Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Fiqih Berbasis Multimedia Kelas VII MTs Islamiyah Palangkaraya

Penulis

  • Miftahul Rahmah IAIN Palangka Raya Penulis
  • Misbah IAIN Palangka Raya Penulis
  • Abdul Azis IAIN Palangka Raya Penulis

Kata Kunci:

Pengembangan, Bahan Ajar Multimedia, Materi Fikih

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VII MTs Islamiyah Palangka Raya dalam proses pembelajaran fikih materi sholat dan thaharah, khususnya kemampuan kognitif dengan pengembangan bahan ajar sebagai sumber belajar kepada siswa dan guru agar dapat mempermudah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pengembangan bahan ajar bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pembelajaran melalui multimedia interaktif. Ini merupakan inovasi terbaru dalam teknologi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif, pola pikir, kemauan belajar, dan perhatian siswa demi hasil pembelajaran yang lebih baik. Dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Pengembangan. Penerapan pengembangan bahan ajar telah terbukti meningkatkan kemampuan kognitif dalam pembelajaran fikih materi sholat dan thaharah. Hasil dari pengembangan bahan ajar ini dapat diterapkan dalam pembuatan media pembelajaran untuk mendukung proses belajar mengajar di MTs Islamiyah Palangka Raya. Jadi simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan bahan ajar pembelajaran fikih materi sholat dan thaharah berbasis Multimedia Interaktif dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VII MTs Islamiyah Palangka Raya, terutama dalam kemampuan kognitif.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Afifah, M. S. A. M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Fiqih Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Putri Ma’arif Ponorogo. Social Science Academic, 1(1), 177-184.

Alim, S. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Macromedia Flash dalam Fiqih Islam Materi Pokok Sholat dan Zakat. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 38-59.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.

Faujianor, A., Ningsih, S. H., Safitri, N., & Aziz, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Bagan dan Audio Berbasis Multimodal Solusi Mengatasi Kendala Keterbatasan Teknologi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(02), 399-409.

Guswari, I., Badiran, M., & Panjaitan, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Pembelajaran Pada Kompetensi Bagian-Bagian Busana. Jurnal TIK dalam Pendidikan, 6(2), 130-142.

Mu’asholi, M. E. A. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas Viii Di Mtsn 3 Banyuwangi.

Rachma, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran berbasis video simulasi mengajar keterampilan memberikan reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 506-516.

Sulistyo, A. C., & Mustofa, T. A. (2024). Efektivitas Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Pembelajaran Fiqih di SMP Muhammadiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1797-1808.

Trinaldi, A., Bambang, S. E. M., Afriani, M., Rahma, F. A., & Rustam, R. (2022). Analisis Kebutuhan Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Infomasi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9304-9314.

Zarkasi, Z., & Taufik, A. (2019). Implementasi Pembelajaran Fikih Berbasis Multimedia Interaktif Macro-Enabled untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 7(2), 187-206.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Rahmah, M., Misbah, & Azis, A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Fiqih Berbasis Multimedia Kelas VII MTs Islamiyah Palangkaraya. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 444-454. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/166

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 61

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.