Analisis Nilai Dakwah dan Toleransi pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Prancis UPI
Kata Kunci:
Analisis, Nilai Dakwah, Toleransi, Mahasiswa, Pendidikan Bahasa PerancisAbstrak
Penelitian ini menganalisis nilai dakwah dan toleransi beragama pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis UPI. Nilai-nilai dakwah dan toleransi beragama merupakan aspek penting dalam membangun kerukunan dan keharmonisan di lingkungan masyarakat, termasuk dalam kehidupan kampus yang plural. Dakwah dan toleransi, yang mencakup keikhlasan, kebijaksanaan, dan penghormatan terhadap perbedaan, menjadi pilar penting dalam membangun harmoni sosial di masyarakat majemuk. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap mahasiswa sebagai sumber data. Hasil menunjukkan mahasiswa memiliki kesadaran tinggi terhadap pentingnya toleransi, tercermin dalam interaksi sosial yang inklusif dan menghargai keberagaman. Kesimpulan menekankan peran pendidikan tinggi dalam membentuk karakter mahasiswa yang toleran dan moderat, serta memperkuat integrasi nilai-nilai dakwah dalam kehidupan kampus.
Kata Kunci : Analisis, Nilai Dakwah, Toleransi, Mahasiswa, Pendidikan Bahasa Perancis
Unduhan
Referensi
Anwar, S., Fauzi, M., Yani, A., & Siswoyo, S. (2023). Toleransi Dalam Pandangan Imam Mazhab Dan Ulama Kontemporer Perspektif Hukum Islam. Hutanasyah : Jurnal Hukum Tata Negara, 1(2), 117–134. https://doi.org/10.37092/hutanasyah.v1i2.530
Aris Fachrizal, M., Rahdianto, B., & Indra Setiabudi, D. (2023). Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial ANALISIS KONSEP TOLERANSI DAN PERDAMAIAN DALAM PERKEMBANGAN DAKWAH ISLAM DI KEHIDUPAN MASYARAKAT. 01(02), 23–40.
Hayati, U. (2017). Nilai-Nilai Dakwah; Aktivitas Ibadah Dan Perilaku Sosial. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(2), 175. https://doi.org/10.18326/inject.v2i2.175-192
Purwati, P., Darisman, D., & Faiz, A. (2022). Tinjauan Pustaka: Pentingnya Menumbuhkan Nilai Toleransi dalam Praksis Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3729–3735. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2733
Rohmah, E. I. (2019). Internalisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Dakwah. BUSYRO: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, Vol. 1(1), 96–110. https://ejournal.insud.ac.id/index.php/kpi/issue/view/20
Safrilsyah, ., & Mauliana, . (2015). Sikap Toleransi Beragama di Kalangan Siswa SMA di Banda Aceh. Substantia, 17(1), 103–120.
Sri Mawarti. (2019). Nilai-nilai Toleransi dalam Pembelajaran Agama Islam. Jurnal Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama, 9(1), 70–90. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi/article/view/4324/2657
Syaiful, A. (2023). Peran Mahasiswa sebagai Agen Perubahan di Masyarakat. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 29–34. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.102
Mubarok, H. (2020). Toleransi dalam Kehidupan Beragama. Surabaya: Noura Books
Samsul Munir Amin. 2008. Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam. Jakarta.
Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia. Peraturan Menteri
Perdagangan Republik Indonesia Nomor 70. M-DAG/PER/12/2013, Pedoman Penataan
dan Pembinaan Pasar Tradisional Pusat.
Shaleh, A. Rosyid.1997. Management Da`wah Islam. Jakarta: Bulan Bintang
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Tegarku Lanang, Aceng Kosasih (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.