Pengembangan E-Modul Pada Pembelajaran PAI Tentang Bab Pernikahan Dalam Islam Untuk Kelas XII

Penulis

  • Andini Indah Hasanah IAIN Palangkaraya Penulis
  • Jasiah IAIN Palangkaraya Penulis

Kata Kunci:

Modul Elektronik, Pernikahan, Islam Kelas XII

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat E-Modul untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tentang perkawinan dalam Islam bagi siswa kelas XII di SMA NU Palangkaraya. Permasalahan yang diangkat adalah terbatasnya pemahaman siswa terhadap konsep perkawinan dalam Islam yang disebabkan oleh minimnya sumber belajar yang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data yang dikumpulkan berupa hasil observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta uji coba E-Modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul mampu meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan. Kesimpulannya, E-Modul terbukti menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu siswa memahami konsep perkawinan dalam Islam dengan lebih menarik.

 

 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Ahmad, T. P. (2024). Perencanakan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94.

Alim Usman, A., Usman, & Puji Azizah, F. (2024). Dunia Pendidikan: Epistimologi Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Maria Montessori. Tanjak : Journal Of Education And Teaching, 5(1), 31–45. Https://Doi.Org/10.35961/Tanjak.V5i01.1174

Hayu, Adjeng Rizka, S., & Stevani. (2024). Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Konsep Kesiapan Pernikahan. Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling, 10(1), 1–21.

Helmina Mauludiyah. (2022). Supervisi Klinis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Sdn Songgokerto Kota Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3), 376–397.

Januardi, A., Superman, S., & Nur, S. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Tradisi Masyarakat Sambas Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (Jppi), 4(2), 794–805. Https://Doi.Org/10.53299/Jppi.V4i2.604

Khaira, H. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Ict.

Kunci, K., & Agama Islam, P. (2022). Khusnul Koyimah Dkk, Pengembangan Pembelajaran 94. Edumanagerial: Jurnal Of Islamic Education Management, 1(1), 93–105.

Lenny Irmawaty. (2013). Perilaku Seksual Pranikah Pada Mahasiswa. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(88), 44–52.

Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. Https://Doi.Org/10.51878/Vocational.V2i4.1752

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. Https://Doi.Org/10.51476/Tarbawi.V5i2.392

Mawardi, M. (2012). Problems Of Under Age Marriage. Analisa, 19(2), 201. Https://Doi.Org/10.18784/Analisa.V19i2.166

Mustofa Kamal. (2018). Model Pengembangan Kurikulum Dan Strategi Pembelajaran Berbasis Sosiologi Kritis, Kreativitas, Dan Mentalitas. Jurnal Madaniyah, 2(2), 122–130.

Nasution, S. (2009). Metode Research (Penelitian Ilmiah). 3(1), 33–41.

Nurhalimah, E. (T.T.). Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Film 172 Days Karya Hadrah Daeng Ratu Dan Relevansinya Dengan Materi Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Jenjang Sma. Http://Etheses.Iainponorogo.Ac.Id/Id/Eprint/28944

Rahmawati, A. I. (2019). Analisis Kesesuaian Materi Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas Xii Kurikulum 2013 Dengan Kebutuhan Tugas Perkembangan Siswa. 158.

Salmah, S. (T.T.). Pernikahan Dini Ditinjau Dari Sudut Pandang Sosial Dan Pendidikan. Alhiwar Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 85(1), 6.

Tantri, A. A. S. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Tantri (Perempuan Yang Bercerita) Karya Cok Sawitri Sebagai Alternatif Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar. Elic, 1(1), 57–68.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Indah Hasanah, A., & Jasiah. (2025). Pengembangan E-Modul Pada Pembelajaran PAI Tentang Bab Pernikahan Dalam Islam Untuk Kelas XII. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 250-256. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/270

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 127

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.