Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Materi Akhlak Terpuji Kepada Diri Sendiri

Penulis

  • Pita Loka IAIN Palangka Raya Penulis
  • Melta Ayunitha IAIN Palangka Raya Penulis
  • Ridho Akbar IAIN Palangka Raya Penulis
  • Abdul Azis IAIN Palangka Raya Penulis

Kata Kunci:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Akhlak Terpuji

Abstrak

Penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini didasari oleh kebutuhan akan media pembelajaran digital yang masih minim digunakan pada pembelajaran Akidah Akhlak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kelayakan media yang dikembangkan agar dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak di kelas IX MTs Islamiyah Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian untuk menguji kelayakan media, yaitu instrumen validasi ahli media, instrumen validasi ahli materi, angket guru dan siswa. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa kelayakan media berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh skor 77% dengan kriteria baik. Sementara itu, hasil validasi dari ahli materi diperoleh skor 83% dengan kriteria sangat baik. Selanjutnya, hasil angket guru diperoleh skor 77% dengan kriteria baik. Sedangkan hasil angket siswa diperoleh skor 87% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulannya, media pembelajaran berbasis multimedia interaktif sangat baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada materi Akhlak Terpuji Kepada Diri Sendiri di kelas IX MTs Islamiyah Palangka Raya.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Rahmawati, F., Studi, P., Matematika, P., & Magelang, U. T. (2021). Analisis antusiasme siswa dalam evaluasi belajar menggunakan platform quizizz. 3(1), 1–17. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17

Azis, A. (2023). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis IT (Andriyanto (ed.)). LP2M IAIN Palangka Raya Press.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal UIN, 1(1), 28–37.

Marwah, M., Alfian, M., Tuasikal, A. R., Iswandi, K., & Trisnawati, T. (2024). Desain dan Produksi Media Pembelajaran PAI Berbasis Mutimedia Interaktif. JIEP: Journal of Islamic Education Papua, 1(2), 143–160.

Prayitno, E., Kurniawati, D., & Arvianto, I. R. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Seminar Nasional Konsorsium Untag Se Indonesia, 401–414.

Rustamana, A., Hasna Sahl, K., Ardianti, D., Hisyam, A., Solihin, S., Sultan, U., Tirtayasa, A., Raya, J., No, C., & Banten, S. (2024). Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dalam Pendidikan. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra, 2(3), 60–69.

Sibuea, P., Hafis, B., Sari, D., Koto, M. K., Rahman, N. A., Naibaho, P. R., Susanti, R., & Riadi, S. (2024). Pengembangan Multimedia dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2920–2928.

Sujono. (2022). Mengembangkan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 20(1), 25–42. https://doi.org/10.37216/tadib.v20i1.538

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Loka, P., Ayunitha, M., Akbar, R., & Azis, A. . (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Materi Akhlak Terpuji Kepada Diri Sendiri. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 455-461. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/167

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 73

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.