Literasi Membaca Sebagai Optimalisasi Publik Speaking Santri Pondok Pesantren Miftahul Qulub
Kata Kunci:
Literasi, Membaca, Publik SpeakingAbstrak
Literasi membaca, sebagai fondasi pengetahuan dan pemahaman, dihipotesiskan memiliki kontribusi signifikan terhadap kemampuan santri dalam menyampaikan ide secara efektif dan persuasif di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran literasi membaca dalam mengoptimalkan kemampuan public speaking santri di Pondok Pesantren Miftahul Qulub. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen terkait program literasi dan kegiatan public speaking di pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri yang memiliki tingkat literasi membaca yang baik cenderung lebih percaya diri dan artikulatif dalam presentasi publik. Selain itu, kemampuan kritis dan analitis yang berkembang melalui kegiatan membaca juga memperkaya konten dan struktur pidato mereka. Studi ini menyimpulkan bahwa peningkatan literasi membaca dapat menjadi strategi efektif untuk mengembangkan keterampilan public speaking santri, yang pada akhirnya dapat mendukung pengembangan pribadi dan akademik mereka secara holistik. Rekomendasi diberikan kepada pengelola pesantren untuk meningkatkan program literasi sebagai bagian integral dari kurikulum pendidikan pesantren.
Unduhan
Referensi
Manan, Muhamad Abdul, and Mahmudi Bajuri. "Budaya Literasi di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo." Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 4.2 (2020): 116-123.
Manan, M. A., & Bajuri, M. (2020). Budaya Literasi di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 110-111.
Baidhawy, Zakiyuddin. Pendidikan agama berwawasan Multikultural. Erlangga, 2005.
Saputra, Relly Anjar Vinata Wisnu, S. I. Kom, and M. I. Kom. RETORIKA: Teori dan Teknik Praktis Seni Berbicara di Era Digital. wawasan Ilmu, 2024.
Shidiq, H. Sapiduin. IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM MENANGGULANGI GAYA HIDUP HEDONISME (Studi Kasus di SMA Negeri 29 JAKARTA dan SMK Negeri 59 Jakarta. MS thesis. FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mesra, Romi. "Strategi Pembelajaran Abad 21." (2023).
Marpaung, Fitri Azwani. Pola pembelajaran di Pondok Pesantren Bina Ulama Kisaran. Diss. IAIN Padangsidimpuan, 2012.
Imron, Fatkhul, et al. "Optimalisasi talenta melalui workshop public speaking, content creator dan event marketing." Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4.1 (2023): 164-169.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Masti Yanto, Nuzulul Hikmatul Laily Amsa (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.