Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Penulis

  • Duta Bahagia Rizki Sujiono STAI Panca Budi Perdagangan Penulis
  • Cindy Novianti STAI Panca Budi Perdagangan Penulis
  • Muhammad Wahyudi STAI Panca Budi Perdagangan Penulis

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada menanamkan nilai-nilai Islam pada siswa melalui pendidikan agama Islam. Studi kepustakaan digunakan sebagai metodologi penelitian. Ini melibatkan analisis informasi konseptual dan data kualitatif dan kuantitatif dari artikel ilmiah yang telah dipublikasikan sebelumnya. Peran peneliti sangat penting untuk menyelesaikan analisis topik yang dibahas. Ada beberapa tujuan utama yang ingin dicapai berdasarkan temuan dan diskusi tentang bagaimana nilai-nilai keislaman dimasukkan dalam pembelajaran PAI. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang ajaran Islam dan bagaimana dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka juga ingin membangun karakter berdasarkan nilai-nilai Islam seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian sosial. Selain itu, integrasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan spiritual dan moral siswa agar mampu menjalankan ajaran Islam dengan baik dan mendorong mereka untuk menerapkan nilai-nilai Islami dalam berbagai aspek kehidupan, baik di sekolah, keluarga, maupun masyarakat. Institusi pendidikan harus memiliki pendekatan yang kuat untuk memastikan bahwa nilai-nilai Islami tertanam kuat pada siswa mereka dan mereka mampu mengatasi tantangan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abdurrahman, A. (2018). Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren Berbasis Pendidikan Karakter. AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman. https://doi.org/10.33650/at-turas.v4i2.336

Annur, S. (2018). Metodologi penelitian pendidikan (Analisis data kuantitatif dan kualitatif). Noer fikri offset.

Astuti, M., Herlina, Ibrahim, & Dkk. (2023). Perkembangan Islam Di Era Milenial. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(2), 809–820.

Astuti, M., Ibrahim, Herlina, Septiana, A., Irawandi, F., & Zulipran, R. (2023). Reformasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi Di Indonesia Jambura Journal of Educational Management. Jambura Journal of Educational Management, 4(2 (September)), 282–291.

Astuti, M., Iswandari, V. R., Eka Sari, N., Galin, D., Rolani, M., & Ibrahim. (2023). Pendidikan

Non Formal Sebagai Proses Penanaman Nilai-Nilai Islam pada Anak. Dirasah, 6(2), 442–450. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah

Choli, I. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam. Pembentukan Karakter Melalui

Pendidikan Islam, 2(2), 1–17

Dzofir, M. (2020). Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran PAI dan Implikasinya terhadap

Perkembangan Moral Siswa (Studi Kasus di SMA I Bae Kudus). Jurnal Penelitian, 14(1), 77. https://doi.org/10.21043/jp.v14i1.7401

Hidayah, N. (2021). Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Swasta Berbasis Moderasi Beragama.

Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 773–788. https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.2361

Ibrahim, Solekha, M. N., Kanada, R., Setyaningsih, K., & Zulkipli. (2023). Penerapan Kecerdasan

Majemuk Dalam Pembelajaran. Lencana: Jurnal …, 1(4). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/Lencana/article/view/2255

Idris, M. (2018). Pendidikan Karakter : Perspektif Islam dan Thomas Lickona. Ta’dibi : Jurnal

Manajemen Pendidikan Islam, VII(1 September 2018). https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/2661828/kronologi-tawuran-bocahsd

Mardiah Astuti, Herlina Herlina, Ibrahim Ibrahim, Yusniasari Yusniasari, Selpita Selpita, Mia

Anisa, & Indah Purnamasari. (2023). Pendidikan Islam Dalam Menangani Tantangan Global. Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat, 2(1), 201–208. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v2i1.1306

Mustajib, M., Mutohar, P. M., & Fuadi, I. (2022). Manajemen Peserta Didik Dan Penguatan

Karakter Religius Melalui Pembelajaran Kitab Kuning Studi MAN 3 Kandangan Kediri, Indonesia. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 77–84. https://doi.org/10.19109/elidare.v8i2.13747

Napratilora, M., Mardiah, M., & Lisa, H. (2021). Peran Guru sebagai Teladan dalam Implementasi

Nilai Pendidikan Karakter. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 34–47. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.349

Nurfand, L. N., Salsabila, M. C., Hasya, L., Ahsanah, D., & Ranafairuz, D. (2023). JKIP : Jurnal

Kajian Ilmu Pendidikan Implications of the Friendship Environment on the Character Development of Elementary School Students in a Psychological Perspective Implikasi Lingkungan Pertemanan Terhadap Perkembangan Karakter Siswa SD Dalam Perspek. 4(1), 82–87.

Nasution, R. H., & Sartika, L. (2024). Marriage Agreement: Is It A Solution Or A Dilemmatic. Al-A'mal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 26-30

Novianti, W., Rambe, M. S., & Sartika, L. (2023). Pelatihan Penggunaan Paltform Digital Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Madrasah Aliyah Yapi Sipare-Pare Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. INOVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-4.

Sartika, L., Irawati, I., & Amalia, S. (2023). Problematika Supervisi Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 56-63.

Sartika, L., & Asni, N. (2023). Aplikasi Praktis Supervisi Pendidikan Islam. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 115-122.

Sartika, L., & Wulandari, D. (2023). Institusi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 2-6.

Sartika, L., & Afriani, N. (2023). Metode Dan Strategi Pembelajaran Dalam Piaud. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 7-13.

Bara, Y. B., & Sartika, L. (2023). Kurikulum Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 29-32.

Ansari, Y., & Sartika, L. (2023). Tauhid Dan Pendidikan Dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 22-27.

Nurma, & Purnama, S. (2022). Penanaman Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini di TK

Harapan Bunda Woyla Barat. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 53– 62.

Nurwanto, N., & Rijalul Alam, N. A. (2018). Pembelajaran Agama Islam Kontekstual dengan

Photo Essays dalam Praktik Microteaching. Islamadina, 19(2), 1. https://doi.org/10.30595/islamadina.v19i2.3424

Saiful, Yusliani, H., & Rosnidarwati. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter: Perspektif

AlGhazali & Thomas Lickona Di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Meunara Baro Kabupaten Aceh Besar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 721–740. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1900

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Sujiono, D. B. R., Novianti, C., & Wahyudi, M. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 581-589. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/220