Inovasi Administrasi Peserta Didik Dalam Era Society 5.0
Kata Kunci:
Administrasi Pendidikan, Teknologi, Society 5.0, InovasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi teknologi dalam meningkatkan efisiensi dan akurasi administrasi peserta didik di era Society 5.0, serta mengeksplorasi inovasi dalam pengelolaan data siswa dengan memanfaatkan teknologi terkini. Dengan mengoptimalkan penggunaan perangkat lunak dan sistem manajemen, penelitian ini mengidentifikasi berbagai inovasi teknologi, termasuk kecerdasan buatan (AI), yang dapat secara signifikan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tugas-tugas administratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi ini tidak hanya meningkatkan akurasi data dan memfasilitasi pengambilan keputusan yang lebih baik, tetapi juga memungkinkan tenaga pendidik untuk lebih fokus pada kegiatan pembelajaran yang bernilai tambah. Dengan mengotomatiskan proses-proses yang berulang dan menyediakan akses real-time ke data siswa, implementasi teknologi dalam administrasi peserta didik diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan dan menghasilkan model administrasi yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan siswa di era digital.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (1988). Penilaian Program Pendidikan. Bina Aksara.
Arraniri, I., Purba, S., Kussanti, D. P., Lisnawati, T., Kurniawan, A., Putri, Y. D. S., ...& Nurislamiah, M.(2021). Tantangan Pendidikan Indonesia Di Masa Depan. Penerbit Insania.
Cindy, A. H., & Aisyah, V. P. (2024). PENERAPAN MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA SEKOLAHMENENGAH ATAS. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 135-150.
Deniyati, N. (2017). Manajemen Rekrutmen Peserta Didik. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 2(2).
Diah Hidayati, M. M. (2022). Sistem Informasi Pendidikan Dan Transformasi Digital. UAD PRESS.
Duryat, H. M. (2021). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam Di Institusi Yang Bermutu Dan Berdaya Saing. Penerbit Alfabeta.
Fitri, D. Z. (2020). Pengertian Administrasi Peserta Didik, Proses Administrasi Peserta Didik, Instrumen Administrasi Peserta Didik (Manual & Elektronik), Dan Peran Guru Dalam Administrasi Peserta Didik.
Hartatik, H., Rukmana, A. Y., Efitra, E., Mukhlis, I. R., Aksenta, A., Ratnaningrum, L. P. R. A., & Efdison, Z. (2023). TREN TECHNOPRENEURSHIP: Strategi & Inovasi Pengembangan Bisnis Kekinian Dengan Teknologi Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Jeflin, H., & Afriansyah, H. (2020). Pengertian Administrasi Peserta Didik, Poses Administrasi Peserta Didik, Instrumen Administrasi Peserta Didik (Manual & Elektronik) Dan Peran Guru Dalam Administrasi Peserta Didik.
Jusuf, E., Tiong, P., Baharuddin, S. M., & Soemaryo, P. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pradina Pustaka.
Khoirudin, A., Khoiri, N., Fahreza, R. B., & Nisa, I. F. (2023). Manajemen Sekolah Di Era Society 5.0 Dalam Meningkatkan Kualitas Dan Produktivitas Sumber Daya Manusia. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 222-240.
Munir, M., & Su’ada, I. Z. (2024). Manajemen Pendidikan Islam Di Era Digital: Transformasi Dan Tantangan Implementasi Teknologi Pendidikan. JIEM: Journal Of Islamic Education And Management, 5(1), 1- 13.
MS, A. G. (1992). Dasar-Dasar Administrasi Dan Supervisi Pendidikan.
Nst, F. N. A., Aprilinda, D., & Budiman, A. P. (2021). Urgensitas Manajemen Pendidikan Islam Pada Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(08), 1320-1331.
Nurhayati, A., Riyanto, R., & Rif’an, M. (2022). Memaksimalkan Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Ponorogo. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 18(1), 113-127.
Pustikayasa, I. M., Permana, I., Kadir, F., Zebua, R. S. Y., Karuru, P., Husnita, L., ...& Suryani, I. (2023). TRANSFORMASI PENDIDIKAN: Panduan Praktis Teknologi Di Ruang Belajar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Putra, L. D., Fauzan, A. M., Utami, I. P., & Sari, A. A. W. (2024). EKSPLORASI AI DI SEKOLAH DASAR: IMPLIKASI UNTUK ADMINISTRASI, PENDIDIKAN DAN EVALUASI. Jurnal Kajian Ilmiah Multidisipliner, 8(8).
Rahmah, S. (2016). Modernisasi Dayah (Studi Kasus Di Dayah Modern Yayasan Pendidikan Arun Lhokseumawe) (Doctoral Dissertation, Pascasarjana UIN Sumatera Utara).
Sabil, Y. H. (2023). Sistem Informasi Administrasi Keuangan Berbasis Web Di Madrasah Diniyah Persis Tarogong (Doctoral Dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Sari, A. A., Nuromliah, H. S., Marlinda, S., & Marini, A. (2024). Tantangan Dan Peluang Implementasi Teknologi Dalam Manajemen Pendidikan Di Era Digital. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(6), 196-204
Setiawan, Z., Judijanto, L., Azizah, I. S., Heirunissa, H., Islami, V., Suprayitno, D., ...& Noorzaman, S. (2024). Pengantar Administrasi Bisnis: Teori Komprehensif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi Teknologi Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru Di Era Digital. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104-126
Soegiarto, I., Hasnah, S., Annas, A. N., Sundari, S., & Dhaniswara, E. (2023). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Artificial Intelligences (AI) Pada Sekolah Kedinasan Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5. O. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 10546-10555.
Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi Dalam Pembelajaran Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Bagi Dunia Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473-480.
Suryosubroto, B. (2004). Pengantar Administrasi Di Sekolah. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Sutisna, O. (1991). Studi Pengembangan Pendidikan Profesional Tenaga Kependidikan. Bandung: Angkasa.
Taruklimbong, E. S. W., & Sihotang, H. (2023). Peluang Dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26745-26757.
Trisnawati, S. N. I., Wahyudi, M., Hirawati, H., & Marasabessy, S. (2024). DASAR–DASAR ADMINISTRASI PENDIDIKAN. Penerbit Tahta Media.
Turnip, H., Situmeang, R., Sianipar, S., & Harahap, T. N. (2022). Administrasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 1(4), 223-229.
Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran Yang Inovatif Dan Efektif. Tiram Media.
Yani, J., & Srimulat, F. E. (2023). Administrasi Pendidikan. CV. Tatakata Grafika.
Zuhri Dwi Apriansah, Z., Yusro, N., & Purnama Sari, D. (2024). Strategi Pembelajaran PAI Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di SMP Kreatif Aisyiyah Rejang Lebong (Doctoral Dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nurul Melani Haifa, Fauziah Gafur, Syukrina Kamilah, Rully Hidayatullah, Harmonedi Hidayatullah (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.