Hafalan Al Qur'an Sebagai Media Pembelajaran Dalam Mencetak Anak Didik Yang Islami Di SDN Dharma Tanjung

Penulis

  • Masti Yanto IAIN Madura Penulis
  • Naqi’ah IAIN Madura Penulis
  • Irma Nur Afia IAIN Madura Penulis
  • Maulidatul Hasanah IAIN Madura Penulis
  • Maulidatul Hasanah IAIN Madura Penulis

Kata Kunci:

Urgensi, Media, Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi urgensi Al-Qur'an sebagai media pembelajaran dalam membentuk karakter islami pada anak didik. Melalui analisis terhadap metode pengajaran berbasis Al-Qur'an, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak positifnya terhadap perkembangan spiritual, moral, dan etika siswa. Hasil penelitian menyoroti peran integral Al-Qur'an dalam membimbing pembelajaran, membentuk nilai-nilai keislaman, dan merangsang pertumbuhan holistik anak didik. Temuan ini memberikan dasar kuat untuk mendorong penerapan Al-Qur'an sebagai instrumen utama dalam mencetak generasi yang kokoh secara islami.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Ngaisah, S. (2018). NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SURAT AL-HUJURAT AYAT 11-13 (Kajian Tafsir Al-Mishbah Karya Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab) (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Bashori, B. (2017). Penerapan model pembelajaran artikulasi dalam meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits (studi pada siswa kelas VII B di MTs Thamrin Yahya Rambah Hilir). HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 199-220.

Djamarah, S. B. 5 Marzuki, Pendidikan Karakter Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2015), 66. 6 Departemen Agama RI, Al-qur’an dan Terjemahannya (Bandung: CV Penerbit J-Art, 1994), 450.

Hartati, N. S., Thahir, A., & Fauzan, A. (2020). Manajemen program penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran daring dan luring di masa pandemi covid 19-new normal. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 97-116.

Ghesa, D. N. (2022). STUDI KOMPARATIF PANDANGAN LEMBAGA BAHTSUL MASA’IL NAHDLATUL ULAMA DAN MAJELIS TARJIH MUHAMMADIYAH TENTANG HUKUM BERMAIN GAME ONLINE (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).

Asbari, M., Novitasari, D., Purwanto, A., Fahmi, K., & Setiawan, T. (2021). Self-leadership to innovation: The role of knowledge sharing. International Journal of Social and Management Studies, 2(5), 21-36.

Barman, C. R. (1984). Slide-Tape presentations on a classroom budget. The American Biology Teacher, 46(6), 344-346.

Sanjaya, H. W. (2016). Media komunikasi pembelajaran. Prenada Media.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2007). Teknologi pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 76-84.

Syarifah, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional (Studi Terhadap Mahasiswa PGMI Angkatan 2012 FITK UIN Walisongo Semarang.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Yanto, M., Naqi’ah, Afia, I. N. ., Hasanah, M., & Hasanah, M. (2024). Hafalan Al Qur’an Sebagai Media Pembelajaran Dalam Mencetak Anak Didik Yang Islami Di SDN Dharma Tanjung. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 321-326. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/137

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 57

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.