Analisis Perspektif Islam Terhadap Teori Belajar Behavioristik
Kata Kunci:
Behavioristik, Belajar, Perspektif Islam, Teori BelajarAbstrak
Menurut teori belajar behavioris, belajar merupakan suatu kegiatan yang menekankan pada perubahan perilaku dan penyediaan stimulus yang akan menimbulkan respons. Karya ini bertujuan untuk mengkaji teori belajar behavioris dari perspektif Islam. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan studi pustaka yang dipadukan dengan metode kualitatif. Filsafat behavioris berorientasi pada hasil yang dapat diamati, diukur, dan diuji secara objektif. Lebih mudah untuk membentuk kebiasaan yang dibutuhkan ketika ada mekanisme pengulangan. Akan ada akibat untuk setiap tindakan. Penguatan positif diharapkan untuk perilaku yang sesuai, sedangkan penguatan negatif diharapkan untuk perilaku yang tidak sesuai. Perilaku yang muncul selama proses belajar siswa menjadi dasar penilaian dan evaluasi akhir.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fatimah Nurul Zahara, Ulfatmi, Afnibar (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.