Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Humanistik Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
Kata Kunci:
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Pendekatan Humanistik, Anak Berkebutuhan KhususAbstrak
Program pendidikan integratif saat ini adalah sekolah biasa yang menerima anak berkebutuhan khusus dan memiliki guru, kegiatan belajar anak, dan kurikulum pengajaran.Tujuannya adalah untuk mendidik ABK secara bersamaan dengan siswa biasa untuk memaksimalkan potensi mereka dalam satu jenis pembelajaran. Untuk meningkatkan segala aspek yang ada, nilai-nilai agama harus ditanamkan dengan nilai kemanusiaan (humanistik). Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penelitian mengumpulkan data melalui studi literatur atau riset perpustakaan (Library Research) yang dikumpulkan dari berbagai sumber.Strategi pelayanan penyelenggaraan pendidikan melalui pendidikan inklusif, di mana ABK mendapatkan layanan dan perhatian di lingkungan sekolah dengan siswa reguler, dengan kualitas, dan sesuai kemampuan mereka. Selain itu, pendidikan inklusif mengajarkan anak-anak untuk benar-benar memiliki kemampuan sosial dan emosional. Dengan cara ini, anak-anak biasa dapat belajar menghargai kekurangan mereka.Pendekatan humanistik efektif untuk dapat digunakan untuk melakukan proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Hal ini disebabkan fakta bahwa pendekatan humanistik dapat membantu anak berkebutuhan khusus dalam hal perkembangan mental dan pembelajaran.
Unduhan
Referensi
BAHARUDDIN. (2007). PENDIDIKAN HUMANISTIK. Ar-Ruzz Media.
Bill Huit. (2020). PENDEKATAN PENGAJARAN HUMANISTIK. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu …, Vol.5 No.2.
CNNI Indonesia. (2020). Satu Juta Anak Berkebutuhan Khusus tidak bisa sekolah. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20170829083026-20-237997/satu-juta-anak berkebutuhan%0Akhusus-tak-bisa-sekolah
Daryanto. (2019). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif,. AV PUBLISHER.
Irhandayaningsih, A. (2012). Kajian Filosofis Terhadap Multikulturalisme Indonesia. Jurnal Humanika, Vol. 15.
Lexy, J. M. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nur’aeni. (2017). Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. UM Purwokerto Press.
Qomarudin, M., & Pd, M. (2019). Model Pengembangan Kurikulum PAI Multikultural. Penerbit Cendikian.
Sofy Ariany hasan, M. M. H. (2019). ”Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Diri Siswa Tuna Rungu di Sekolah Inklusi”. Urnal Psikologi Pendidikan Dan PerkembanganFakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya, Vol.3 No.2.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Undang-Undang. (2009). UU Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003). Sinar Grafika.
Wahyuddin. (2016). Fungsi Pendidikan Islam Dalam Hidup dan Kehidupan Manusia. JURNAL UIN ALAUDDIN, Vol.5 No 2.
Zaenal Abidin. (2016). Menanamkan Konsep Multikulturalisme di Indonesia. Jurnal Dinamika Global, Vol 1, No., 37–38.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Zein Damanik, Indah Irawati, Kesuma Putri (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.