Evaluasi Pengembangan Materi Pembelajaran PAI
Kata Kunci:
Evaluasi, Pengembangan, Materi, PAIAbstrak
Tujuan dari penelitian untuk mengevaluasi pengembangan materi pembelajaran PAI yang ditemukan dalam penelitian ini. Pendidikan agama Islam (PAI) memiliki peranan strategis dalam membentuk karakter peserta didik yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia, sekaligus relevan menghadapi tantangan era modern. Materi pembelajaran PAI perlu dikembangkan secara dinamis dengan pendekatan interaktif yang mengintegrasikan teknologi untuk memenuhi kebutuhan siswa. Pendekatan saintifik dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya dimensi kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam pembelajaran. Evaluasi yang berbasis prinsip pendidikan Islam, baik secara formatif, sumatif, maupun diagnostik, bertujuan untuk memastikan materi pembelajaran mendukung pengembangan karakter siswa secara holistik. Metode ini menggunakan metode kepustakaan (library research) dengan menganalisis berbagai sumber tertulis, seperti buku, jurnal, dan dokumen akademik. Data dikumpulkan melalui studi literatur yang relevan untuk memahami konsep, teori, dan praktik evaluasi materi PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi yang dirancang secara terencana dapat menjadi alat diagnostik untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan materi, sehingga memungkinkan pengembangan yang lebih baik. Dengan evaluasi yang berorientasi pada kebutuhan siswa dan tantangan zaman, pengembangan materi PAI diharapkan dapat mencetak generasi yang unggul secara akademik dan memiliki karakter Islami yang kokoh.
Unduhan
Referensi
Achjar, K. A. H., Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., & Abadi, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 43–52.
Diani, P., & Rapono, M. (2024). Adaptasi guru pendidikan agama islam terhadap kurikulum merdeka: Studi kasus di sekolah menengah atas. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 746–756.
Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Dinamika Sosial Dalam Proses Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Pendidikan Islam. Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(2), 45–67.
Erni, M. (2020). Model Pembelajaran CIPS (Creative, Idependent Problem Solving). PT. Raja Grafindo Persada.
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep merdeka belajar pendidikan Indonesia dalam perspektif filsafat progresivisme. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155–164.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.
Junita, E. R., Karolina, A., & Idris, M. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 02 Rejang Lebong. Jurnal Literasiologi, 9(4). https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/541
Kusum, J. W., Akbar, M. R., & Fitrah, M. (2023). Dimensi Media Pembelajaran (Teori dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Mesra, R., & Salem, V. E. (2023). Pengembangan Kurikulum. https://osf.io/preprints/qyc5f/
Mustafida, F. (2019). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural di MIN I Kota Malang. https://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2412
Nurdiyanto, N., Basri, H. B. H., & Suhartini, A. S. A. (2024). Internalisasi Nilai Religius Pada Mata Pelajaran Pai Jenjang Sd Untuk Mengembangkan Sikap Keberagamaan Siswa. Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 97–112.
Pahrudin, A. (2019). Buku: Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Dan Dampaknya Terhadap Kualitas Proses Dan Hasil Pembelajaran Pada Man Di Provinsi Lampung. Pustaka Ali Imron.
Putri, A. N. (2024). Efektivitas Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Anak Pada Generasi Gen Alfa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(3), 482–494.
Rozak, A. (2023). Analisis Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas Vii Di Sekolah Mts Negeri 01 Pamulang Tangerang Selatan: Pendekatan Metode Literature Study and Review (Lsr). El Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 1–8.
Saputra, A. (2022). STRATEGI EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMP. Jurnal Genta Mulia, 13(2).
Sudarsana, I. K. (2015). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upaya pembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(01), 1–14.
Sukmawati, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 12(2), 121–137.
Taqiyuddin, T., Supardi, S., & Lubna, L. (2024). Evaluasi Formatif dan Sumatif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1936–1942.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Meifa Adinda Erwina, Asmaiwaty Arief, Rehani (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.