Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar
Kata Kunci:
Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Sekolah DasarAbstrak
Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Dalam perkembangan anak usia sekolah dasar mempunyai ciri khas tersendiri, kemampuan berpikir anak usia sekolah dasar berkembang secara bertahap. Hal ini perlu dipahami secara bijak agar tercapainya tujuan pendidikan yang sukses. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam di sekolah dasar cukup unik, jika dulu pikiran anak masih imajinatif dan egosentris, maka saat ini pikiran anak sedang berkembang ke arah berpikir konkrit, rasional dan obyektif. Ruang lingkup kajian pendidikan agama Islam adalah Al-Qur’an, agama, akhlak, fikih/ibadah, dan sejarah kebudayaan Islam. Metode pendidikan yang dapat diterapkan adalah metode Al-Quran, yaitu metode amstal, metode qishah, metode ibrah mauidzah, metode hiwar jadali, metode uswah hasanah, dan metode targhib tarhib. Sedangkan pendidikan agama Islam dapat dilakukan secara verbal maupun nonverbal, tertulis maupun tidak tertulis, yang bertujuan untuk mengukur kompetensi intelektual, kompetensi sosial, kompetensi sosial, dan kompetensi spiritual. Dengan demikian, pendidikan agama Islam diharapkan dapat menghasilkan manusia yang selalu berusaha menyempurnakan keimanan, ketakwaan, dan akhlaknya, serta bersemangat membangun peradaban Islam.
Unduhan
Referensi
Al-Syaibany, Omar Muhamad Al-Taomi. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Budiyanti, Nurti, Ahmad Syamsu Rizal, and Elan Sumarna. 2016. “Implikasi Konsep Ūlūl „Ilmi dalam Al-Qur`Ān Terhadap Teori Pendidikan Islam (Studi Analisis Terhadap Sepuluh Tafsīr Mu’Tabarah).” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education.
Darmiah, Darmiah. 2019. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Di Sekolah Lanjutan Menengah Atas Dan Pengaruhnya Terhadap Pembangunan Karakter.” PIONIR: Jurnal Pendidikan 53(9): 1689– 99.
Desmita. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung, Rosdakarya.
Efendi, Saprin, Saiful Akhyar Lubis, and Wahyuddin Nur Nasution. 2018. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd
Negeri 064025 Kecamatan Medan Tuntungan.” EDU RILIGIA Journal Vol 2(No 2): 265–75.
Fakhruddin, Agus. 2014. “Urgensi Pendidikan Nilai Untuk Memecahkan
Problematika Nilai Dalam Konteks Pendidikan Persekolahan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim 12(1): 79–96.
Hartati, Afiatun Sri. 2015. “Dinamika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dasar.” Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan 13(1): 87.
Hartati, Sri. 2017. “Konsep Spiritual Parenting Dengan Pendekatan Konseling Behavioristik Dalam Membentuk Moral Anak Usia Sekolah Dasar.” Http://Ejournal.Stkipbbm.Ac.Id/4(1): 40–52. http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/ 102/99.
Hamalik, Omar. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ismail. 2009. Stratgei Pembelajaran Agama Islam berbasis PAIKEM. Semarang: RASAIL.
Kosim, Nandang. 2015. “Pengembangan Dan Aplikasi Pembelajaran Pai Di Sd.” Qathrunâ 2(2): 121–42.
Majid, Abdul. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nata, Abuddin. 2003. “Manajemen Pendidikan Mengatasi Pendidikan Islam Di Indonesia.” Ilmu Pendidikan.
Rizal, Ahmad Syamsu, and Abstrak. 2014. “Perumusan Tujuan Sebagai Basis Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim.
Sari, Lia Mega. 2019. “Evaluasi Dalam Pendidikan Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9(2): 211.
Sholihah, Zumrotus, and Imam Machali. 2017. “Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Alternatif Sd Sanggar Anak Alam (Salam).” Cendekia 15(2): 226–40.
Shunhaji, Akhmad. 2019. “Agama Dalam Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 1(1): 1–22.
Sofwan Nugraha, M, and Udin Supriadi dan Saepul Anwar. 2014. “Pembelajran Pai Berbasis Media Digital (Studi Deskriptip Terhadap Pembelajaran PAI Di SMA Alfa Centauri Bandung).” Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim 12(1): 55–67.
Sulistyowati, Endang. 2012. “Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar.” Jurnal Al-Bidayah 4(1): 63–76.
Suyadi, S. 2014. “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai)
Di Smk Negeri 1 Lais Kecamatan Lais Kabupaten Musi
Banyuasin.” Conciencia 14(1): 25–47.
Tafsir, Ahmad. 2007. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: PT remaja Rosdakarya.
Tang, Muhammad. 2018. “Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Merespon Era Digital.” Fikrotuna 7(1): 717–40.
Utomo, Khoirul Budi. 2018. “Strategi Dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam MI.” MODELING:Jurnal Program Studi PGMI 5(2): 145–56.
Zuhairini. 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usahan Nasional.
Zulkifli. 2005. Psikologi Perkembangan. Bandung: Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Masti Yanto, Hanifa Azmi Maisaroh (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.