Upaya Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Pamekasan Mata Pelajaran PAI

Penulis

  • Masti Yanto IAIN Madura Penulis
  • Sitti Fatima IAIN Madura Penulis
  • Akh. Ubaidillah IAIN Madura Penulis

Kata Kunci:

Keterampilan Kolaborasi, Cooperative Learning, Pembelajaran PAI

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas X SMK Negeri 3 Pamekasan pada mata pelajaran PAI melalui metode pembelajaran Cooperative Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan penilaian kinerja siswa dalam kelompok. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus pertama, siswa mulai menunjukkan peningkatan dalam berkomunikasi dan bekerja sama dalam kelompok. Siklus kedua menunjukkan perkembangan lebih lanjut dalam pengambilan keputusan bersama dan tanggung jawab kolektif. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif untuk melihat perkembangan keterampilan kolaborasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Cooperative Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Kesimpulannya, penerapan metode Cooperative Learning dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas X SMK Negeri 3 Pamekasan pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menyarankan penerapan metode Cooperative Learning secara lebih luas untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa di berbagai mata pelajaran dan tingkat pendidikan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Ali, Ismun. “Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Mubtadiin 7, no. 01 (Januari-Juni, 2021), https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82

Hasanah, Zuriatun. dan Ahmad Shofiyul Himami, “Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa”, IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan 1, no. 1 (April, 2021): 1, https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna.

Nur Nasution, Wahyudin. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing, 2017.

Rizki Ariyanto, Sudirman. dan Supari Muslim, “Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMK Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation”, Jurnal Vokasi Teknik Otomotif 1, no.1 (Maret, 2019): 26, https://www.researchgate.net/publication/340844202.

Sulistio, Andi. dan Nik Haryanti, Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Jawa Tengah: Eureka Media Aksara, 2022.

Sunbanu, Halani Felda. Mawardi, Krisma Widi Wardani, “Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Twostray Di Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu 3, no. 4 (2019), https://jbasic.org/index.php/basicedu

Wijaya, Agus. “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika”, Duniailmu.org 3, no.10 (2023): 2.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Yanto, M., Fatima, S. ., & Ubaidillah, A. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Pamekasan Mata Pelajaran PAI. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 327-332. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/138

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 73

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.