Sistematika Penyusunan Modul PAI SMA: Panduan Untuk Mengajar
Kata Kunci:
Modul Pembelajaran, PAI, SMA, Pembelajaran Mandiri, Pengembangan Bahan AjarAbstrak
Penyusunan modul pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk jenjang SMA menjadi salah satu upaya strategis dalam mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Modul pembelajaran dirancang untuk memberikan kesempatan belajar mandiri kepada peserta didik, mengakomodasi perbedaan individu, dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan untuk menggali konsep dasar, karakteristik, kelebihan, dan kelemahan modul pembelajaran, serta langkah-langkah sistematis dalam penyusunannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang baik harus memenuhi karakteristik tertentu, seperti instruksi mandiri, adaptif, terstruktur, dan mudah digunakan. Langkah-langkah utama dalam penyusunan modul meliputi analisis kebutuhan, desain, implementasi, penilaian, evaluasi, dan validasi. Meskipun modul memiliki banyak kelebihan, seperti mendukung pembelajaran mandiri dan memotivasi siswa, pengembangannya memerlukan biaya yang tinggi dan waktu yang cukup lama. Penelitian ini memberikan panduan praktis bagi pendidik dalam mengembangkan modul pembelajaran yang relevan dan bermutu sesuai kebutuhan kurikulum.
Unduhan
Referensi
Afriandi, M, ‘Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar’, Jurnal Undiksha, 6.2 (2020), 64–71
Annas, Kholid Muhammad Al, ‘Implementasi Bahan Ajar Modul Unit Kegiatan Belajar Mandiri (Ukbm) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sma Negeri 1 Sidoarjo’ (Surabaya, 2019), P. 33
Fauzan, Moh., ‘Pengembangan Modul Inovatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab Vii, 2021, 643–54
H Kara, O Anlar My Ağargün, ‘Bab Ii Kajian Pustaka Model Pembelajaran’, Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents, 7.2 (2014), 107–15
Nasional, Departemen Pendidikan, Teknik Belajar Dengan Modul (Jakarta: Dirjen Pendi Dikan Dasar Dan Menengah, 2002)
Rahdiyanta, Dwi, ‘Teknik Penyusunan Modul Pembelajaran’, Academia, 2016, 1–14
Sahduari, Ahmad, Selly Mayang Sari., Pengertian Modul Pembelajaran Karakteristik Modul, Sistematika Modul Pai Sma, Iain Palangka Raya, 2024, V
Shidqon Famulaqih, Aceng Lukman, ‘Pengembangan Bahan Ajar Modul Pembelajaran’, Karakter : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 1.Was (2022), 1–416
Supardi, Supardi U. S., ‘Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Interaksi Tes Formatif Uraian Dan Kecerdasan Emosional’, Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 3.2 (2015), 78–96
Ummah, Masfi Sya’fiatul, ‘Panduan Pembuatan Modul Pembelajaran Di Lingkungan Pendidikan Geografi Unversitas Siliwangi Tasikmalaya’, Sustainability (Switzerland), 11.1 (2019), 1–14
Utami, Suci Mulia, ‘Pemanfaatan Modul Pendidikan Agama Islam Berbasis Model Pembelajaran Mandiri Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Smpn 1 Tinggimoncong Kabupaten Gowa’, 2507.February (2020), 1–175
Widiarti, Novia, And Baiq Liana Widiyanti, ‘Pengembangan Pembelajaran Pai Berbasis Modul’, Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya, Dan Terapan, 2.3 (2022), 139–47
Wijaya, Cece, Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan Dan Pengajaran (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1992)
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ahmad, Sahduari, Selly Mayang Sari (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.