Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Media Digital Interaktif Berbasis Nearpod Di Kelas VII MTs Darul Amin Palangka Raya
Kata Kunci:
Pengembangan, Modul Ajar, Media Digital Interaktif, NearpodAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis media digital interaktif menggunakan Nearpod dalam pembelajaran Qur'an Hadits pada materi "Kekuasaan dan Rahmat Allah" di kelas VII MTS Darul Amin Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model pengembangan Merill's First Principles of Instruction. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket, serta divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan efektif meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa, dengan rata-rata nilai 90,76, melampaui nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tahapan pengembangan meliputi Taks Centered, Activation, Demonstration, Application dan Integration yang berhasil memadukan elemen visual, audio, animasi, dan aktivitas kolaboratif untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif. Modul ini dinilai layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli dan respon positif siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan media pembelajaran inovasi berbasis teknologi untuk meningkatkan kualiatas pendidikan di era digital.
Unduhan
Referensi
Anam, K., Mulasi, S., & Rohana, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Digital Dalam Proses belajar Mengajar. Journal Of Primary Education. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(2), 76–87.
Aripin, I. (2012). Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep, Berpikir Kritis, dan Retensi Konsep Sistem Reproduksi Manusia pada Siswa SMA. Jurnal Scientiae Educatia, 1(2). http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v1i2.508
Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Augmented Reality dalam Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019 “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0”. 8 Agustus 2019.
Aziz, H. A. (2023). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis IT. LP2M
IAIN Palangka Raya Press.
Damasanti, L., & Nuroh, E. Z. (2023). Penggunaan Media Powerpoint Pada Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah 1 Krian. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 11(1), 20.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Hadiprayogo, B. (2023). Pengaruh Penerapan Kebijakan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di PG PAUD Universitas PGRI Argopuro Jember. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 47–56. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v11i1.6196
Hardika, Jodi, dkk., (2024), Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII SMP, Jurnal Kepemimpinan & Pengurusan Sekolah, Vol. 9, No. 2, June 2024, hlm. 198.
Hao, Hao, and Masanori Yamada. 2021. “Review of Research on Content and Language Integrated Learning Classes from the Perspective of the First Principles of Instruction.” Information and Technology in Education and Learning 1 (1).
Intaniasari, Y., Utami, R. D., Purnomo, E., & Aswadi, A. (2022). Menumbuhkan Antusiasme Belajar melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i1.19424.
Kleinwächter, M. (2019). Four examples demonstrating the impact of Applied Botany on plant-based industrial processes. Journal of Applied Botany and Food Quality, 92, 187–
191. https://doi.org/10.5073/JABFQ.2019.092.025.
Lau, Edmund. dkk. 2020. “Designing an Autonomous Vehicle System Design Course for COVID-19 Remote Learning under First Principles of Instruction Framework.” Proceedings of 2020 IEEE International Conference on Teaching, Assessment, and Learning for Engineering, TALE 2020, 460–66. https://doi.org/10.1109/TALE48869.2020.9368449.
Magdalena, I., Syaifulloh, A., Salsabila, A., Tangerang, U. M., Pembelajaran, D., Pembelajaran, P., & Pembelajaran, P. (2023). Asumsi Dasar Dan Desain Pembelajaran. Sindoro Cendikia Pendidikan, 2(5). https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332.
Maulida, Utami, (2022), Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka, Jurnal Tarbawi, Vol. 5, No. 2, hlm. 131.
Merrill, MD (2002). Prinsip Pengajaran Yang Pertama. Penelitian dan pengembangan teknologi pendidikan, 50(3).
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432.
Neni Isnaeni, & Dewi Hildayah. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69.
Østbø, J. (2017). Demonstrations against demonstrations: the dispiriting emotions of the Kremlin’s social media ‘mobilization.’ Social Movement Studies, 16(3), 283–296. https://doi.org/10.1080/14742837.2016.1266242.
Paling, Sepling, dkk., (2024), Media Pembelajaran Digital. Makassar: CV. Tohar Media, hlm. 27-30.
Pimansyah, Apip. 2021. “Pelatihan Berbasis First Principles of Instruction Bagi Guru BK Madrasah Di Garut.” MANAJERIAL: Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan 1 (2): 141–52. https://doi.org/10.51878/manajerial.v1i2.619.
Pribadi, B. A. (2019). Pengertian dan Prinsip-prinsip Pengembangan Bahan Ajar.
Pengembangan Bahan Ajar, 1–45.
Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab
Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1-16.
Ramadhania Sari, Dini, Nyiayu Fahriza Fuadiah, Nora Surmilasari. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline Pada Materi Pecahan Sederhana Untuk Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR). Vol. 5, No. 1, hlm. 75.
Resti, Novia. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Menggunakan AR (Augmented Reality) pada Materi Sistem Pencernaan. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Volume 10, Nomor 02, Tahun 2024, Hal. 238-248.
Seels, Barbara B. & Richey, Rita C., (2000), Instructional technology, The definition and domains of the field, Terjemahan Dewi S Prawiradilaga, R. Rahardjo, Yusufhadi Miarso, Jakarta: Penerbit IPTPI & LPTK.
Seftiani Salsabilla, Nadia & Muhammad Nurhalim, (2024), Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Ipas. Jurnal Tarbawi, Vol. 7, No. 1, hlm. 39.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif dan Kombinasi. In Alfabet (P. Alfabet. (ed.). Sogianor, & Syahrini. (2022). Model Pembelajaran PAI Di Sekolah. Sebelum, Saat,.
Educatioanl Journal: General and Specific Research, 2(1), 113–124.
Solso, R. . (2008). Psikologi Kognitif. Jakarta, Erlangga.
Syafrida, Sahir Hafni. 2023. Model-Model Pelatihan Dan Pengembangan SDM. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.
https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Wina Santika, Vioni. (2024). Penerapan Model Think Talk Write Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di MIS Miftahul Jannah Palangka Raya. IAIN Palangka Raya, hlm. 39.
Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah
Dasar, 2(4), 371–381. DOI: https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V2i4.16154.
Wijayanti, S. H., Harrison, A., Dhian, Y. C., Jessica, T., & Theresia, M. (2023). Upgrading videography knowledge and skills in making Canva-based learning videos for elementary school teachers. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 8(4). https://doi.org/10.26905/abdimas.v8i4.11324.
Widyanto, I Putu, and Endah Tri Wahyuni. 2020. “Implementasi Perencanaan Pembelajaran.” Satya Sastraharing 04 (02): 16–35.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Arjuna Rinaldi, Jasiah (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.