Studi Komparatif Ayat-Ayat Kejujuran Dalam Al-Qur'an Dan Implementasinya Pada Pembentukan Karakter Muslim
Kata Kunci:
Kejujuran, Al-Qur'an, Pembentukan Karakter, Pendidikan NilaiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara komparatif ayat-ayat tentang kejujuran dalam Al-Qur'an dan mengeksplorasi implementasinya dalam pembentukan karakter seorang Muslim. Kejujuran merupakan salah satu nilai fundamental dalam Islam yang menjadi landasan utama dalam membentuk pribadi yang berintegritas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik dan komparatif terhadap ayat-ayat Al-Qur'an yang berkaitan dengan kejujuran. Data dikumpulkan melalui kajian literatur dan ditunjang oleh interpretasi ulama tafsir klasik maupun kontemporer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep kejujuran dalam Al-Qur'an tidak hanya mencakup kejujuran dalam perkataan, tetapi juga dalam perbuatan, niat, dan komitmen terhadap amanah. Implementasi nilai kejujuran ini terbukti berperan penting dalam membentuk karakter Muslim yang bertanggung jawab, terpercaya, dan konsisten dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan model pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Al-Qur'an yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks, termasuk pendidikan formal, keluarga, dan masyarakat
Unduhan
Referensi
Al-Ghazali, Imam. (2003). Ihya’ Ulum al-Din. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.
Abdurrahman, A. (2015). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Al-Qaradawi, Yusuf. (2009). Fiqh al-Awlawiyyat (Fiqh of Priorities). Cairo: Dar al-Shuruq.
Mardani, S. (2016). Etika Islam: Sebuah Studi Tentang Nilai-Nilai Moral dalam Al-Qur’an dan Hadis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muttaqin, A. (2018). Pendidikan Karakter dalam Islam. Bandung: Alfabeta.
Nasution, H. (2010). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, R. H., & Sartika, L. (2024). Marriage Agreement: Is It A Solution Or A Dilemmatic. Al-A'mal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 26-30
Novianti, W., Rambe, M. S., & Sartika, L. (2023). Pelatihan Penggunaan Paltform Digital Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Madrasah Aliyah Yapi Sipare-Pare Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. INOVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-4.
Sartika, L., Irawati, I., & Amalia, S. (2023). Problematika Supervisi Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 56-63.
Sartika, L., & Asni, N. (2023). Aplikasi Praktis Supervisi Pendidikan Islam. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 115-122.
Sartika, L., & Wulandari, D. (2023). Institusi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 2-6.
Sartika, L., & Afriani, N. (2023). Metode Dan Strategi Pembelajaran Dalam Piaud. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 7-13.
Bara, Y. B., & Sartika, L. (2023). Kurikulum Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 29-32.
Ansari, Y., & Sartika, L. (2023). Tauhid Dan Pendidikan Dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 22-27.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cindi Novianti, Duta Bahagia Rizki Sujiono, Muhammad Zein Damanik (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.