Pendidikan Islam Di Indonesia (Model Pesantren Dan Madrasah)

Penulis

  • Rouf Tamim UIN Raden Intan Lampung Penulis

Kata Kunci:

Pendidikan Islam, Pesantren, Madrasah, Karakter, Kurikulum, Tantangan, Modernisasi.

Abstrak

Pendidikan Islam di Indonesia memiliki peran penting dalam membentuk moral dan intelektual masyarakat. Dua model utama yang berkembang adalah pesantren dan madrasah. Pesantren merupakan lembaga pendidikan tradisional yang menekankan pembelajaran agama Islam secara mendalam, dengan fokus pada pembentukan karakter dan spiritualitas. Di sisi lain, madrasah mengintegrasikan pendidikan agama dengan kurikulum umum, sehingga menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia modern tanpa kehilangan identitas keislaman. Artikel ini membahas sejarah, peran, serta tantangan yang dihadapi kedua model pendidikan tersebut dalam menjawab kebutuhan masyarakat kontemporer. Kajian ini menunjukkan bahwa pesantren dan madrasah saling melengkapi dalam menciptakan generasi yang beriman, berilmu, dan berdaya saing.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abdurrahman Wahid. 2001. Menggerakkan Tradisi. Yogyakarta: LKiS

Abudin Nata. 2004. Sejarah Pendidikan Islam, Sejarah Pendidikan Islam Pada Periode Klasik Dan Pertengahan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Ainurrafiq Dawam, Ahmad Ta’rifin. 2005. Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren. Yogyakarta: Listafariska Putra

Amin Haedari, dkk. 2004. Masa Depan Pesantren : Dalam Tantangan Modernitas Dan Tantangan Kompleksitas Global. Jakarta: IRD Press

Departemen Agama RI. 2003. Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah: Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta: Direktur Jenderal Kelembagaan AgamaIslam

Hasbullah. 1999. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Lembaga Studi Islam dan Kemasyarakatan LKIS

Jamal Ma’mur Asmani. 2013. Kiat Melahirkan Madrasah Unggulan. Jogjakarta: Diva Press

Martin van Bruinessen. 1999. Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat, Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia. Bandung: Mizan

Marwan Saridjo. 1982. Sejarah Pondok Pesantren di Indonesia. Jakarta: Dharma Bhakti

Muhaimin. 2003. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam: Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum, Hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan. Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia

Rahmat. Pondok Pesantren Sebagai lembaga Pendidikan Islam, (online: blog.re.or.id)

Saifuddin Zuhri. 1979. Sejarah Kebangkitan Islam dan Perkembangannya di Indonesia Bandung: al-Ma’arif Bandung

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Tamim , R. (2024). Pendidikan Islam Di Indonesia (Model Pesantren Dan Madrasah). At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 476-493. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/175

Artikel Serupa

1-10 dari 96

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.