Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Berbasis Al-Qur'an Di Era Digital
Abstrak
Pendidikan Islam memiliki peran sentral dalam membentuk karakter manusia yang berlandaskan nilai-nilai Al-Qur'an, terutama di tengah tantangan era digital yang terus berkembang. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan Islam dalam membangun karakter generasi muda dengan pendekatan berbasis Al-Qur'an yang relevan dengan era digital. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam dapat menjadi solusi efektif dalam menangani pengaruh negatif era digital dengan menanamkan nilai-nilai Qur’ani seperti kejujuran, tanggung jawab, dan keadilan. Pendidikan berbasis teknologi yang terintegrasi dengan nilai-nilai agama juga menjadi kebutuhan strategis untuk mendukung perkembangan karakter positif pada generasi muda.
Unduhan
Referensi
Azra, Azyumardi. 2018. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Prenada Media.
Hidayat, Dedi. 2020. Transformasi Pendidikan Islam di Era Digital. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maarif, Ahmad Syafii. 2017. Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mulkhan, Abdul Munir. 2020. Menggali Nilai Qur'ani di Era Digital. Yogyakarta: LKIS.
Nasution, Harun. 2002. Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran. Jakarta: UI Press.
Shihab, M. Quraish. 2019. Membumikan Al-Qur'an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Lentera Hati.
Suparman. 2021. Metode Pendidikan Islam di Era Teknologi Modern. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.
Arifin, Zainal. 2019. Pendidikan Islam dan Pengaruh Globalisasi . Jakarta: Kencana.
Fathurrahman, M. 2020. Pendidikan Islam dalam Perspektif Digital . Bandung: Alfabeta.
Hamid, Nursalim. 2021. Revolusi Pendidikan Islam di Zaman Teknologi . Surabaya: Pustaka Al-Ilmu.
Ismail, A. 2022. Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Islam . Yogyakarta: Penerbit Gadjah Mada.
Mukti, F. 2020. Inovasi dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Digital . Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rahman, A. 2021. Pendidikan Islam: Teori dan Praktik di Era Digital . Bandung: Rosda.
Salim, S. 2019. Pemikiran Pendidikan Islam dalam Menghadapi Era Digital . Jakarta: Erlangga.
Yusron, J. 2020. Pendidikan Islam di Abad ke-21: Konsep, Tantangan, dan Peluang . Jakarta: Pustaka Al-Qur'an.
Nasution, R. H., & Sartika, L. (2024). Marriage Agreement: Is It A Solution Or A Dilemmatic. Al-A'mal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 26-30
Novianti, W., Rambe, M. S., & Sartika, L. (2023). Pelatihan Penggunaan Paltform Digital Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Madrasah Aliyah Yapi Sipare-Pare Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. INOVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-4.
Sartika, L., Irawati, I., & Amalia, S. (2023). Problematika Supervisi Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 56-63.
Sartika, L., & Asni, N. (2023). Aplikasi Praktis Supervisi Pendidikan Islam. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 115-122.
Sartika, L., & Wulandari, D. (2023). Institusi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 2-6.
Sartika, L., & Afriani, N. (2023). Metode Dan Strategi Pembelajaran Dalam Piaud. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 7-13.
Bara, Y. B., & Sartika, L. (2023). Kurikulum Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 29-32.
Ansari, Y., & Sartika, L. (2023). Tauhid Dan Pendidikan Dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 22-27.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Khairul Fahmi , Andri Priatma, Muhammad Zein Damanik (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.