Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Film Animasi Hafiz Dan Hafizah Episode Serakah Jadi Masalah (Bagian 1-2)

Penulis

  • Meifa Adinda Erwina Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis
  • Martin Kustati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis
  • Gusmirawati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis
  • Rezki Amelia Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis

Kata Kunci:

Nilai-nilai, pendidikan akhlak, Hafiz dan Hafizah

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi nilai-nilai pendidikan akhlak yang ditemukan dalam episode animasi Hafiz dan Hafizah dengan episode Serakah Jadi Masalah (bagian 1-2). Film ini menceritakan tentang bagaimana dua karakter utama, Hafiz dan Hafizah, menghadapi tantangan moral karena sifat serakah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian analisi konten Data dikumpulkan dengan menonton film dan membaca literatur tentang nilai akhlak dalam pendidikan. Hasil peneltian nilai-nilai pendidikan akhlak yang ditemukan dalam film animasi Hafiza dan Hafizah ini, yaitu nilai pendidikan akhlak mahmudah (terpuji) dan nilai pendidikan akhlak mazmumah (tercela). Nilai pendidikan akhlak mahmudah (tepuji) terdapat pada bagian 1 diantaranya: tolong menolong, menjaga kebersihan. Akhlak mazmumah (tercela), diantaranya: berkelahi sesama teman, rasa malas. Sedangkan nilai pendidikan akhlak mahmudah (terpuji) terdapat pada bagian 2, diantaranya: meminta maaf peduli sesama teman, memberi nasihat kepada kebaikan, Akhlak mazmumah (tercela), diantaranya: tergesa-gesa, egois, serakah, fitnah. Film ini juga memberikan pesan moral yang relevan bagi anak-anak dan menekankan efek negatif dari sifat serakah. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengembangan materi pendidikan akhlak melalui media film animasi.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abadi, R. M. (2021). Konsep pemaafan korban terhadap pelaku dalam sistem hukum islam menurut alquran skripsi.

ADLI, M. U. H. (2022). Kontekstualisasi Ayat Al-Qur’an Tentang Fenomena Ujaran Kebencian Di Media Sosial. Skripsi Fakultas Ushuluddin Institut PTIQ Jakarta. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/762/1/Skripsi Nyata ok - Muh Adli.pdf

Anasri, A. (2019). Membentuk Karakter Dengan Al-Qur’an, Satu Perspektif Pendidikan Islam. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 17(2), 218. https://doi.org/10.24014/af.v17i2.6341

Apriyani, N., Yusuf, M., & Mardan. (2024). KONSEP UKHUWAH DALAM AL-QUR ’ AN. JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN HUMANIORA e-ISSN, 4(2), 77–89.

Awaliyah, N. (2018). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Sa’id Hawwa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 23–38. https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5253

Aziz, R. (2013). Jurnal Diskursus Islam Volume 1 Nomor 2, Agustus 2013. Jurnal Diskursus Islam, 1(3), 421–436.

Dasir, M. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Religius Dalam Materi Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Tingkat SMA/SMK Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Islam, 5–6.

Fathir. (2010). Pengaruh Film kartun Upin dan Ipin terhadap Pemahaman dan Perilaku Keagamaan Anak Usia 6-9 Tahun di TPA Ash-Shofa Kecamatan Tegalsari. IAIN Sunan Ampel, 7(3), 152–164. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Fitry, A., & Satria, R. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Film Iqro: Petualangan Meraih Bintang. An-Nuha, 2(3), 572–586. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i3.204

Habibah, S. (2015). AKHLAK DAN ETIKA DALAM ISLAM. JURNAL PESONA DASAR, 1(4), 73–87. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i4.1074

Harahap, R. R., & Hendra, T. (2022). Pesan Dakwah dalam Film Rentang Kisah (Analisis Semiotika Roland Barthes). Journal of Da’wah, 1(2), 209–236. https://doi.org/10.32939/jd.v1i2.1514

Hardiansyah, F., Budiyono, F., & Wahdian, A. (2021). Penerapan Nilai-nilai Ketuhanan Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6318–6329. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1762

Hidayat, R. A., Askamilati, P. R., Wijayanti, S. N., Salsabila, S. D., Sufa, S. V., Faizin, S. P., Wulandari, P. N., Sari, R. Y., Rizki, M., |Muhammad, S. I. M., Ismariy, M. N. K. Al, Noorhawa, T., Fatmawati, A., Saputri, N. A., & Yulianti, V. I. (2024). BOOK CHAPTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.

HM, Manizar, E. (2017). OPTIMALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH Abstrak. Tadrib, 3(2)(1), 251–277.

Idris, M. (2018). Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Pendidikan Islam Dan Thomas Lickona, Perspektif Prodi Manajemen Pendidikan Islam Volume VII Nomor, Jurnal, VII(September 2018). https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/2661828/kronologi-tawuran-bocah-sd-

Indana, N. (2018). Tela’Ah Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Pada Kisah Sayyidati Khadijah Istri Rasulullah. Dar 2l-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 123–144.

L. Sholehuddin. (2021). Ekologi dan Kerusakan Lingkungan dalam Persepektif Al-Qur’an. Jurnal Al-Fanar, 4(2), 113–134. https://doi.org/10.33511/alfanar.v4n2.113-134

M. Rahmawan Arifin. (2021). Spiritualitas Kaum Urban. In CV. Gerbang Media Aksara.

RINA, R. P., & Sari Fitra. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Film Animasi Riko the Series Karya Garis Sepuluh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama, 1(2), 64–72. https://doi.org/10.59024/jipa.v1i2.147

Rizky, P. A., & Soim, S. (2024). Implementasi Algoritma Kriptografi AES CBC Untuk Keamanan Komunikasi Data Pada Hardware. 3(1), 71–78.

Rosidin, N. Al. (2019). NILAI – NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KESENIAN REYOG PONOROGO. Jurnal Al Adabiya, 14(2), 195–215.

Sari, S. S., & Alfatah, A. I. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Perspektif Syekh Ahmad Al-Marzuki Dalam Kitab Aqidatul Awam. Jurnal Islam Nusantara, 5(1), 102. https://doi.org/10.33852/jurnalnu.v5i1.243

Suharni, S. (2015). Westernisasi Sebagai Problema Pendidikan Era Modern. Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 1(1), 73–88. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v1i1.255

Suparlan, S., & Munawirsazali, M. (2023). Makna Al-Malik Al-Quddus Dan Apklikasinya Dalam Kehidupan Sosial. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 190–200. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v6i2.3306

Utami, Pebbilia, Melza, Nengsi Oktari, U. P. S. (2024). TANTANGAN DALAM PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN SOSIAL. ΑPediaqu:Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(2), 2964–7142.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Erwina, M. A., Kustati, M. ., Gusmirawati, & Amelia, R. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Film Animasi Hafiz Dan Hafizah Episode Serakah Jadi Masalah (Bagian 1-2). At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 410-427. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/161

Artikel Serupa

1-10 dari 107

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.