Rekontruksi Konsep Moderasi Beragama: Pencegahan Perilaku Liberalisme Dan Sinkretisme Melalui Narasi Digital Habib Husein Ja’far
Kata Kunci:
Moderasi beragama, liberalisme, sinkretisme, media sosial, Habib Husein Ja'farAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rekonstruksi konsep moderasi beragama yang disampaikan oleh Habib Husein Ja'far melalui konten digital yang berfungsi untuk mencegah perilaku liberalisme dan sinkretisme. Moderasi beragama merupakan fondasi penting dalam kehidupan beragama di Indonesia yang multikultural dan plural. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif analitis, penelitian ini mengeksplorasi video Habib Husein berjudul “Apa Sih Moderasi Beragama Itu?” yang menjelaskan keseimbangan antara sikap yang tidak terlalu ketat (radikal) dan tidak terlalu longgar (liberal) dalam beragama, sesuai dengan prinsip wasatiyyah (pertengahan) dalam Islam. Konten tersebut dapat menjadi sebuah solusi untuk menangkal kesalahpahaman tentang moderasi beragama yang sering beredar di media sosial, di mana moderasi sering disalahartikan sebagai dukungan terhadap liberalisme dan sinkretisme. Melalui analisis ini, penelitian menyimpulkan bahwa narasi moderasi beragama yang tepat dapat mencegah perpecahan sosial dan mempromosikan kerukunan antarumat beragama di Indonesia. Penekanan pada moderasi beragama sangat penting dalam menciptakan harmoni di tengah keragaman keyakinan yang ada.
Unduhan
Referensi
Achfandhy, M. I., Khoirurrijal, K., & Budi, A. (2023). Kontestasi Wacana Moderasi Beragama di Media Sosial. https://repository-penerbitlitnus.co.id/id/eprint/132/
Akbar, F. H., Fasha, F. L., & Abdullah, F. (2024). The Concept of Religious Moderation in a Review of the Qur'an and Hadith: Konsep Moderasi Beragama dalam Tinjauan Qur’an Hadis. Bulletin of Islamic Research, 2(1), 59-80. http://birjournal.com/index.php/bir/article/view/21
Alim, M. S., & Munib, A. (2021). Aktualisasi pendidikan moderasi beragama di madrasah. Jurnal Progress, 9(2), 263-285. https://pdfs.semanticscholar.org/5150/7a071ea8fc428b1a1118b2a891283930b493.pdf
Asshidiqi, A. Q., Muharam, A., Fajrussalam, H., Mustikaati, W., & Ruswan, A. (2023). Analisis Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama di SDIT Cendekia Kabupaten Purwakarta. FOUNDASIA, 14(2), 37-51.https://journal.uny.ac.id/index.php/foundasia/article/view/65063
Effendi, D. (2010). Pembaruan tanpa membongkar tradisi: wacana keagamaan di kalangan generasi muda NU masa kepemimpinan Gus Dur. Penerbit Buku Kompas.
Hamdi, S., Munawarah, M., & Hamidah, H. (2021). Revitalisasi Syiar Moderasi Beragama di Media Sosial: Gaungkan Konten Moderasi untuk Membangun Harmonisasi. Intizar, 27(1), 1-15. https://openrecruitment.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/download/8191/4088
Hasibuan, K. (2023). Moderasi Beragama Berbasis Keluarga. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(11), 4655-4666.
Jannah, M., Putro, K. Z., & Tabiin, A. (2022). Potret Sikap Toleransi Mahasiswa Program Studi PIAUD Dalam Penerapan Moderasi Beragama di IAIN Pekalongan. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 12(1), 107-118. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v12i1.992
Kurniawan, Y. Analisa penggunaan surah al-kâfirûn dan albayyinah dalam buku ajar kelas vii Mts (Kajian atas buku teks pelajaran Al-Qur’an hadis terbitan kemenag ri dan arya duta) (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Syarif Hidayatullah). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46594
Liedfray, Tongkotow, Fonny J. Waani, and Jouke J. Lasut. "Peran Media sosial dalam mempererat interaksi antar keluarga di desa Esandom kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara." Jurnal Ilmiah Society 2.1 (2022).https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/38118
Mailinda, R., Arjuna, A., Patricia, P. R., Indrayani, H., & Ghazali, M. (2022). Moderasi Beragama Kaum Milenial: Studi Pemikiran Habib Husein Ja’far Al-Hadar. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama, 23(2), 142-156. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/15070
Mansur, A., & Saputra, D. M. (2024). Analisis Wacana Nilai Moderasi Beragama: Kajian Ceramah Lisan Habib Husain Jafar AL-Hadar. INSANI: Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan, 2(1), 49-73. https://doi.org/10.70424/insani.v2i1.49-73
Maslan, D. (2023). Harmonisasi Konsep Poligami dengan Prinsip-Prinsip Moderasi Beragama: Refleksi atas Nilai-Nilai Keseimbangan dan Keadilan. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 2(1), 77-92. https://www.j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS/article/view/634
MIMI, S. (2022). PERAN TOKOH AGAMA DALAM PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA BAGI GENERASI MILENNIAL MELALUI MEDIA YOUTUBE(Studi Tokoh Habib Husein Ja’far Al-Hadar) (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri). https://eprints.uinsaizu.ac.id/15578/1/BISMILLAH%20TESIS%20MIMI%20221010.pdf-
Muna, C., & Lestari, P. (2023). Penguatan Agama Dan Wawasan Budaya Sebagai Upaya Dalam Menumbuhkan Spirit Moderasi Beragama. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(1), 236-251. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i1.483
Nafiah, U. (2023). Analisis Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Film “Ajari Aku Islam” Karya Jaymes Riyanto dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Doctoral dissertation, IAIN Kediri). http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/9136
NURFADILAH, S. (2024). DAKWAH DIGITAL MODERASI BERAGAMA HABIB HUSEIN JA’FAR AL-HADAR PADA KONTEN YOUTUBE “LOG IN”. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=ZzeBDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=Algoritma+media+sosial+juga+mendukung+terhadap+echo+chambers+sehingga+hal+tersebut+menjadi+sebuah+informasi+pendukung+lainnya+yang+dapat+menguatkan+kesalahpahaman+terhadap+esensi+praktik+moderasi+beragama+yang+benar.+&ots=vWGqzNbJU8&sig=ZdXKCPznq_Z8jN0HT5wmGlfLQjc
Nuriyati, T., Hafsah, S. J., & Nurfatiha, N. (2023). Pemahaman Moderasi Beragama Dalam Menciptakan Kerukunan Antar Umat Beragama. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2(2), 257-267. https://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/alkifayah/article/view/314
Pasaribu, A. G. (2023). Peran Pendidikan Teologi Berbingkai Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Sikap Toleransi Mahasiswa. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(1), 11-24. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/duta/article/view/783
Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher.
Rohmah, W. (2023). Interaksi Antarumat Beragama dalam Surah Al-Kāfirūn Perspektif Tafsĭr Maqāṣidĭ Abdul Mustaqim (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Madura). http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4284
Rohman, D. A. (2021). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Keislaman Di Indonesia. Lekkas.
Rohman, D. A. (2021). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Keislaman Di Indonesia. Lekkas.
Rustandi, K. A. D. (2022). TAFSIR TOLERANSI DALAM GERAKAN ISLAM DI INDONESIA Analisis Teoritis Tafsir Al Mishbah Karya M. Quraish Shihab dan Analisis Praktis Gerakan Islam di Tasikmalaya. zakimu. com.
Rustandi, R., & Muchtar, K. (2020). Analisis Framing Kontra Narasi Terorisme dan Radikalisme di Media Sosial (Studi Kasus pada Akun@ dutadamaijabar). Komunikatif: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 9(2), 134-153. http://journal.wima.ac.id/index.php/KOMUNIKATIF/article/view/2698
Saragih, J. R. H. (2024). MODERASI DAN HOSPITALITAS (MEMBANGUN MODERASI BERAGAMA DI INDONESIA MELALUI HERMENEUTIKA HOSPITALITAS MARIANNE MOYAERT) (Doctoral dissertation, Universitas Kristen Duta Wacana). https://katalog.ukdw.ac.id/8326/
Satiri, I. (2021). Kritik Al-QurAn terhadap Sinkretisme (Analisis Tentang Sakralisasi Simbol Tauhid) (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta). https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/440/
Shofan, M. (2011). Pluralisme Menyelamatkan agama-agama. Samudra Biru.
Wahab, A. J. (2019). Islam radikal dan moderat diskursus dan kontestasi varian islam Indonesia. Elex Media Komputindo.
Wibisono, M. Y. (2020). Sosiologi Agama. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Yahya, I. (2024). Moderasi Beragama dalam Perspektif Al-Qur’an (Kajian Tafsir Al-Ṭabarī dan Tafsir Al-Munīr) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38190/
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Arinal Haq Fauziah (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.