Analisis Perspektif Islam Terhadap Teori Belajar Behavioristik

Penulis

  • Fatimah Nurul Zahara Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis
  • Ulfatmi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis
  • Afnibar Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis

Kata Kunci:

Behavioristik, Belajar, Perspektif Islam, Teori Belajar

Abstrak

Menurut teori belajar behavioris, belajar merupakan suatu kegiatan yang menekankan pada perubahan perilaku dan penyediaan stimulus yang akan menimbulkan respons. Karya ini bertujuan untuk mengkaji teori belajar behavioris dari perspektif Islam. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan studi pustaka yang dipadukan dengan metode kualitatif. Filsafat behavioris berorientasi pada hasil yang dapat diamati, diukur, dan diuji secara objektif. Lebih mudah untuk membentuk kebiasaan yang dibutuhkan ketika ada mekanisme pengulangan. Akan ada akibat untuk setiap tindakan. Penguatan positif diharapkan untuk perilaku yang sesuai, sedangkan penguatan negatif diharapkan untuk perilaku yang tidak sesuai. Perilaku yang muncul selama proses belajar siswa menjadi dasar penilaian dan evaluasi akhir.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Zahara, F. N., Ulfatmi, & Afnibar. (2024). Analisis Perspektif Islam Terhadap Teori Belajar Behavioristik. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 628-634. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/255

Artikel Serupa

1-10 dari 96

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.