Bimbingan Belajar Pengenalan Huruf Hijaiyah Dengan Metode Talaqqi Kepada Anak di Bawah Umur 10 Tahun Di Desa Pulau Nelayan Sebrang
Kata Kunci:
Talaqqi, Huruf Hijaiyah, Pendidikan Islam, Motivasi Belajar, Literasi DasarAbstrak
Penelitian ini mengeksplorasi seberapa baik anak-anak di Desa Pulau Nelayan Sebrang mempelajari huruf Hijaiyah dengan menggunakan metode Talaqqi. Pendekatan Talaqqi, yang mengutamakan komunikasi tatap muka antara pendidik dan peserta didik, dipilih karena metode ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan antusiasme dan keterlibatan siswa-khususnya di daerah terpencil di mana kesempatan pendidikan sangat langka. Meskipun metode ini telah digunakan secara luas dalam tradisi pendidikan Islam, masih sedikit data mengenai keampuhannya dalam situasi kontemporer. Dengan menggunakan desain studi kasus dan metodologi kualitatif, penelitian ini mencakup wawancara mendalam selama tiga bulan dan pengamatan langsung terhadap orang tua, pengajar, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antusiasme siswa untuk belajar meningkat dan bahwa pendekatan Talaqqi secara signifikan meningkatkan kemampuan mereka untuk mengenali huruf Hijaiyah. Kesimpulannya, meskipun persiapan guru dan bantuan sumber daya diperlukan untuk keberlanjutan, teknik Talaqqi dapat menjadi pengganti yang berguna untuk meningkatkan literasi dasar di tempat-tempat dengan sumber daya yang terbatas.
Unduhan
Referensi
Alivia Vanya, A., Azqia Fauzi, N., Putri Nova, W., & Amrillah, R. (2024). PERAN STRATEGIS LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MODERN DENGAN MENJEMBATANI TRADISI INOVASI. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 3(2), 48–55. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/relinesia
Ardhi, A. S., & Warmansyah, J. (2023). OPTIMALISASI HAFALAN AL-QUR’AN ANAK USIA DINI: STUDI PENERAPAN METODE TALAQQI DI MDTA MASJID ISTIGHFAR KOTO TUO, LIMAPULUH KOTA. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 6(2), 2715–1913. https://doi.org/10.31539/joeai.v6i2.7115
Fajriati, K. M., Lestari, D. P. I., Rahayu, A. E., & Wardani, I. K. (2022). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga dan Masyarakat: Sebuah Studi Literatur. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 118–125.
Fauziah, H. (2018). UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS I MI. Elementary, 4.
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Mahdi, I., & Ridha, M. R. (2024). Implementasi Metode Talaqqi ) Dalam Menghafal Qur’an Anak Usia Dini (Study Kasus Tahfizh Anak Usia Dini Al Kautsar Grabag). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 51–60. https://journal.salahuddinal-ayyubi.com/index.php/ALJPAI/ARTICLEPROCESSINGCHARGER
Nasution, F., Hasibuan, I. W., Hati, J., Siregar, H., & Hasibuan, N. S. (2024). Motivasi, Pengajaran, dan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(12), 870–876. https://doi.org/10.5281/zenodo.10467151
Rahmad, W. B., & Kibtiyah, A. (2022). PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS, DISIPLIN DAN TANGGUNGJAWAB MELALUI KEGIATAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SD ISLAM ROUSHON FIKR JOMBANG. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(2).
Sofyan Alnashr, M. (2019). PENILAIAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB ANAK KELAS RENDAH MADRASAH IBTIDAIYAH DI KABUPATEN PATI. Elementary, 7(1), 149.
Somayana, W. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3).
Widiastuti, N. L. G. K. (2019). KARAKTERISTIK DAN MODEL LAYANAN PENDIDIKAN BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra.
Yusuf Zulfikar, M., & Azzahro, S. (2024). Penerapan Metode Talaqqi dalam Program Tahfidz Anak Usia Dini di Rumah Tahfidz Desa Beji. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2). https://jurnaldidaktika.org
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rony Zulfirman, Martin Kustanti, Rezki Amelia, Gusmirawati (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.