Penerapan Augmented Reality Sebagai Sarana Pembelajaran Laboratorium Di SMK Nazhatut Thullab

Penulis

  • Zeinal Abidin IAIN MADURA Penulis
  • Karimah IAIN Madura Penulis
  • Fina Tamara El-Haris IAIN Madura Penulis

Kata Kunci:

Augmented Reality, Sarana Pembelajaran, Sarana Laboratorium Computer

Abstrak

Artikel ini membahas tentang penerapan augmented reality (AR) sebagai alat pembelajaran di laboratorium komputer SMK Nazhatut Thullab, tujuanya untuk mengeksplorasi potensi AR untuk meningkatkan pengalaman belajar langsung siswa Smk Nazhatut Thullab di lingkungan laboratorium komputer. Metode pengembangan sistem AR didasarkan pada integrasi teknologi computer vision dan grafik 3D untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif. penerapan AR dapat meningkatkan motivasi belajar, memudahkan pemahaman konsep, dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran di laboratorium komputer, hal ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan metode pembelajaran inovatif menggunakan teknologi AR di lingkungan akademik.

 

 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Andani, and Dkk. “Teknologi Augmented Reality Untuk Media Pembelajaran.” Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2024.

Andrian, Dio Rizki, Asrul Huda, and Lativa Mursyida. “Rekayasa Aplikasi Media Pembelajaran Perangkat Komputer Berbasis Augmented Reality Dalam Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMKN 1 Tanjung Raya.” JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 2023, 124–32. https://doi.org/10.24036/javit.v3i3.159.

Kamiana, Agus, Made Windu Antara Kesiman, and Gede Aditra Pradnyana. “Pengembangan Augmented Reality Book Sebagai Media Pembelajaran Virus Berbasis Android.” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) 8, no. 2 (2019): 165. https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18351.

Maryanti, Sri. “Unnes Science Education Journal PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SUPERKELAS PISCES (IKAN) BERBANTUAN PRAKTIKUM VIRTUAL PADA MATA KULIAH ZOOLOGI VERTEBRATA Sri Maryanti .” Unnes Science Education Journal 3, no. 3 (2016): 3–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej.

Meilany, Gina Rahayu. “Membangun Aplikasi Augmented Reality Dengan Unity.” Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera, 2018.

Mustika, M, C G Rampengan, R Sanjaya, and ... “Implementation of Augmented Reality as Interactive Learning Media.” Citec Journal 2, no. 4 (2015): 277–91. http://citec.amikom.ac.id/main/index.php/citec/article/view/55%0Ahttp://citec.amikom.ac.id/main/index.php/citec/article/viewFile/55/55.

Nistrina, Khilda. “Penerapan Augmented Reality Dalam Media Pembelajaran.” Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA 03, no. 01 (2021): 1–6.

Rachmanto, Ariawan Djoko, and M. Sidiq Noval. “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Promosi Universitas Nurtanio Bandung Menggunakan Unity 3D.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi 9, no. 1 (2018): 29–37. http://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jurnalfiki.

Ramadhan, Aditya Fajar, Ade Dwi Putra, and Ade Surahman. “APLIKASI PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY (AR).” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI) 2, no. 2 (2021). https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i2.840.

Tamara El-Haris, Fina, Zeinal Abidin, St Maizah, Abdul Aziz, and Mahfida Inayati. “PEMANFAATAN PENYALURAN SARANA PRASARANA UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DI SMA MA’ARIF 1 PAMEKASAN.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman 13, no. 1 (2024): 84–94. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/hijri/article/view/20405/8263.

Udin, ZailanyAchmad. “PENGENALAN AUGMENTED REALITY UNTUK PEMULA,” 187. Banten: Pascal Book, 2022.

Waruwu, Marinu. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantistatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 1 (2023): 2896–2910.

Wiharto, Aries, and Cahyani Budihartanti. “Aplikasi Mobile Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Komputer Berbasis Android.” Jurnal PROSISKO 4, no. 2 (2017): 17–24. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/387.

Qomariyah, N. Q. N., & Yanto, M. (2024). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perkembangan Tekhnologi: Peran Kurikulum Ramah Anak dan Literasi Artificial Intelligence. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 782-790.

Tamara El-Haris, Fina, Zeinal Abidin, St Maizah, Abdul Aziz, and Mahfida Inayati. PEMANFAATAN PENYALURAN SARANA PRASARANA UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DI SMA MAARIF 1 PAMEKASAN. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman 13, no. 1 (2024): 8494. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/hijri/article/view/20405/8263.

Abidin, Z., & Ratnawati, R. (2024). Manajemen Mutu Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Huda Pragaan Sumenep Di Era 5.0. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 7(1), 96-105.

Riskiyah, E. M., Fariyanti, A., & Abidin, Z. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBANGUN GENERASI UNGGUL DAN ISLAMI MENUJU ERA SOCIETY 5.0. An-Nadzir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01), 1-13.

Abidin, Z., & Maizah, S. (2023). Analisis Pendidikan Bermutu Melalui Tugas dan Kompetensi Supervisor. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(1), 50-57.

Rohman, I., Abidin, Z., maftuhatil Riskiyah, E., & Aziz, A. (2024). Perancangan Sistem Inventarisasi Sarana sebagai Upaya Peningkatan Akreditasi Sekolah di SMAN 5 Pamekasan. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 7(2), 619-628.

Yanto, M., Abidin, Z., & Inayati, M. (2023). Tantangan Pendidikan Agama Islam dan Moderasi Beragama dalam Menghadapi Masyarakat Multikultural. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 252-257.

Abidin, Z., & Inayati, M. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kredibilitas Tenaga Pendidik Melalui Pendekatan Directiv, Non Directiv dan Kolaboratif. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 2(1), 134-140.

Ratnawati, R., Wafi, A., Hadi, S., Nusih, R., & Abidin, Z. (2024). STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI LAYANAN PROGRAM EKSTRAKULIKULER PRAMUKA SMA NEGERI 2 PAMEKASAN. re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 7(1), 96-107.

Arif, S. (2024, May). STRENGTHENING THE IMPLEMENTATION OF NATURAL INTELLIGENCE AND EMOTIONAL INTELLIGENCE IN BUILDING RELIGIOUS MODERATION. In Proceeding International Conference on Islam and Education (ICONIE) (Vol. 3, No. 1, pp. 389-398).

Yanto, M. (2024). Internalisasi Pendidikan Pesantren Berbasis Sintuwu Maroso (Persatuan Yang Kuat) Dalam Membangun Moderasi Beragama. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 269-274.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Abidin, Z., Karimah, & El-Haris, F. T. (2024). Penerapan Augmented Reality Sebagai Sarana Pembelajaran Laboratorium Di SMK Nazhatut Thullab. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 341-347. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/141

Artikel Serupa

1-10 dari 57

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.