Implikasi Strategi Guru Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Terhadap Karakter Baik Siswa Di Madrasah Aliyah Rohani Ikhwanul Muslimin Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai
Kata Kunci:
Strategi Guru, Kedisiplinan, Karakter Baik, Madrasah, Pendidikan Agama IslamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi strategi guru agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan dan karakter baik siswa di madrasah. Dalam konteks pendidikan agama Islam, kedisiplinan dan karakter baik merupakan aspek penting yang berperan dalam membentuk kepribadian siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di beberapa madrasah yang menerapkan berbagai strategi pendidikan. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru, observasi kegiatan pembelajaran, serta analisis dokumen terkait kebijakan dan praktik pendidikan di madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru agama Islam yang efektif meliputi penerapan model teladan, pendekatan motivasional, dan integrasi nilai-nilai Islam dalam kurikulum. Penerapan model teladan, di mana guru menunjukkan sikap disiplin dan akhlak yang baik, memiliki dampak positif terhadap perilaku siswa. Pendekatan motivasional yang melibatkan penghargaan dan umpan balik konstruktif juga berkontribusi pada peningkatan kedisiplinan siswa. Selain itu, integrasi nilai-nilai Islam dalam setiap aspek pembelajaran memperkuat internalisasi karakter baik.
Unduhan
Referensi
, B. (2009). Profesi. Kajian Teori Guru.
Amalia, N., Zubaidah, S., & Murtiyoko, H. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI di SMK STB Depok. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(2), 45–53.
bidin A. (2017). Guru agama islam sebagai pembimbing dan pengayom murid untuk membentuk karakter baik anak (1), 9–15.
Dianti, Y. (2017). Pentingnya dalam menguasai ilmu agama islam dalam perihal pendidikan. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Fanani, A. (2014). Mengurai Kerancuan Istilah Strategi dan Metode Pembelajaran. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 171–192. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.576
Liu, Y. Karakter humanistik Dalam hal pendidikan yang baik dan teukur keilmuannya. Annual Review of Plant Biology, 42(1), 665–700.
Luthfiyah, & Aisyatul, D. (2022). Implikasi Pelaksanaan Zonasi dalam Pemerataan Peserta Didik Baru dan Peningkatan Kualitas Pendidikan. Undergraduate (S1) Thesis, IAIN Kediri., 1–23.
Mengenalkan, D., & Lokal, K. (2019). Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam Volume 4 nomor I, edisi Januari – Juni 2019. 4(1), 95–113.
Mulia, K. (2019). Prof. Dr. Ramayulis , Metodologi Pendidikan Agama Islam , Jakarta, Kalam Mulia, 2005, hlm. 21 1. Metodologi Pendidikan Islam, 1–13.
Murni, D. E. S., & Feriyal. (2023). Dewi+Eka+Stian+Murni. Nautica: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), 1505–1510.
Practice, B., & Building, C. (2014). PRINSIP PE NDIDIKAN KARAKTE R DALAM ISLAM ( Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji ) Agus Setiawan Abstract : Keywords : character building , the thought of Al-Ghazali ’ s and Al-Zarnuji A . PE NDAHULUAN Bangsa Indonesia saat ini . 1, 1–12.
Rizal Masdul, M. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 131–137.
Sari, N., Januar, J., & Anizar, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Sebagai Upaya Mendidik Kedisiplinan Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 78–88. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.107
Sukatin, Nur’aini, Sari, N., Hamidia, U., & Akhiri, K. (2022). Pendidikan Karakter Anak. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 7–13. https://doi.org/10.57251/hij.v2i2.783
Wahidin Unang. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja . Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(No. 02).
Widi, E., Saraswati, P., & Dayakisni, T. (2017). Kedisiplinan Siswa Siswi SMA Ditinjau dari Perilaku Wajib Lima Waktu. Jurnal Psikologi Islam, 4(2), 135–150.
Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 5.09(2), 1185–1230. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/86
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Arif Rezeqy, Sari Atika Parinduri, Muhklis (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.