Implementasi Media Pembelajaran Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Islam Al Muttaqin Sawahlunto

Penulis

  • Melvi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis
  • Martin Kustati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis
  • Rezki Amelia Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis
  • Gusmirawati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis

Kata Kunci:

Wordwall, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi media pembelajaran berbasis Wordwall dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Islam Al Muttaqin, Sawahlunto. Wordwall sebagai media pembelajaran interaktif menawarkan berbagai bentuk kuis, permainan, dan aktivitas pembelajaran yang menarik dan mudah diakses oleh siswa, sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat dan semangat mereka dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket, yang melibatkan guru PAI dan siswa sebagai subjek penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk memahami dampak implementasi media Wordwall terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa terlihat lebih antusias dan terlibat aktif dalam pembelajaran, serta menunjukkan peningkatan pemahaman materi pelajaran PAI. Penggunaan Wordwall juga memudahkan guru dalam menyampaikan materi secara variatif dan interaktif, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan efektif. Temuan ini mengindikasikan bahwa Wordwall dapat menjadi salah satu solusi inovatif dalam pembelajaran PAI di tingkat sekolah dasar, khususnya dalam menarik minat belajar siswa. Kesimpulannya, implementasi Wordwall sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan memberikan dampak positif terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Al Muttaqin, Sawahlunto

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Arini, A. D., Setiyaningtiyas, A. N., Ningtyas, A., Nappa, A. S., Kokomaking, A. J., Iftitah, A. N., & Sukriono, D. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Melalui Aplikasi Wordwall Pada Kelas Vii A Smpn 8 Malang. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(6), 10–10.

Azhari, S. P., & Achadi, M. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Kuliah Pai Di Universitas Sumatera Utara. Iq (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 289–302.

Kaltsum, H. U., Wulandari, A. S. M., Fadillah, R., Fauzy, I., Khotimah, N. A., Ayu, D. P., Mahya, Y. M. Z., & Qonita, F. R. (2024). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Lumio Dan Wordwall Bagi Guru Sdn 03 Makamhaji, Sukoharjo. Tintamas: Jurnal Pengabdian Indonesia Emas, 1(1), 38–48.

Kusnadi, E., & Azzahra, S. A. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Ma Al Ikhlash Padakembang Tasikmalaya. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 323–339.

Maria, F. L., Sholeh, M., Masykur, M., Rachmawati, W., Wulandari, Y., Salsabila, K., & Arman, D. M. (2024). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 917–924.

Naturrohmah, I. I., Ramdaniah, D. N., Masrofah, L. W., & Setiadi, Y. (N.D.). Problematika Kesulitan Belajar Siswa Kelas 7 Pada Mata Pelajaran Pendididkan Agama Islam Di Smp It Addzimat Da’i Indonesia. Retrieved October 31, 2024, From Https://Pdfs.Semanticscholar.Org/319d/3a410e1d6ef171c42d32e9b91d33029d0d3a.Pdf

Rika, R., Rachmadani, J., Nuran, A. A., Ariatna, A., & Arnita, A. (2024). Pendampingan Dan Pelatihan Media Ajar Interaktif Wordwall Berbasis Literasi Numerasi Di Sdn 105290 Desa Kolam, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang. Jurnal Pengabdian Mandiri, 3(9), 833–842.

Safitri, A. O., & Mustofa, T. A. (2025). Strategi Pembelajaran Efektif Guru Pai Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Di Smpn 3 Grogol. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 254–262.

Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). Studi Literatur: Upaya Dan Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jgk Jurnal, 8(1), 9–26.

Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184.

Syarovina, A., Setyawan, A., Widayati, S., & Nourhansah, Z. (2024). Analisis Faktor Penyebab Kurangnya Minat Belajar Siswa Kelas Iv. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 3(1), 36–49.

Yanwari, R. S., & Ramdhani, D. (2024). Problematika Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(5), 3089–3095.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Melvi, Kustati, M., Amelia, R. ., & Gusmirawati. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Islam Al Muttaqin Sawahlunto. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 428-433. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/162

Artikel Serupa

1-10 dari 102

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.