Analisis Nilai Dakwah dan Toleransi pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Prancis UPI

Penulis

  • Tegarku Lanang Universitas Pendidikan Indonesia Penulis
  • Aceng Kosasih Universitas Pendidikan Indonesia Penulis

Kata Kunci:

Analisis, Nilai Dakwah, Toleransi, Mahasiswa, Pendidikan Bahasa Perancis

Abstrak

Penelitian ini menganalisis nilai dakwah dan toleransi beragama pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis UPI. Nilai-nilai dakwah dan toleransi beragama merupakan aspek penting dalam membangun kerukunan dan keharmonisan di lingkungan masyarakat, termasuk dalam kehidupan kampus yang plural. Dakwah dan toleransi, yang mencakup keikhlasan, kebijaksanaan, dan penghormatan terhadap perbedaan, menjadi pilar penting dalam membangun harmoni sosial di masyarakat majemuk. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap mahasiswa sebagai sumber data. Hasil menunjukkan mahasiswa memiliki kesadaran tinggi terhadap pentingnya toleransi, tercermin dalam interaksi sosial yang inklusif dan menghargai keberagaman. Kesimpulan menekankan peran pendidikan tinggi dalam membentuk karakter mahasiswa yang toleran dan moderat, serta memperkuat integrasi nilai-nilai dakwah dalam kehidupan kampus.

Kata Kunci : Analisis, Nilai Dakwah, Toleransi, Mahasiswa, Pendidikan Bahasa Perancis

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Anwar, S., Fauzi, M., Yani, A., & Siswoyo, S. (2023). Toleransi Dalam Pandangan Imam Mazhab Dan Ulama Kontemporer Perspektif Hukum Islam. Hutanasyah : Jurnal Hukum Tata Negara, 1(2), 117–134. https://doi.org/10.37092/hutanasyah.v1i2.530

Aris Fachrizal, M., Rahdianto, B., & Indra Setiabudi, D. (2023). Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial ANALISIS KONSEP TOLERANSI DAN PERDAMAIAN DALAM PERKEMBANGAN DAKWAH ISLAM DI KEHIDUPAN MASYARAKAT. 01(02), 23–40.

Hayati, U. (2017). Nilai-Nilai Dakwah; Aktivitas Ibadah Dan Perilaku Sosial. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(2), 175. https://doi.org/10.18326/inject.v2i2.175-192

Purwati, P., Darisman, D., & Faiz, A. (2022). Tinjauan Pustaka: Pentingnya Menumbuhkan Nilai Toleransi dalam Praksis Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3729–3735. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2733

Rohmah, E. I. (2019). Internalisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Dakwah. BUSYRO: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, Vol. 1(1), 96–110. https://ejournal.insud.ac.id/index.php/kpi/issue/view/20

Safrilsyah, ., & Mauliana, . (2015). Sikap Toleransi Beragama di Kalangan Siswa SMA di Banda Aceh. Substantia, 17(1), 103–120.

Sri Mawarti. (2019). Nilai-nilai Toleransi dalam Pembelajaran Agama Islam. Jurnal Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama, 9(1), 70–90. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi/article/view/4324/2657

Syaiful, A. (2023). Peran Mahasiswa sebagai Agen Perubahan di Masyarakat. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 29–34. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.102

Mubarok, H. (2020). Toleransi dalam Kehidupan Beragama. Surabaya: Noura Books

Samsul Munir Amin. 2008. Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam. Jakarta.

Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia. Peraturan Menteri

Perdagangan Republik Indonesia Nomor 70. M-DAG/PER/12/2013, Pedoman Penataan

dan Pembinaan Pasar Tradisional Pusat.

Shaleh, A. Rosyid.1997. Management Da`wah Islam. Jakarta: Bulan Bintang

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Lanang, T., & Kosasih, A. (2025). Analisis Nilai Dakwah dan Toleransi pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Prancis UPI. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 202-208. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/224

Artikel Serupa

1-10 dari 130

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.