Ayat Al-Quran Dan Hadis Hakikat Ilmu

Penulis

  • Muhammad Zein Damanik STAI Panca Budi Perdagangan Penulis
  • Manda Alief Mawadda STAI Panca Budi Perdagangan Penulis
  • Dea Novita STAI Panca Budi Perdagangan Penulis

Kata Kunci:

Hakikat Ilmu, Pengetahuan Ilmiah, Metode Ilmiah, Etika, Filsafat Ilmu, Tanggung Jawab Sosial, Peradaban Manusia.

Abstrak

Hakikat ilmu merupakan kajian penting dalam memahami karakteristik dan penerapan ilmu pengetahuan dalam kehidupan manusia.  Artikel ini menjelaskan bahwa ilmu pengetahuan diperoleh melalui proses yang sistematis  dan metodis , meliputi observasi, pengumpulan data, analisis kritis , dan penelitian empiris untuk menghasilkan temuan yang dapat dibedakan. Karakteristik utama ilmu adalah logis, objektif,  universal , dan mampu berkembang sesuai dengan pengetahuan baru. Pembahasan artikel ini juga menyoroti hubungan antara ilmu dan etika, di mana ilmu berfungsi sebagai alat untuk memahami dunia tetapi juga secara aktif berkontribusi terhadap kesejahteraan manusia dan keberlanjutan lingkungan. Selain itu, artikel ini menjelaskan bagaimana pengetahuan berbeda dari jenis pengetahuan lainnya , seperti mitos , kepercayaan, atau pendapat subjektif yang tidak didasarkan pada metode ilmiah .  dipekerjakan berlanggung jawab untuk memberikan solusi bagi masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan. Diharapkan dengan memahami hakikat ilmu, mahasiswa akan lebih kritis, logis, dan kooperatif dalam menggunakan ilmunya untuk memperbaiki diri sendiri dan masyarakat.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Ali, M., & Asrori, M. (2009). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Amien, M. (1996). Perkembangan Intelektual Siswa-Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan. doi:http://dx.doi.org/10.17977/jip.v3i4.1868

Hurlock, E. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Gramedia.

Santrock, J. (1995). Life Span Development. Jakarta: Erlangga .

Elizabeth B. Hurlock, (1995). Perkembangan Anak Jilid 1, (Jakarta: Penerbit Erlangga)

Abu Ahmadi.Munawar Sholeh, (2005). Psikologi Perkembangan, (Jakarta: PT.Rineka Cipta)

Ahmad Susanto, (2012). Perkembangan Anak Usia Dini :Pengantar dalam Berbagai Aspeknya, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Sutjihati Somantri, (2006). Psikologi Anak Luar Biasa, (Bandung: PT.Refika Aditama)

Abdullah, Abdurrahman Saleh. (1990). Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al- Qur’an, terj. H.M. Arifin dan Zainuddin, Jakarta: Rineka Cipta.

Bakar, Usman Abu., dan Surohim. (2005). Fungsi Ganda Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Safiria Insani Press.

Catron, Carol E., dan Jan Allen. (1999). Early Childhood Curriculum: A Creative Play Model, Second Edition. New Jersey: Prentice-Hall.Inc. Depag RI. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Depag RI.

Freire, Paulo., dkk., (1999). Menggugat Pendidikan, Fundamentalis, Konservatif, Liberal, Anarkis, terj. Omi Intan Naomi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gestwicki, Carol. (2007). Developmentally Appropriate Practice: Curriculum and Development In Early Education. Canada: Thomson Delmar Learning.

Her, Judy., dan Yuonne R. Libby Larson. (2000). Creative Resources for The Early Childhood Classromm. Third Edition. USA: Delmar Thomson Learnin.

Imam, Muis Sad, (2004). Pendidikan Partisipatif. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Jackman, Hilda L. (2009). Early Education Curriculum A Child’s Connection to the World. Fourth Edition. USA: Delmar Cengage Learning.

Magdalena, I., Destiana, D., & Yuniawan, N. (2020). Perbedaan Individu Peserta Didik Sekolah Dasar. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3)

Ngura, E. T., Go, B., & Rewo, J. M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), Google Scholar

Talango, S. R. (2012). John W. Santrock. Life-Span Development, Perkembangan Masa Hidup Edisi Ketigabelas , (Jakarta: Erlangga PT. Gelora Aksara Pratama)

Nasution, R. H., & Sartika, L. (2024). Marriage Agreement: Is It A Solution Or A Dilemmatic. Al-A'mal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 26-30

Novianti, W., Rambe, M. S., & Sartika, L. (2023). Pelatihan Penggunaan Paltform Digital Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Madrasah Aliyah Yapi Sipare-Pare Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. INOVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-4.

Sartika, L., Irawati, I., & Amalia, S. (2023). Problematika Supervisi Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 56-63.

Sartika, L., & Asni, N. (2023). Aplikasi Praktis Supervisi Pendidikan Islam. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 115-122.

Sartika, L., & Wulandari, D. (2023). Institusi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 2-6.

Sartika, L., & Afriani, N. (2023). Metode Dan Strategi Pembelajaran Dalam Piaud. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 7-13.

Bara, Y. B., & Sartika, L. (2023). Kurikulum Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 29-32.

Ansari, Y., & Sartika, L. (2023). Tauhid Dan Pendidikan Dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 22-27.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Damanik, M. Z., Mawadda, M. A., & Novita, D. (2024). Ayat Al-Quran Dan Hadis Hakikat Ilmu. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 601-608. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/244

Artikel Serupa

1-10 dari 79

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.