Pemanfaatan Program Remedial Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pealajaran Pendidikan Agama Islam
Kata Kunci:
Program Remedial, Motivasi Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam, Kesulitan Belajar, Strategi PembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan program remedial dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Program remedial dirancang untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar dengan memberikan pendekatan yang lebih personal dan terarah, guna meningkatkan pemahaman materi serta membangun motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program remedial memiliki beberapa fungsi utama, termasuk fungsi korektif, pemahaman, pengayaan, penyesuaian, dan terapeutik. Implementasi program remedial dipengaruhi oleh faktor pendukung seperti kesiapan guru, sumber belajar yang memadai, dan dukungan sekolah, namun juga menghadapi hambatan seperti kurangnya motivasi siswa dan keterbatasan waktu. Kesimpulan menunjukkan bahwa pelaksanaan program remedial yang efektif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa secara signifikan.
Unduhan
Referensi
Agus, Andi Aco, Syarifuddin, and Usmariani, ‘Peran Guru Dalam Remedial Pembelajaran’, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 10 (2024), pp. 34–39
Buna’i, ‘Program Remedial (Solusi Alternatif Bagi Siswa Yang Kesulitan Belajar Dalam Unas)’, Tadris, Vol. 2. No (2007), p. hlm. 266
Digilib.uinsby.ac.id, ‘Abu Ahmadi Dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar , (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004), h.152. 16’, 2004, pp. 16–61
Dr. Suharti, S.Pd., M.Si., M.Pd, Dr. Sumardi, M.Kes, Moh. Hanafi, S.Pd., M.Pd, Dr. Luqmanul Hakim, STRATEGI BELAJAR MENGAJAR, ed. by Tika Lestari (JAGAD MEDIA PUBLISHING, 20AD)
Hadi, Nanang Faisol, and Nur Kholik Afandi, ‘Literature Review Is A Part of Research’, Sultra Educational Journal, 1.3 (2021), pp. 64–71, doi:10.54297/seduj.v1i3.203
Hamdanah, and Muh. Muis Said, ‘Implementasi Pendekatan Remedial Untuk Pengentasan Masalah Belajar’, Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3.1 (2020), pp. 24–48, doi:10.31605/ijes.v3i1.911
Juwita, Rahmi, Firman, Rusdinal, and Muhammad Aliman, ‘Meta Analisis: Perkembangan Teori Struktural Fungsional Dalam Sosiologi Pendidikan’, Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan, 3.1 (2020), pp. 1–8, doi:10.24036/perspektif.v3i1
Karwono, H. M., & Mularsih, H., Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar (Raja Grafindo Persada, 2017)
Lidi, Maria Waldetrudis, ‘Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar’, Foundasia, 9.1 (2019), Pp. 15–26,
Natalia, Devitri, And M. Ridwan Said Ahmad, ‘Pelaksanaan Pembelajaran Remedial Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Upt Sman 11 Makassar’, 3.3 (2023), Pp. 168–79
Putri, Herdiyanti, ‘Efektivitas Penerapan Startegi Pembelajaran Remedial Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika’, Repository IAIN Kudus, 2022, pp. 5–23
Surahman, Muh. Syahdid, ‘Penyebab Kurangnya Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Cara Mengatasinya Di Sekolah Dasar Negeri Mangasa 1 Kabupaten Gowa’, 2022, pp. 52–55
Suwartini, Sri, ‘Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan’, Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4.1 (2017), pp. 220–34 <https://media.neliti.com/media/publications/259090-pendidikan-karakter-dan-pembangunan-sumb-e0cf1b5a.pdf>
Wahab, Gusnarib, and Rosnawati, Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran, Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2021, III
Yustuti, Eva, ‘Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya Dalam Mengatasi Pembelajaran Kesulitan Belajar’, Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2.1 (2022), p. 351
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ahmad, Jasiah (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.