Pendidikan Islam Di Indonesia (Model Pesantren Dan Madrasah)
Kata Kunci:
Pendidikan Islam, Pesantren, Madrasah, Karakter, Kurikulum, Tantangan, Modernisasi.Abstrak
Pendidikan Islam di Indonesia memiliki peran penting dalam membentuk moral dan intelektual masyarakat. Dua model utama yang berkembang adalah pesantren dan madrasah. Pesantren merupakan lembaga pendidikan tradisional yang menekankan pembelajaran agama Islam secara mendalam, dengan fokus pada pembentukan karakter dan spiritualitas. Di sisi lain, madrasah mengintegrasikan pendidikan agama dengan kurikulum umum, sehingga menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia modern tanpa kehilangan identitas keislaman. Artikel ini membahas sejarah, peran, serta tantangan yang dihadapi kedua model pendidikan tersebut dalam menjawab kebutuhan masyarakat kontemporer. Kajian ini menunjukkan bahwa pesantren dan madrasah saling melengkapi dalam menciptakan generasi yang beriman, berilmu, dan berdaya saing.
Unduhan
Referensi
Abdurrahman Wahid. 2001. Menggerakkan Tradisi. Yogyakarta: LKiS
Abudin Nata. 2004. Sejarah Pendidikan Islam, Sejarah Pendidikan Islam Pada Periode Klasik Dan Pertengahan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Ainurrafiq Dawam, Ahmad Ta’rifin. 2005. Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren. Yogyakarta: Listafariska Putra
Amin Haedari, dkk. 2004. Masa Depan Pesantren : Dalam Tantangan Modernitas Dan Tantangan Kompleksitas Global. Jakarta: IRD Press
Departemen Agama RI. 2003. Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah: Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta: Direktur Jenderal Kelembagaan AgamaIslam
Hasbullah. 1999. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Lembaga Studi Islam dan Kemasyarakatan LKIS
Jamal Ma’mur Asmani. 2013. Kiat Melahirkan Madrasah Unggulan. Jogjakarta: Diva Press
Martin van Bruinessen. 1999. Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat, Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia. Bandung: Mizan
Marwan Saridjo. 1982. Sejarah Pondok Pesantren di Indonesia. Jakarta: Dharma Bhakti
Muhaimin. 2003. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam: Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum, Hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan. Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia
Rahmat. Pondok Pesantren Sebagai lembaga Pendidikan Islam, (online: blog.re.or.id)
Saifuddin Zuhri. 1979. Sejarah Kebangkitan Islam dan Perkembangannya di Indonesia Bandung: al-Ma’arif Bandung
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rouf Tamim (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.