://Jurnal.Staialhidayahbogor.Ac.Id/Index.Php/Cendikia/Article/View/4740%0ahttps://Jurnal.Staialhidayahbogor.Ac.Id/Index.Php/Cendikia/Article/Download/4740/1792

Rahmita, N., Karim Parapat, I., Nurmawati, N., & Sukri Sitorus, A. (2023). Evaluasi Pembelajaran Tahsin Tilawah Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 520–530. Https://Doi.Org/10.37985/Murhum.V4i2.244

Ramadhani, K. R. (2019). Efektivitas Pembelajaran Tilawah Dalam Meningkatkan Kemampuan Seni Baca Qur’an Di Ukm Hiqma Uin Raden Intan Lampung. Disertasi, 1–138.

Ridwan, R., Heni Hermaliani, E., & Ernawati, M. (2024). Penerapan. Computer Science (Co-Science), 4(1), 80–88. Https://Doi.Org/10.31294/Coscience.V4i1.2990

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali Uin Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Roslina, R., Sari, W. J., & Muliati, M. (2022). Strategi Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpq) Dalam Menerapkan Pembelajaran Tilawah Al-Qur’an Di Yayasan Islam Arrahimiyah. Jec (Jurnal Edukasi Cendekia), 6(2), 85–89. Https://Doi.Org/10.35326/Jec.V6i2.3219

Studi, A., Tafsir, K., & Al-Qurtubi, T. (2024). O F A H. 4, 963–980.

Sulastri, N. A., Dasar, S., Terpadu, I., & Insani, F. (2017). Hubungan Prestasi Belajar Tilawah Dan Tahfidz Al-Quran ( Ttq ) Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. 4.

Syamsuddin Ar.; Vismaia S. Daniarti. (2019). Metode Penelitaan Pendidikan Bahasa.

Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Edukatif, 1(1), 18–27.

Warjono. (2010). Hubungan Antara Penggunaan Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 01(November), 1–23. Http://Www.Nber.Org/Papers/W16019

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.

Wijoyo, H. (2022). Analisis Teknik Wawancara ( Pengertian Wawancara, Bentuk- Bentuk Pertanyaan Wawancara ) Dalam Penelitian Kualitatif Bagi Mahasiswa Teologi Dengan Tema Pekabaran Injil Melalui Penerjemahan Alkitab. Academia.Edu, 1–10.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Mufrih, A., Maryadi, & Yusman. (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Tilawah Tartil Qur’an (TPQ) Dalam Membentuk Generasi Yang Berprestasi Di Madrasah Insanul Kamil Desa Melati II Kec. Perbaungan Kab. Serdang Bedagai. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 307-312. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/135

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 58

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.